Minggu, 22 September 2013

Baduy Itu Terbelakang atau Maju? [3 Attachments]



Dear All,
Di hari jum'at yg berbahagia ini sambil naek beus Mamang berfikir setelah sekian lama bertapa di berbagai kampus yg cukup disegani di Indonesia dan berinteraksi dengan Bule lebih dari 5 tahun waktu masantren masih jadi kuli hehehe.

Mamang kemudian bertanya Apakah Baduy itu Terbelakang atau justru sebaliknya MAJU? Kenapa muncul pertanyaan itu karena Indonesia sudah mengalami berbagai dinamika, begitu juga Amrik Detroit aja Bangkruuuut, sebelumnya Properti Bubble yg sudah bikin bangkrut Amrik, dlsb. Nah ini mah iseng-2 aja berfikir gitu bagaimana kalau tiba dunia ini katakanlah kena musibah lah bencana dahsyat... Tiba-2 Migas Hilang aja, Duit Langka udah ngak muter soalnya masing-2 kelilit utang... Air susah jadinya yang tinggal di kota-2 besar justru yang kena duluan parah kan? Mereka kesilitan mencari kebutuhan pokok yaitu pangan dan air. Air kan dari PAM atau dari sumur bor harus disedot pake listrik jadi kalau itu semua terjadi Kota-2 Besar pasti LUMPUH kan? Ngak usah sampe sebulan lah 10 hari aja ngak ada air bersih n' makanan gimana tuh nasibnya orang kota?


Nah coba bandingkan sama Baduy / Kampung Kabuyutan seperti Kanekes Banten, Kampung Naga Tasik, dan Cipaku Sumedang mau dunia krismon, mau BBM selangit, mau listrik mati juga ngak ngaruh mereka masih bisa hidup bahagia. Mereka Self Sustained bisa bertahan hidup dengan kondisi terburuk dunia ini krisis misalnya. Untuk makan mereka punya sawah dan kebun, untuk minum mereka punya mata air bersih, untuk energi mereka punya tungku/ hawu untuk memasak bahan bakarnya ranting-2 kayu n' bambu. Ingaat mereka tidak boleh menebang pohon sembarangan lho!! Apalagi di hutan keramat bisa kwalat hehehe. Untuk protein mereka punya sungai yg banyak ikannya, atau kolam, atau hewan ternak :).

Makanya di Kampung Kabuyutan mah paling aman sejagat raya, ngak ada yang berani mencuri, ngak ada yang berani bohong, menipu, dlsb. Dan terutama di Baduy sangaaaat HARAM hukumnya menjual Gabah!! Kalau pun terpaksa bisa ditukar dengan nilai yang fair dan sepadan. Misal Gabah ditukar sayuran dlsb.

Nah kalau memperhatikan kondisi tersebut bukankah mereka itu bisa terbilang MAJU? Secara Tatanan Socio-Cultural-Spiritual mereka ADVANCE dimana keberadaan "UANG" bukan menjadi suatu Masalah hehehe. Tanpa BB ataupun IPAD n' IPHONe ataupun Telpon n' SMS mereka baik-2 sajaaah tidak GALAU xixixi. Mereka hidup tentram dan damai :).

Nah yang Mamang bingung kok Pemerintah ini justru mengusik tatanan-2 kehidupan yang begitu Indahnya yang seharusnya kita tiru n' pelajari :). Mungkin PLATO itu menjelaskan Atlantis yang Beradab itu bukan yang banyak Emas Permata dan Berlian tapi justru PLATO melihat Kabuyutan Sunda yang Self Sustained yang Beyond Peradaban Manusia, sudah benar-2 Peradaban Maju dan Tinggi!! Kalender pun mereka punya musim tanam, musim panen, dlsb mereka sudah bisa menghitung sendiri tanpa perlu penyuluhan dari pemerintah. Leuit mereka penuuuh terus ngak pernah kekurangan dan kelaparan? Bukankah itu sejujurnya manusia yang paling Beradab di Jagat Raya ini?

Pemerintah malah mau mengusik Baduy Banten dengan mulainya Eksplorasi Lundin Petroleum, Kabuyutan Cipaku Sumedang malah mau direndem Lumpur? Jadi kalau dibilang bodoh mungkin tersinggung katakanlah Aneeeeeh saja!! It doesn't make any sense euy.

Hari ini dan kemarin di Koran Muncul Berita di Mexico Acapulco Banjir n' Badai Korban Jiwa katanya 80 orang meninggal terus puluhan ribu orang mengungsi, inalillahi waina ilaihi rojiun. Bayangkan Cipaku baru mau rencana ditenggelamin eeeh malah belahan dunia lain yg kena bencana duluan. Makanya kasepuhan mah adem ayem wae, rek direndem sok weh da ngak akan pindah... Kabuyutan Cipaku Diganggu Balai Sadunya ceunah (Kabuyutan Cipaku Diganggu Bencana Sedunia). Dulu juga tahun 2004 surat penolakan Warga FKRJ (Forum Komunikasi Rakyat Jatigede) dan DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan Lingkungan Tatar Sunda) yang ditandatangani Mang Ihin sekitar April dan Oktober 2004 dan tidak digubris pemerintah eeeeeh tidak lama 26 Desember 2004 Tsunami Aceh, inalillahi wa ina ilaihi rojiun. Bencana terbesar di muka bumi terjadi. Yang terungkap apa ternyata Tsunami itu terjadi karena benturan dua paparan benua yaitu Burma dan Austronesia lalu disana Muncul ke permukaaan PAPARAN SUNDA. Subhanalloh bukan?

Jadi mangga memang perlu di test juga siapapun lah mau SBY atau Menteri PU Djokir berani menggelamkan Kabuyutan Cipaku, Balai Sadunya. Sekarang Gunung Sinabung di Sumatera Utara coba cek para ahli geologi itu masuk susunan Busur Gunung Aktif Sunda ngak? Gunung Guntur masih Waspada kah?

Kalau Suharto kan udah ngetest hehehe 1993 ngeluarin Kepres Jatigede langsung gub bye 1998 ditumbangkan dan dipermalukan rakyat padahal dia punya rencana mau jadi PANDITO hehehe. Dani Setiawan melanggar Perda Jabar tentang Perlindungan Seni Budaya yg dibuat Gubernur Nuriana malah ditangkap KPK dan kalah Pilgub, masa Incumbent didukung Partey Kuat Kalah yang menang malah yang tidak diperhitungkan hehehe. Masih perlu bukti kalimat "Kabuyutan Cipaku Diganggu Balai Sadunya"?

Sekarang udah ada rencana pengunduran penggenangan menjadi Juni 2014, Balai ini ngak akan berhenti sampai Pemerintah Mengumumkan Penghentian Penenggelaman Kabuyutan Cipaku.

Mengutip tulisan Kang Usep Romli di PR hari ini, "Janganlah Kalian Membuat Kerusakan di Muka Bumi ini, karena Alloh SWT tidak suka manusia yang suka membuat kerusakan!!! (QS Al Qashas 77). Ya Adzab hukumnya bagi manusia yang membuat kerusakan di muka bumi ini.

Kenapa Kabuyutan Kanekes, Cipaku Sumedang, Kampung Naga tetap exist dari berbagai Zaman dari Pra Sejarah - Sejarah - Modern ya karena mereka tidak pernah membuat kerusakan di muka bumi. Oleh karenanya mereka dijaga dan dilindungi oleh Alloh SWT. Karena itulah Eyang Haji berkata "Cipaku Diganggu Balai Sadunya", Lha wong orang ngak berbuat dosa dan salah malah kampungnya mau ditenggelamkan, padahal menurut mereka yg akan menenggelamkan ini anak-2 n' cucu n' cicit mereka karena mereka berfikir semua manusia berasal dari Cipaku. Jadi mereka bilang ini ANAK DURHAKA!!

Wallohualam bishawab

nuhuuuuns,
mang asep kabayan
www.cipaku.org

__._,_.___


3 of 3 Photo(s)
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Recent Activity:



.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini