Rabu, 27 Mei 2015

Desa Margasari_Azhar Fuadi_PMI II

Nama            :      Azhar Fuadi
NIM              :      11140540000004
Prodi             :      Pengembangan Masyarakat Islam

DESA MARGASARI
KECAMATAN MARGASARI
KABUPATEN TEGAL

A.    Sejarah Desa Margasari
Desa Margasari terletak di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Desa Margasari memiliki batas wilayah administratif  sebagai berikut:
Sebelah Utara              :           Desa Karang Asem
Sebelah Timur             :           Desa Jimbayat
Sebelah Barat              :           Gunung Raja Gemantung      
Sebelah Selatan           :           Desa Tonjong


Desa Margasari berasal dari dua kata Marga yang artinya Jalan dan Sari/Roso/Krasan yang artinya Senang, jadi Margasari adalah Jalan yang Senang atau Baik. Dahulu di Desa Margasari banyak sekali penduduk luar yang pindah dan meneteap di Desa Margasari. Para Penduduk Luar tersebut bekerja sebagai Pedagang, Petani, Tukang Asongan dll. Sebelum diberi nama Desa Margasari sebenarnya Desa ini sudah banyak namanya, akan tetapi karena penduduk senang dengan jalan dan tempat di Desa ini jadi penduduk memutuskan untuk memberikan nama Desa Ini dengan nama Desa Margasari.

Desa Margasari termasuk Desa yang dikategorikan sebagai Desa Kreatif. Desa Margasari dikatergorikan sebagai Desa Kreatif karena dahulu ada sebuah perusahaan pembuat piring dan celengan yang terbuat dari tanah liat. Perusahaan ini dahulu banyak memberdayakan penduduk Desa Margasari sebagai Tenaga Kerjanya. Selanjutnya karena semakin hari teknologi semakin canggih dan peralatan rumah tangga banyak yang tidak menggunakan bahan tanah liat, perusahaan ini kahirnya gulung tikar. Perusahaan ini adalah salah satu penginggalan sejarah di Desa Margasari.

Desa Margasari penduduknya mayoritas beragama islam. Terdapat dua aliran gerakan agama islam di Desa Margasari yang diikuti oleh penduduk Desa. Ada Muhamadiyah dan Nahdatul Ulama. Dua gerakan agama islam yang diikuti oleh penduduk Desa Margasari ini saling melengkapi satu sama lain. Hidup berdampingan dengan rukun dan saling menghormati. Muhamadiyah dan Nahdatul Ulama sama-sama berperan andil dalam kemajuan pendidikan di Desa Margasari.

B.     Mitos-mitos di Desa Margasari

1.      Di Desa Margasari terdapat salah satu Gunung, Gunung itu bernama Raja Gemantung. Di Gunung ini terdapat mitos-mitos kepercayaan penduduk bahwa di Gunung itu terdapat salah satu penunggu yang berasal dari Alam Gaib. Penunggu itu menjaga Gunung Raja Gemantung agar Gunung itu tidak dieksplorasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penduduk Desa masih ada yang percaya dengan Mitos tersebut dan ada juga yang tidak percaya.

2.      Di Desa Margasari terdapat salah satu Kali, Kali itu bernama Kali Kemisik. Kali ini dikisahkan oleh para penduduk desa, bahwa kali ini dahulu berasal dari Sisik Naga yang kalah bertarung dengan Dua Raksasa yang besar. Naga tersebut hanya sendiri melawan dua Raksasa yang besar alhasil Naga tersebut kalah. Mitos yang ada dimasyarakat, jika seseorang penduduk Desa yang mandi di Kali Kemisik, kulitnya akan Busik atau akan jelek dan kotor.

3.      Di Desa Margasari masyarakat masih ada yang percaya dengan jimat. Anak bayi atau balita jika ingin sehat dan tidak diganggu dengan makhluk gaib ada orang tua yang memberikan anaknya jimat penangkal. Biasanya jimat ini berbentuk kantong kecil yang didalam jimat ini terdapat mantra-mantra pengusir Roh Halus. Mitos Setan gentayangan yang menculik anak Bayi dan Balita di Desa Margasari masih ada yang percaya dengan hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini