Minggu, 04 Oktober 2015

IMAJINASI KENYAMANAN

Rissa Diah Dwi Djayanti

11150510000156


Jurnalistik 1A


IMAJINASI KENYAMANAN



Cukang Taneuh


.

 

 

 


 

Cukang Taneuh atau Green Canyon (Ngarai Hijau) adalah salah satu objek wisata di jawa barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Untuk mencapai tempat ini, kita harus menyewa sebuah perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km untuk sampai ke Green Canyon, Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh hijau teduhnya warna air sungai, Di mulut gua terdapat air terjun palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat tebing, berenang, bersampan sambil memancing.

Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis  pada tahun 1993. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan tempat ini disebut Green Canyon. Sedangkan nama sebelumnya, Cukang Taneuh  berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Yang menjadi tujuannya adalah terowongan menyerupai gua dengan tinggi 20 meter dan panjang 15 meter yang dikenal dengan Gua Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang  Nusawiru.

                                                                                       

 

 

Pengaruh tempat wisata tersebut bagi masyarakat sekitar

 

Kabupaten Pangandaran merupakan kawasan yang berada di Jawa barat yang memiliki banyak  keragaman daya tarik alam seperti halnya pantai dan pemandangan alamnya. Dengan adanya Objek wisata tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan daerah serta dapat mengembangkan sektor pariwisata tersebut agar berkembang lebih maju. Salah satu dari sekian banyak objek wisata di Kabupaten Pangandaran diantaranya adalah Objek Wisata Alam Green Canyon di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Objek Wisata Alam Green Canyon merupakan objek wisata yang memiliki daya tarik khusus yaitu aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan stalaktit dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan  banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam.

Aktivitas wisata utama yang dapat dilakukan disini adalah body rafting. Body rafting ini tidak menggunakan rakit atau kapal melainkan berenang dengan pelampung menyusuri sungai. Terdapat banyak penduduk lokal sebagai penyedia paket jasa body rafting dengan harga yang tidak begitu mahal karena dengan 875 ribu untuk sekitar 7 orang sudah mendapatkan pemandu (2), mobil bak menuju sungai di desa kertayasa, peralatan rafting lengkap (helm, pelampung, decker), kelapa muda dan makan siang, Kita bisa menggunakan jasa masyarakat setempat sebagai penyedia jasa body rafting. Jadi Masyarakat sekitar banyak yang bermata pencaharian sebagai jasa pemandu wisata, kuliner khas daerah, souvenir dan tempat istirahat bagi wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini