Minggu, 04 Oktober 2015

Rizky Kusumawati - Imajinasi kenyamanan & pengaruhnya dalam kehidupan sosial. - Tugas 4

Nama : Rizky Kusumawati

Mata Kuliah : Pengantar Sosiologi

Prodi : Jurnalistik (1A)

NIM : 111505010000111

 

 

1.      Gambarkan tempat yang umumnya jadi objek wisata

 

 

 

 

Taman film Bandung adalah suatu taman yang dibangun oleh Pemkot Bandung khusus untuk warga Bandung yang ingin menonton film. Sebelum menjadi sebuah taman, daerah ini adalah suatu tempat yang sangat kumuh.  Taman film Bandung ini berlokasi dibawah jalan layang Pasupati, Tamansari, kecamatan Bandung Wetan, kota Bandung. Taman ini memiliki luas sekitar 1300 M persegi dengan kapasitasnya hingga 500 orang penonton.

 

Taman film Bandung adalah yang pertama di Indonesia dan diresmikan pada 14 September 2014. Taman ini dilengkapi dengan teknologi videotron raksasa berukuran 4x8 meter. Para penonton akan dimanjakan dengan sound system terbaik yang di dukung daya listrik hingga 33.000 watt. Penonton bisa memilih untuk duduk di tempat yang terbuat dari beton yang bergaya seperti terasering sawah ataupun duduk lesehan di rumput sintesis. Taman ini pun juga di dekorasi dengan lampu neon warna-warni  yang membuatnya semakin terlihat cantik jika malam hari.

 

Untuk berkunjung ke taman ini tidak di pungut biaya alias gratis. Hanya saja, para pengunjung benar-benar diwajibkan untuk mematuhi segala aturan yang diterapkan seperti tidak merokok, tidak membuang sampah sembarangan serta tidak merusak semua fasilitas yang telah disediakan.

 

 

 

2.      Menganalisis pengaruh keberadaan tempat tersebut terhadap kehidupan sosial

Adanya taman film Bandung ini membuat warga Bandung ataupun warga dari luar kota sangat antusias untuk mengunjunginya. Mereka memanfaatkan taman ini untuk berkumpul dengan keluarga di hari-hari biasa maupun akhir pekan. Dibangunnya taman ini juga menjadi alternative bagi setiap orang yang ingin menonton film tanpa harus membayar mahalnya tiket masuk seperti di bioskop. Pengaruh lain atas dibangunnya taman ini adalah melatih para pengunjung untuk mematuhi segala aturan yang ada, untuk selalu menjaga dan merawat semua fasilitas yang telah disediakan. Salah satu alasan Pemkot Bandung membangun berbagai taman tematik dan salah satunya taman film ini adalah untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakat Bandung serta merubah kawasan kumuh menjadi kawasan yang memiliki banyak manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini