Minggu, 04 Oktober 2015

Shaleha Nurudina Jurnalistik 1B 11150510000224 Imajinasi kenyamananb& pengaruhnya dlm kehidupan sosial

Imajinasi kenyamanan dan Pengaruhnya dalam kehidupan sosial

Imajinasi secara umum, adalah kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide.

Imajinsi merupakan suatu gambaran (citra) yang dihasilkan oleh otak seseorang.Imajinasi adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat,didengar dan dirasakan.

Dengan imajinasi manusia mengembangkan sesuatu dari kesederhanaan menjadi lebih bernilai dalam pikiran.Ia dapat mengembangkan sesuatu dari ciptaan tuhan dalam pikirannya.dengan tujuan untuk mengembangkan suatu hal yang lebih bernilai dalam bentuk benda,atau sekedar pikiran yang terlintas dalam benak.

Kenyamanan menurut kamus besar indonesia adalah nyaman adalah segar,sehat sedangkan kenyamanan adlah kesegaran,kesehatan,kesejukan. Kolcaba(2003) menjelaskan bahwa kenyamanan sebagai suatu keadaan telah terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang bersifat individual dan holistik.dengan terpenuhinya kenyamanan dapat menyebabkan perasaan sejahtera pada diri individu tersebut.Kenyamanan dan perasaan nyaman adalah penilaian komperensif seseorang terhadap lingkungannya.

Jadi terjadinya Imajinasi kenyamanan karena manusia menilai kondisi lingkungan berdasarkan rangsangan yang masuk ke dalam dirinya melalui keenam indera melalui syaraf dan dicerna oleh otak untuk dinilai dan mengeluarkan imajinasi dari kenyamanan tersebut melalui suara,cahaya,udara,bau,suhu,dll dan keluarlah imajinasi yang disebabkan oleh kenyamanan tersebut.

NARASI  KOTA TUA JAKARTA

Dinding bangunan berlantai dua itu bercat terakota.balkonnya yang tertutup terbuat dari kayu dengan jendela-jendela lebar.bukan balkon cantiknya yang jadi perhatian,melainkan pohon besar yang tumbuh dibelakang bangunan ini,akarnya sudah menjalar seantero dinding.Struktur bangunannya masih bagus,kokoh,bisa jadi karena ditopang akar sehingga kalau akar itu dibersihkan dari dinding,bangunannya akan roboh seketika.Gedung ini dibangun pada masa pemerintahanHindia belanda sebagai kantor perniagaan milik VOC.Sempat beralih menjadi gereja,setelah kebakaran yang merobohkan sebagian atapnya bangunan ini kemudian dibiarkan begitu saja tidak terawat,ditumbuhi pohon dan akar seluruh bangunannya sehingga masyarakat menjuluki dengan julukan Rumah Akar.

Jakarta kota pernah berfungsi sebagai Kota dalam arti kata sebenarnya yaitu yang intensitas kehidupannya sangat vital bagi dirinya sendiri sebagai kota dan juga sekitarnya,juga sebagai jalur distribusi barang dan jasa.Setelah sekian lama menghadapi degradasi fisik,kualitas hidup,dan fungsi jakarta kota sangat pantas untuk dihidupkan kembali.

Beberapa gedung telah direnovasi dan diberi fungsi baru,semoga dampak signifikan sebagai generator untuk menghidupkan kembali kawasan kota tua yang semakin ditinggalkan dan dilupakan. Wajahnya yang telah dibekukan semoga narasinya akan semakin kaya setelah selama ini diteruskan pedagang kaki lima dan penghuni liar yang membuat cerita baru sama sekali.

               

Kota tua yang telah direnovasi dan menjadi pusat hiburan masyarakat Jakarta

Jika mengunjungi kota tua yang terletak di jakarta utara disini gratis tanpa bayaran sedikit pun,tetapi ada banyak para pedagang yang mencari nafkah dengan menjualkan makanan dan aksesoris,dll.

Kawasan Kota tua jakarta sebagai kawasan cagar budaya secara legal dilindungi oleh Undang-undang No.11 tentang cagar budaya dan juga undang-undang No.39 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.Pelestarian kota tua jakarta tidak  hanya pelestarian cagar budaya-nya saja tetapi juga pelestarian lingkungan.

Pengaruh Kota Tua bagi Kehidupan Sosial

Pengaruh dampak Positif

Pengaruh dampak negatif

Akomodasi

Image kota tua yang kurang menguntungkan

Penyediaan makan dan minum

Kurangnya fasilitas penungjang dikawasan

Jasa pariwisata

Kondisi infrastruktur yang kurang mendukung

Rekrreasi dan hiburan

Lalu lintas yang tidak teratur

Objek kawasan wisata

Penurunan kualitas lingkungan sekitar

Site attractionevent attraction

Kebijakan yang belum terpadu

-

Batas administrasi yang terbagi dan kelembagaan yang belum tepat sasaran

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini