Minggu, 04 Oktober 2015

 

Nama:Hilma Nur Alifah

Nim:11150510000040

Kelas:Jurnalistik 1A

Tugas:4

 

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

 

            Taman mini indonesia indah adalah salah satu tempat wisata  yang bertema kebudayaan Indonesia di daerah Jakarta Timur. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota. Di Indonesia hampir setiap suku bangsa memiliki corak dan bentuk khas budaya mereka masing-masing. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilator betakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia.

            Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang biasanya digelar pada hari Minggu. beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas provinsi tersebut, serta dilengkapi toko cenderamata yang menjual berbagai kerajinan tangan, kaus, dan berbagai cenderamata.

            Selain itu TMII juga menyediakan sebuat tempat rekreasi untuk anak-anak seperti:

Istana Anak-anak Indonesia

Kereta gantung

Perahu Angsa Arsipel Indonesia

Taman Among Putro

Taman Ria Atmaja

Desa Wisata

Kolam renang Snow Bay

Museum Iptek TMII

            Pengaruh tempat wisata tersebut bagi masyarakat sekitar

            Banyak pengaruh positif yang bisa di dapatkan jika berkunjung ke TMII.Karena keberadaan TMII ini  menyediakan banyak tempat ajungan yang berisikan sesuatu yang bertemakan dengan kebudayaan.Para pengunjung dapat melihat-lihat benda khas dari berbagai daerah begitu pula dengan pakaian adat dari macam-macam daerah.Banyak ilmu seputar kebudayaan Indonesia yang terletak di ajungan TMII.Selain itu TMII juga menyiapkan gedung yang dapat di sewa untuk acara-acara penting seperti wisuda,atau perpisahan sekolah dll.

            Walaupun tempat wisata ini mendominasi kepada tema kebudayaan,TMII juga memiliki tempat wisata untuk anak-anak seperti:Istana Anak-anak Indonesia,Kereta gantung,Perahu Angsa Arsipel Indonesia.Sehingga anak-anak setelah berkunjung dari anjungan dapat bermain pula di tempat yang sudah di sediakan,untuk sekedar rileks.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini