Minggu, 04 Oktober 2015

Ilsya Imajinasi Kenyamanan Tugas 4

Nama   : Muhammad Aulia Ilsya

Nim     : 11150510000019

Kelas   : KPI 1 A

Matkul : Pengantar Sosiologi

Tugas 4

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

1)      Bedugul, Desa Candi Kuning, Baturiti Tabanan, Bali

      Danau Beratan atau lebih dikenal dengan nama Danau Bedugul merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam danau dan pegunungan yang menyejukkan. Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar dan Singaraja, membuat danau ini cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Danau ini lebih dikenal dengan nama "Danau Bedugul" karena letak danau ini berada di daerah Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Danau ini adalah danau terluas kedua setelah Danau Batur yang luas 1.607,5 ha.

      Danau Bedugul merupakan salah satu danau penting untuk irigasi. Danau Bedugul dikenal sebagai danau "gunung suci", kawasan ini sangat subur, terletak pada ketinggian 1.200 meter, dan beriklim sangat dingin. Menurut mitos yang ada di masyarakat Bali, sebenarnya Danau Bedugul ini merupakan danau yang terbesar di pulau Bali awalnya. Namun pada suatu ketika terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat dan akhirnya danau Bratan ini terbagi menjadi tiga bagian, Bratan, Tamblingan dan Buyan. Nama "Bratan" diambil dari kata "Brata" yang berarti mengendalikan diri dengan menutup 9 lubang kehidupan. Kata-kata "Brata" ini dapat kita jumpai dalam istilah "Tapa Brata" yang memiliki arti bersemedi atau bermeditasi untuk mencapai ketenangan agar dapat manunggal dengan alam dan berkomunikasi dengan Yang Maha Gaib.

      Danau Bedugul bisa diakses dari 2 tempat, yang pertama adalah tempat yang biasa menjadi pemberhentian bus-bus pariwisata. Sedangkan tempat yang satunya biasa menjadi tempat pemberhentian mobil-mobil dan motor. Di tempat yang kedua kita bisa memarkir mobil dipinggiran danau, sedangkan di tempat pertama kita harus jalan kaki dahulu untuk menuju danau.

      Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Bedugul ini. Untuk menikmati pemandangan di danau, kita bisa menyewa kapal boat, kapal atau sampan. Setelah membeli tiket, kita akan diantar mengelilingi danau menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk. Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang kita bisa mencoba water sport seperti paracyling dan jetsky. Kita juga bisa menikmati keindahan danau ini sambil memancing, di sini ada beberapa orang yang menyediakan penyewaan alat pancing. Atau kita ingin mengabadikan moment indah ini, tersedia jasa foto kilat di beberapa tempat di sekitar danau.

      Disekitar Danau Bedugul juga terdapat tempat makan dan juga penjual souvenir. Selain keindahan danau dan pegunungan yang mengelilinginya, di sisi lain danau ini terdapat sebuah pura yang bernama "Pura Ulun Danu", pura ini bisa diakses dari obyek wisata Candi Kuning disamping obyek wisata Danau Bedugul. Sedangkan di seberang jalan dari danau ini, juga terdapat sebuah masjid yang cukup besar dan pondok pesantren. Sungguh perpaduan yang cukup unik antara danau, pegunungan, pura dan masjid.

2)      Pengaruh Danau Bedugul Bagi Kehidupan Masyarakat Setempat

    Keberadaan Danau Bedugul membuat masyarakat setempat mendapatkan keuntungan yang melimpah sebab mereka bisa berjualan di sekitar tempat lokasi wisata ini. Para pembeli juga mayoritas penduduk asing dan tak kalah banyak juga penduduk lokal yang berbelanja di area wisata tersebut. Nilai mata uang kita dengan asing jelas berbeda jauh, hal ini sangat menguntungkan para penjual disana yang mayoritas pembeli adalah orang asing.

      Pengelola tempat wisata Danau Bedugul juga memanfaatkan para turis asing untuk mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin masuk ke tempat wisata ini karna harga tiket disana dibedakan antara turis lokal dan turis asing. Jelas hal ini menambahkan devisa untuk pemerintah kota tersebut dan menaikkan daya saing tempat wisata tersebut. Masyarakat disana juga menambah wawasan pengetahuan bahasa asing mereka karna terbiasanya melayani orang asing yang datang disana. Jelas wilayah tersebut jadi terangkat karna tempat wisata tersebut dan masyarakatpun jadi merasa terangkat nama wilayahnya di mancanegara karna lokasi tersebut banyak di datangi orang dari mancanegara.

     Sudah seharusnya kita sebagai penduduk Indonesia berbangga dan patut merawat kelestarian tempat wisata tersebut karna sampe saat ini masih terawat dan terjaga kebersihannya walaupun disana ada petugas kebersihan tetapi selayaknya pengunjung yang baik kita harus tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke danau nya karna danau tersebut merupakan objek wisata yang menarik disana. Jika kita lihat mata uang 50.000 rupiah pasti selalu ingat tempat lokasi tersebut karna disitulah gambar Danau Bedugul tergambar jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini