Minggu, 30 September 2012

Taufik abdullah tugas 4 kelas kpi 1e .

Nama             :Taufik Abdullah
Kelas              :KPI 1E
Nim                :1112051000163
Judul              :Teori kritis Kalmarx
 
 
 
 
Teori Kritis
            Teori kritis adalah sekelompok neo-Marxis Jerman yang tak puas dengan keadan teori Marxian (Bernstein, 1995; Kellner, 1993; untuk tinjauan yang lebih luas terhadap teori kritis Iihat Agger),terutama kecendrungannya menuju determinisme ekonomi.Teori kritis telah berkembang melalui batas aliran Frankfrut (Calhoum dan karaganis,2001;Telos, 1989-90).
Kritik Utama terhadap Kehidupan Sosial dan intelektual
            Teori kritis sebagian besar terdiri dari kritik terhadap berbagai aspek kehidupan social dan intelektual.
            Kritik terhadap Teori Marxian.Teori kritis mengambil kritik terhadap teori Marxian titik tolaknya.Teoritis kritik ini merasa tergangggu oleh pemikiran Marxis penganut determinisme ekonomi yang mekanistis (Antonio, 1981;Schroyer,1973;Sewart, 1978). Teoriti kritis tak menyatakan bahwa determinis ekonomi keliru, ketika memusaatkan perhatian pada bidang ekonomi, tetapi karena mereka seharusnya juga mamusatkan perhatian pada aspek kehidupan social yang lain.
            Kritik terhadap positivisme.Teoritis kritis juga memusatkan perhatian terhadap filsafat yang mendukung penelitian ilmiah terutama positivisme(Bottomore, 1984;Halfpenny,2001;Morrow 1974).Positivisme menerima gagasan bahwa metode ilmiah tunggal dapat diterapkan pada seluruh bidang studi.
            Aliran kritis menentang poditivisme karena berbagai alasan(Sewart, 1978).Pertama,positivism cenderung melihat kehidupan sosial sebagai proses alamiah .
Teori kritis lebih menyukaimemusatkan perhatian pada manusiamaupun pada cara-cara aktivitas tersebut memengaruhi strutur social yang lebih luas.
TEORI SOSIOLOGI MODERN
            Positivismme diserang karena berpuas diri hanya drngan menilai alat untuk mencapai tujuan tertentu, dan karena tak membuat peniaian serupa terhadap tujuan. Kritik ini mengarah kepada bahwa positivism berwatak konservativ, tak mampu menantang system yang ada.
            Kritik terhadap sosiologi, Sosiologi diserang karena "keilmiahannya, yakni karena menjadikan metode ilmiah sebagai tujuan didalam dirinya sendiri. SElain dari itu sosiologi dituduh menerima status quo.
            Menurut anggota airan ini, sosiologi lebih memperhatikan masyarakat sebagai satu kesatuan ketimbang memperhatikan individu dalam masyarakat, maka mereka mengabaikan interaksi individu dan masyarakat.
            Kritik terhadap masyarakat modern. Kebanyakan karya aliran kritis ditujukan untuk masyarakat modern dan berbagai jenis komponennya.Kebanyakan teori Marxian awal scara tegas tertuju ke bidang ekonomi, sedangkan aliran kritis menggeser orientasinya. Artinya, tenpat dominasi masyarakat modern telah bergeserdari bidang ekonomi ke bdang kultural.
            Pemikiran kritis telah dibentuk tak hanya oleh tori Marxian, tetapi juga tori Weberian, seperti tercermin pada perhatian mereka terhadap rasionalisme sebagai kembangan dominan dalam dunia modern.
            Meskipun kehidupan modern kelihatan rasional, aliran kritis memandang masyarakat modern penuh tidakerasionalan (Crook, 1995).Masyarakat adalah tak rasional karena dunia rasional merusak individu, serta kebutuhan dan kemampuan mereka; bahwa perdamaian dipertahankan melui ancaman perang teru-menerus;dan bahwa meski sarana suda cukup, rakyat tetap miskin,tertindas,terekploitasi dan tak mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri.
            Kritik terhadap kultur. Teoritis kritis melontarkan kritik pedas terhadap apa yang mereka sebut "industri kultur", yakni struktur yang dirasionalkan dan dibirokratiskan (misalnya, jaringan televisi) yang mengendalikan kultur modern.
             Analisis kritis Marx terhadap kapitalisme membuatnya berharap pada masa depan, tetapi banyak toritis kritis malh masuk pada pandangan putus ada dan tanpa harapan. Sebagian besar teori kritik (seoerti rumusan asli Marx)adalah sejalan dengan analisis kritik.meskipun tori kritis juga mempunyai sejumlah minat positif,tetapi ia lebih banyak memberikan kontribusi yang lebih kritis ketimbang kontribusi positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini