Minggu, 21 Oktober 2012

Aragea Noorma Gustina Jurnalistik 1A

Metode Sosial

            Dalam melakukan sebuah penilitian dalam ilmu sosiologi, terdapat metode sosial. Metode social ini sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Secara singkatnya metode kualitatif adalah metode yang berdasarkan kepada tindakan-tindakan soialnya. Sedangkan kuantitatif adalah metode yang mengacu kepada statistic atau perhitungan-perhitungan. Maka dari itu kita akan bahas satu persatu mengenai kedua metode tersebut.

 

1  Metode Kuantitatif

 

Metode ini lebih mengarah kearah statistika seperti yang di sebutkan di atas. Dia lebih menekankan kepada jumlah secara matematika dan angka untuk menjawab pertanyaan seputar kehidupan sosial di suatu tempat.

Metode ini pun terbagi menjadi beberapa metode yang sangat penting dan sangat sering digunakan dalam pengambilan data atau informasi secara kuantitatif. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengembangkan dan menggunakan  model matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dangan fenomena alam.

Metode ini banyak digunakan dalam ilmu  ilmu alam dan ilmu social. Metode ini banyak menggunakan survey sebagai metode yang paling berpengaruh dalam pengumpulan data kuantitatif tersebut. Istilah penelitian kuantitatif sering digunakan sebagai pembanding penelitian kualitatif.

Hal yang perlu di perhatikan dalam penelitian kuantitatif:

·        Identifikasi masalah

·        Merumuskan hipotesis

·        Merumuskan istilah

·        Melakukan observasi atau penilitian lapangan

·        Analisis Data

      Dalam penelitian kuantitatif metode yang digunakanantaralain :metode survey, expost facto, eksperimen, evaluasi, action research, policy research (selainmetode naturalistic dansejarah ).

 

2  Metode Kualitatif

 

Metode ini banyak dii pergunakan oleh para ilmuan untuk menentukan dan mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana perilaku sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara  sosial. Tujuan utama penelitian kualitatif adalah untuk memahami (to understand) fenomena atau gejala social dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji dari pada memerincinya menjadi variabel-variabell yang saling terkait.Setidaknya ada beberapa jenis penelitian kualitatif, yakni:

1.     Etnografi (ethnography)

2.     StudiKasus (case studies)

3.     StudiDokumen/teks (document studies)

4.     ObservasiAlami (natural observation)

5.     WawancaraTerpusat (focused interviews)

6.     Fenomenologi (phenomenology)

7.     StudiSejarah (historical research)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini