Minggu, 21 Oktober 2012

Dede Fauziah_Jurnalistik I A

METODE SOSIOLOGI
 
1.Metode kualitatif
          Maksud istilah kualitatif adalah jenis penelitian yang dapat menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuhan). Penelitian kualititatif dapat menunjukan pada penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, atau hubungan kekerabatan. Beberapa data dapat di ukur melalui data sensus, tetapi analisnya adalah analisis data kualitatif. Beberapa peneliti memeperroleh data dengan cara interview dan observasi. Teknik-tekniknya menghubungkan secara normal dengan metode kulitatif.
          Menurut Kirk dan Miller (1986:9) penelitian kulitatif tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya. Sedangkan menurut Bogdan dan Taylor  (1975:5) penelitian kualitatif merupakan proseddur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Ada beberapa alasan yang cukup valid untuk melakukan penelitian kualitatif. Salah satunya alasannya ialah konvensi dari para peneliti itu didasarkan atas pengalaman dalam penelitian. Alasan lainnya adalah  sifat masalah penelitian itu sendiri, dimana beberapa abidang studi yang dengan sendirinya meminjamkan seecara alami kepada satu atau lebih jenis penelitian kualitatif, misalnya penelitian yang berusaha untuk menemukan sifat suatu pengalamn seseorang dengan suatu fenomena seperti contohnya gejala kesakitan, konversi agama (pindah kepercayaan).
Pada dasarnya, ada tiga komponen pokok dalam penelitian kualitatif, yakni : pertama adanya data sebagaimana yang telah disebutkan yakni bisa datang dari berbagai sumber, interview, dan observasi. Kedua terdiri dari analisis dan prosedur-prosedur interpretasi yang berbeda guna memperoleh penemuan atau teori-teori. Dan yang ketiga yaitu penulisan dan laporan verbal.
 
2. Metode Kuantitatif
          Metode kuantitatif merupakan salah satu metode dalam penelitian yang lebih ditekankan pada yang dapat dihitung untuk menghasilkan penafsiran kuantitatif yang kokoh.
          Asumsi dari penelitian kuantitatifadalah bahwa fakta-fakta dari objek penelitian memiliki realitas, dan variabel-variabel dapat diidentifikasikan dan hubungan-hubungannya dapat di ukur. Sedangkan alasan untuk melakukan untuk penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi penjelasan-penjelasan kausal, mendapatkan generasi hasil, dan memprediksi suatu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini