Minggu, 21 Oktober 2012

metode sosiologi ( RIDHO FALAH ADLI,KPI 1E) TUGAS 7

Oleh RIDHO FALAH ADLI (KPI 1E) TUGAS 7

 

Metode kualitatif

Metode kualitatif adalah teknik-teknik penelitian yang di desain untuk memperoleh pemahaman, penafsiran, dan subjektif atas perilaku sosial. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam atas apa yang masyarakat lakukan, dan menafsirkan perilaku mereka dengan cara-cara yang dipahami oleh mereka sendiri. Resikonya, penelitian kualitatif berusaha menangkap perasaan, tekstur, dan makna perilaku dan konteks yang lebih luas yang terjadi suatu peristiwa di dalamnya. Para peneliti kualitatif mebagi tekniknya menjadi 3, yaitu:

[1].Rekaman-rekaman Historistik. Analisa historistik biasanya berdasarkan kepada surat-surat, catatan-catatan harian, laporan-laporan masa lalu, dan materi-materi serupa yang lain. Metode ini berguna karena menyediakan informasi detail dan penjelasan yang luas. Ia juga menyediakan suatu rasa (sense) tempat kita berada dan membantu kita memahami tempat kita di dunia ini.

Dalam memahami peristiwa historis penting untuk waktu saat suatu peristiwa itu terjadi. Perilaku yang tampakya irasional bisa terlihat makna baru sepenuhnya saat dilihat dari perspektif waktu historis sang objek sendiri. Pelaksanaaannya bisa menjadi sulit karena rekaman-rekaman  historis sering tidak akurat, tidak lengkap atau bias.

[2].Interview dan Life Historis. Sebuah prosedur dimana sang peneliti menanyakan responden serial pertanyaan dan merekam jawabannya , baisanya dengan menuliskan kata per kata atau menggunakan tape recorder yang akan ditranskrip di kemudian hari.

Teknik kualitatif lain yang biasanya di gunakan disebut life history. Ini adalah sebuah interview panjang, atau serial-serial interview, dimana sang peneliti berusaha menemukan bentuk-bentuk esensial, momen-momen penting, atau titk balik dalam suatu kehidupan responden. Kesuksesan penggunaan metode ini mensyaratkan keahlian yang tinggi dan kesabaran sang peneliti.

[3]. Participant observation. Untuk memperoleh pemahaman mendalan dari pengetahuan yang rinci dan terkadang bersifat pribadi dari masyarakat yang sedang di kaji. Maka metode penelitian seperti ini disebut participant observation. Disisi lain jika melakukun observasi tapi tidak melibatkan dirinya, metode seperti ini disebut observasi.

Dalam sisi negatifnya, kritik paling serius dari penelitian observasional terfokus pada generalisasinya. Generalisasi merujuk pada tingkatan dimana hasil dari subuah kajian bisa di perluas ke populasi  manusia yang lebih luas.

 

Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif sangat bergantung pada statistika dan matematika untuk menjawab berbagai macam pertanyaan seputar perilaku sosial.

[1].Survei, adalah metode yang luas dan paling banyak digunakanuntuk mengumpulkan informasi dan data kuantitatif.metode ini sangat populer sehingga banyak orang pada saat yang sama atau waktu yang lain menjadi taret dari survei yang sama.misalnya di sebuah mall anda diminta mencicipi du minuman dan menentukan mana yang lebih anda suka.

Survei ilmiah ditujukan kepada sebuah populasi. Sebagai yang digunakan dalam sains, populasi merujuk kepada setiap kelompok yang seorang peneliti sedang teliti, seperti semua pelajar dalam sebuah kelas.

Dari pada menggunakan sample dalam jumlah besar, para peneliti kuantitatif menggunakan sebuah sampel respresentatif yang merupakan cerminan kecil dari sebuah populasi. Ia bertindak seolah mewakili realitas sebenarnya dari populasi tersebut. Sebuah prosedur pengambilan sampel dimana setiap orang di sebuah populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden.

[2]. Eksperimen Terkendali (Controlled Experiment), sebuah metode untuk mengkaji relasi antara dua atau lebih variabel dalam kondisi-kondisi yang sangat terkendali. Meski model eksperimen terkendali ini sangat cocok untuk mencari kaitan sebab-akibat, para sosiolog jarang menggunakannya. Alasannya adalah bahwa eksperimen paling baik dilakukan di laboratorium, sementara para sosiolog ingi mengkaji perilaku sebagaimana adanya yang terjadi di alam nyata.kecuali jika objek penelitaiannya dalam kelompok yang kecil.

 

Daftar Pustaka

Razak, Yusron.2008.sosiologi sebuah pengantar.Tangerang.mitra sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini