Selasa, 11 Desember 2012

Corri Prestita Ishaya_ Lap 4_ Perubahan Sosial

STUDI KASUS PERUBAHAN SOSIAL
 

 
JUDUL           : TEKNOLOGI YANG MENDUNIA MEMICU PERUBAHAN SOSIAL
PENELITI      : CORRI PRESTITA ISHAYA
NIM                : 1112051100019



 
       I.            Latar Belakang
 
Manusia adalah makhluk yang tidak dapat melepakan diri dari manusia lainnya, maka manusia sering disebut dengan makhluk sosial. Dalam kehidupan yang bermasyarakat ada yang dinamakan perubahan sosial. Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga bermasyarakat dalam suatu masyarkat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Definisi dan pengertian tentang perubahan sosial menurut para ahli, diantaranya adalah :
 
·         Kingsley Davis
Perubahan sosial adalah perubahan –perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
·         William F. Ogburn
Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap kebudayaan immaterial.
·         Mac Iver
Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
·         Gillin dan Gillin
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru (inovasi) dalam masyarakat.
Secara keseluruh perubahan sosial sering terjadi di dalam kebudayaan masyarakat dan perilaku. Cara yang paling sederhana untuk mengerti perubahan sosial dan kebudayaan itu adalah dengan menganalisis dari semua perubahan yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri, bahka jika ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas maka suatu hal yang harus dilakukan adalah mencoba mengungkapkan semua kejadian yang sedang berlangsung di tengah-tengah masyarakat itu sendiri. Kenyataannya mengenai perubahan-perubahan dalam masyarakat yang dianalisis dari berbagai segi diantaranya : ke arah mana perubahan dalam masyarakat itu bergerak melalu faktor yang diubah. Dengan adanya analisis ini, saya mengambil tema perubahan sosial dari segi teknologi. Karena di Indonesia ini budaya sangat berpengaruh terhadap masyarakat.
 
 

    II.            Pertanyaan Pokok
 
Bagaimana perubahan yang terjadi setelah adanya teknologi yang mendunia?
 
 

 III.            Metode Penelitian
 
Metode yang saya gunakan pada analisis ini adalah kualitatif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mendapatkan informasi mengenai pandangan masyarakat terhadap budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Karena metode ini lebih banyak menggunakan kumpulan data dari narasumber.
 
                        Waktu             : Jum'at, 30 November 2012
                        Pukul               : 16.00 – 18.00
                        Tempat            : Pamulang Timur, Tangerang Selatan
 


 IV.            Gambaran Obyek
 
Narasumber saya adalah Azizah seorang mahasiswi dari universitas swasta di Jakarta. Ia salah seorang mahasiswi yang belajar dalam bidang desain. Bertempat tinggal di Pamulang Timur, Tangerang Selatan. Ia merupakan seorang yang selalu mengikuti modernisasi seperti mempunyai berbagai macam jejaring sosial dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk dunia cyber. Apapun yang ia kerjakan selalu menggunakan teknologi canggih.
 
 
 
 
    V.            Analisis
 
Masyarakat Indonesia adalah pengguna internet yang paling aktif dalam berbagai macam jejaring sosial. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ada banyak perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Tujuan dari adanya teknologi adalah untuk mempermudah manusia dalam bekerja. Begitu pula dengan pekerjaan yang berat dapat terselesaikan dengan mudah apabila menggunakan mesin-mesin. Demikian dengan alat-alat teknologi yang sudah di produksi Indonesia yang banyak belum lagi alat-alat teknologi yang didatangkan dari berbagai macam belahan dunia. Sehingga kenyamanan dalam pemakaian teknologi sangat diakui dibelahan dunia. Sumbangan teknologi dari luar membentuk kesejahteraan tersendiri bagi penggunanya. Sebut saja seperti handphone yang tidak pernah lepas dari genggaman si pemiliknya, lalu jaringan internet apabila ada seorang anak yang tidak mengetahui tentang pelajarannya maka anak tersebut akan mencarinya di internet, kirim surat melalui internet, memasak menggunakan rice cooker, menggunakan AC apabila kepanasan, dan lain sebagainya. Saat dahulu jauh sebelum ada alat penanak nasi, seorang ibu memasak dengan menggunkan panci besar melalui dua tahapan. Melalui rice cooker seorang ibu dapat menghemat waktu dan lebih mudah. Semua itu termasuk ke dalam perubahan sosial budaya, sehingga budaya yang telah kita pakai dahulu telah tergantikan dengan hadirnya teknologi-teknologi dewasa ini. Perubahan ini sangat terlihat jelas sekali pada kehidupan masyarakat saat ini. Semakin kita mengikuti teknologi dan modernisasi maka semakin banyak perubahan sosial itu terlihat. Selain memberi kemajuan di berbagai segi kehidupan, teknologi juga memberikan kesalahgunaan bagi penggunanya. Contohnya saja seperti jejaring social facebook dan twitter, banyak orang yang menyalahgunakannya ketika di facebook berkenalan lalu lama-kelamaan menghilang menjadi korban penculikan, pemasangan internet di rumah tanpa adanya pengawasan dari orangtua memicu anak-anak membuka situs-situs yang tidak layak untuk dilihat. Penyalahgunaan ini menunjukkan adanya perubahan sosial yang cukup besar. Kriminalitas juga semakin modern, mengubah kriminalitas yang juga menjadi modern seperti contoh penculikan di atas. Melalui analisis ini kita dapat mengetahui lebih lanjut perubahan sosial budaya dalam bidang teknologi di masyarakat. Tanpa kita sadari setiap aktivitas yang kita lakukan menggunakan teknologi. Hanya sedikit sekali masyarakat yang belum menggunakan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini