Selasa, 11 Desember 2012

Taufik Abdullah KPI 1E. Tokoh Pengubah II

NAMA      : TAUFIK ABDULLAH
KELAS     : KPI 1E
NIM          : 1112051000163
 
Peran Ulama dalam membentuk Akhlak yang baik pada anak-anak
I.                   Latar belakang
     
 
      Pengaruh era modern saat ini pada anak remaja memang sangat berpengaruh pada perkembangan anak remaja pada saat ini, dengan mudahnya mendapatkan informasi.
      Saat ini untuk mendapatkan informasi sangat mudah, baik itu melalui siaran televisi dan radio, atau pun melalui internet, yang dimana kita dapat mengetahui informasi dari dalam maupun luar negeri, apalagi melalui internet kita dapat mengetahui informasi secara luas.
      Tetapi persolannya, untuk anak-anak yang salah mempergunakan media internet sangatlah memprihatinkan, dimana anak remaja dapat membuka situs internet yang tidak seharusnya dilihat oleh remaja seperti membuka situs porno, ataupun permainan yang bersifat tidak mendidik, seperti game online yang dilarang oleh agama Islam yaitu berjudi, dan game online yang lainnya yang bersifat negatif.
      Banyak anak remaja pada saat ini yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online, tawuran, bahkan sampai mabuk-mabukkan, dan juga tidak mau mematuhi perintah orang tua sekalipun. Bukan untuk menggunakan waktunya untuk belajar seperti yang mestinya dilakukan oleh anak remaja.
      Disini peran Ulama sangat penting untuk membentuk Akhlak yang baik pada anak remaja. Dimana Ulama dapat memberitahu kepada anak-anak mana yang harus dilakukan yang bersifat positif, seperti berkelakuan baik kepada orang tua, kepada temannya baik teman yang lebih tua ataupun teman yang sebayanya.
      Dan para Ulama harus juga mengajarkan mana yang boleh dilakukan, seperti patuh terhadap orang tua, rajin beribadah, dan rajin belajar sebagai bekal untuk masa depannya.
 
 
 
 
 
II.               Pertanyaan pokok
1.      "Bagaimana cara anda dalam mengajarkan, Akhlak yang baik pada remaja dilingkungan lingkungan sekitar anda ?
 
III.            Metode Penelitian
 
 
Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif, agar mendapatkan informasi yang detail dan sesuai fakta yang ada.
       Waktu                              :Minggu, 9 Desember 2012 (pukul 20.00-20.30 WIB)
                   Tempat                             :Di Kediaman beliau yaitu, Drs. Ustadz. Zaenal Arifin, Jl.Manunggal 17 Rt. 04 Rw. 011. Kel. Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
 
IV.             Gambaran Tokoh
     
 
      Pada penelitian ini saya mewawancarai, salah satu tokoh masyarakat, yang dimana ia aktif dalam lingkungannya sebagai guru ngaji, dimana ia mengajarkan ngaji pada anak-anak, orang dewasa, selain sebagai guru ngaji beliau juga bekerja sebagai penasihat pasien di sebuah rumah sakit.
 
 
V.                Analisa
     
 
      Kesimpulan yang saya dapat ambil dari wawancara tersebut. Saat beliau mengajarkan kepada anak remaja, yang pertama beliau melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada anak remaja tersebut, beliau saat hari liburnya menghampiri remaja yang sedang berkumpul.
     
      Hal yang beliau lakukan adalah menanyakan tentang keadaan pendidikan sekolah kepada anak remaja tersebut, setelah itu beliau mengajak kepada tersebut untuk melakukan shalat berjama'ah ke Masjid terdekat ketika waktunya shalat tiba.
    
      Hal tersebut beliau lakukan agar para remaja tersebut selalu ingat akan shalat bagi yang beragama muslim, setelah hal itu sering dilakukan beliau mengajak kepada anak remaja tersebut untuk belajar mengaji dirumahnya secara gratis tidak di pungut biaya apapun, beliau mengajar setiap dua kali dalam seminggu.
 
      Dalam metode pengajaran yang beliau lakukan, bukan hanya mengajarkan membaca Al-Qur'an saja, tetapi mengajarkan juga bagaimana isi kandungan yang ada di dalam Al-Qur'an, dan beliau juga mengajarkan bagaimana cara berkelakuan yang baik, baik itu berkelakuan baik kepada orang tua, kepada teman yang lebih tua atau yang sebayanya dan mengajarkan untuk berkelakuan baik kepada lingkungan disekitarnya.  Beliau bukan hanya mengajarkan ngaji kepada anak-anak dan remaja, tetapi beliau juga mengajarkan ngaji kepada orang dewasa.
 
      Di dalam lingkungannya beliau sangat hormati, karena peran beliau dalam membentuk Akhlak yang baik kepada para anak-anak dan remaja dilingkungannya. Dan beliau sudah menunjukan perannya sebagai ulama dalam membentuk Akhlak yang baik kepada anak-anak dan remaja.
 
 
     
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini