Selasa, 11 Desember 2012

laporan 2/ gilang sakti /KPI 1E

MENELITI SEBUAH PARTAI POLITIK DALAM MENGINMPLEMENTASIKAN NILAI KE-AGAMAAN DI DALAMNYA

 

Gilang Sakti Perdana
1112051000161
KPI  1E

 

I.        Latar Belakang

Dalam sebuah kenegaraan, partai politik memiliki banyak peran dalam memajukan sebuah negara karena sifatnya yang nasionalis. Tak hanya itu, setiap partai politik memiliki banyak program kerakyatan yang bertujuan mewujudkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kemajuan suatu negara. Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki memiliki banyak partai-partai politik (multipartai), karena negara tersebut yang bersifat demokrasi, dan berakar sosial kolektivitas. Dimana setiap penetapan-penetapan dan pembentukan-pembentukan hukum dan lain-lainnya selalu dilakukan secara demokrasi, mufakkat dan musyawarah.

Di negara kesatuan Indonesia, partai-partai politik banyak berdiri dengan berbagai asas dan tujuan tertentu. Dimana beberapa partai-partai memiliki visi dan misi tertentu yang mungkin berbeda dan tidak sama dari satu partai dengan partai yang lain. PAN contohnya, PAN merupakan partai politik yang sangat menarik untuk diteliti. Karena PAN sendiri merupakan sebuah partai yang bersifat nasionalis dan agamis, yang selalu menjadikan landasan Agama dan etika moralitas Agama dalam segala bentuk kinerjanya, PAN juga merupakan partai terbuka untuk segala golongan yang tidak membeda-bedakan etnis, Agama dan segala bentuk corak kebudayaan. Terlihat dari Anggota-anggota parpol PAN sendiri yang terdiri dari berbagai Agama yang ada di Indonesia khusunya.

Penelitian ini dilakukan guna menelusuri dan mengetahui sisi dan seluk beluk partai yang sangat menarik ini. Yang mungkin menarik sekali untuk ditelaah bagaimana visi dan misi, tujuan dan di dasari oleh apa terbentuknya sebuah partai politik yang menjadi topik inti penelitian ini serta melihat seberapa besar sebuah partai politik yang juga bersifat nasionalis ini, mengimplementasikan Agama dalam kinerja partai.

 

 

II.     Pertanyaan Pokok

1.    Apa landasan utama berdirinya Partai Amanat Nasional? Dan seberapa besar implementasi Agama dalam setiap kienerja PAN?

Pertanyaan ini di ajukan guna mencari tau apa landasan utama PAN dalam pembentukannya, serta menegetahui seberapa penting unsur Agama dalam tubuh PAN. Jika, PAN berdiri berlandasan Agama, maka pertanyaan ini juga membantu penelitian untuk mengetahui seberaba besar partai politik PAN dalam mengimplementasikan Agama.

2.    Bagaimana PAN menanggapi berbagai perbedaan yang ada di tubuh PAN  dari sisi agama? Dan corak apa yang membedakan PAN dengan partai politik lain di Indonesia?

Karena PAN adalah partai terbuka ,maka banyaklah perbedaan yang ada di dalam tubuh PAN sendiri. Dan pertanyaan ini di ajukan untuk mengulas bagaimana cara PAN dalam menanggapi perbedaan-perbedaan dalam tubuhnya yang dimana perbedaanya terletak dari ke-Agamaan. Karena dilihat dari segi keanggotaan, para anggota PAN terdiri dari berbagai Agama. Dan permasalahan perbedaan agama inilah yang benar-benar menjadi topik hangat penelitian PAN ini.

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak parta-partai politik, dan semua partai tentu memiliki landasan dan asas tersendiri yang membedakan partai satu, dengan partai yang lannya. Maka pertanyaan yang selanjutnya di atas, di ajukan guna melihat corak apa saja yang membedakan partai PAN dengan partai politik lain.

 

III.     Metodelogi Penelitian

A.     Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada sebuah partai politik PAN (Partai Amanat Nasional). Dan objek penelitian tersebut adalah untuk meneliti bagaimana pemahaman serta pengimplementasian partai politik ini terhadap nilai ke-Agamaan dalam setiap kinerja, program, dan agenda-agendanya. Waktu yang dipilih untuk penelitian ini, pada tanggal 11 november 2012 di Hotel Royal Kuningan yang bertepatan pada RAKERNAS Partai Amanat Nasional. Yang dihadiri oleh 1000 anggota dan lebih dari 34 pimpinan DPW dan DPP BM PAN, pak Amin Rais dan pak Hatta Rajasa yang akan maju pada pemilihan umum presiden RI pada tahun 2014 pun ikut hadir pada acara RAKERNAS tersebut.

B.     Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriprtif guna mendapatkan informasi yang lebih detil dari partai politik itu sendiri.

Jenis penelitian itu sendiri merupakan jenis penelitian yang mempergunakan data yang dinyatakan alami dan kualifikasinya bersifat teoritis. Dan sebagai bukti untuk menguji kebenaran atau tidak benaran hipotesis, penelitian ini tidak diolah melalui perhitungan matematik yang mempergunakan rumusan statistik,pengolahan data dilakukan secara rasional dengan mempergunakan pola berfikir tertentu menurut logika.

Namun pengertian lain mengenai pengertian kualitatif yaitu sebagai produser penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang memiliki andil dalam suatu susunan partai politik ini sendiri. Dan dapat disimpulkan metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang memberikan data deskriptif, baik lisan maupun tulisan dari sebuah partai politik tersebut.

 

 

IV.     Gambaran Tokoh

Narasumber atas penelitian yang di lakukan ialah Bapak mudzakir boufen S.p yang menjabat sebagai ketua DPW BM PAN bagi wilayaah manado sulawesi utara. Serta menjabat di DPD PAN sebagai wakil ketua DPD partai PAN . Sebelum Lulus dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di manado dengan gelar sarjana tekhnik pertanian, ia juga aktiv di organisai kemahasiswaan di kampusnya, yaitu HMI. Aktif di Partai Amanat Nasional sejak berdirinya Partai, kapasitas ke ilmuwan dan pengalamanya di dunia politik, terbilang mumupuni. Tak hanya itu, beliau juga berperan dalam pembentukan Partai Amanat Nasional dan pembentukan organisasi masyarakat yang nasionalis, BM PAN. Yang keduanya berdiri secara bersamaan pada tahun 1998. Tak diragukan lagi bagaimana kapisitas seorang pak Mudzakir yang telah malang melintang di dunia politik. Selain aktiv dalam keorganisasian partai, beliau juga masih aktiv bekerja dalam sebuah perusahaan swasta di daerahnya.

V.     Analisis

PAN adalah sebuah partai politik yang berdiri bertepatan setelah reformasi Indonesia pada tahun 1998, sama persis dengan berdirinya sebuah ormas BM PAN sendiri yang aplisiasi komisinya berjalan bersamaan dengan partai. Kedua unsur partai dan ormas ini, sama-sama berperan penting dalam keorganisasian partai PAN sendiri, yang secara spesifik BM PAN memiliki peran yang sangat berpengaruh. Karena BM PAN sendiri adalah sebuah organisasi yang mengkoordinasi kemajuan  partai dan menjadi suatu lembaga pendidikan dalam pengkaderisaisi kader-kader PAN. Tak hanya BM PAN, Partai Amanat Nasional sendiri pun selalu berupaya mengadakan pendidikan serta pelatihan kader dalam pengkaderisasian partai. Semua kinerja kedua organisasi ini selalu berjalan dengan terkoordinir, rapih dan kondusif  mulai dari latihan kaderah madya, pascya hingga pelatihan pusat partai. Sebagai partai kader, semua kader harus mengetahui bagaimna partai ini, dan memahami platform partai tersebut. Semua dilakukan guna mendapatkan strukturisasi yang jelas serta menggali potensi-potensi kader PAN yang akan melanjutkan estafet perjuangan partai menuju kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. "kader Partai di DPR  khususnya kader PAN, bukan hanya untuk diam dan hanya mendengar. Tapi kader PAN harus dapat membberikan yang terbaik yang dapat diberikan. Terutama dalam mengawal agenda-agenda reformasi. Salahsatunya menagatsi permaslahan korupsi yang hingga kini belum terselesaikan." Lanjut pak Mudzakir.

Berbicara tentang asas partai, PAN merupakan partai yang bersifat nasionalis yang agamis. Karena segala aktivitas PAN selalu berdasarkan etika moralitas berbagai agama, sehingga PAN dinyatakan sebagai partai terbuka. Kalaupun dapat dibilangg induk berdirinya dari muhammadiyah, itu semua memang tidak dapat dipungkiri karena PAN memang partai muhammadiyah. Tetapi sesungguhnya, ketika PAN lahir, PAN berasaskan asas agama islam yang bersifat nasionalis, sebagai partai terbuka berdasarkan lingkungan dan berdasarkan etika moralitas berbagai agama. Dan tujuan berdirinya PAN sendiri ialah sebagai partai reformis untuk mensejahterakan rakyat indonesia, mengeluarkan rakyat indoneisa dari penderitaan dan kemiskinan, serta menegakan demokrasi yang sesungguhnya.

Terwujudnya partai PAN sebagai sebuah partai politik, menjadikan PAN sebgai sebuah partai politik terdepan dalam mewujudkan masyarakat madani yang adil dan makmur, serta guna mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih di dalam negara indonesia yang demokratis dan berdaulat.

PAN dapat terbilang sebuah partai yang sangat hebat, walaupun para anggota partai tidak semua beragama islam dan terdiri dari berbagai agama yang di anut. Tidak terlihat ada perselisihan atau paham benar sendiri secara agamis dalam tubuh PAN. Contohnya, walaupun induk berdirinya PAN adalah muhammadiyah dan secara mayoritas anggota PAN beragama islam, masih banyak para anggota PAN yang memiliki jabatan-jabatan penting dalam struktur keorganisasian partai. Karena PAN sendiri bukan hanya didirikan oleh pak Amin Rais, tapi masih ada banyak tokoh agama lain yang ikut dalam terbentuknya PAN, karena PAN berdiri untuk menggagas beridirinya agama dan nasional. Dari beberapa program PAN yang bersifat agamis, partai PAN sangat peka dan tidak hanya pada agama islam melainkan hindu, budha, dan nasrani pun PAN masih peka terhadap program-program agamisnya. Maka dapat disimpulkan, bahwa di dalam tubuh PAN tidak terdapat perselisihan secara agama, meskipun para anggota PAN menganut agama yang berbeda.

Semua keputusan-keputusan penting dalam PAN tidak pernah ditentukan oleh ketua umum, yang bersifat instruksi. Tapi semua keputusan-keputusan penting dalam tubuh PAN selalu di ambil secara instruksi. Karena menurut partai politik PAN, semua keputusan kan menjadi sangat arif dan bijaksana jika di ambil secara musyawarah mufakkat yang kan menjadi keputusan besar yang tidak bersifat ortoriter. Mungkin ini menjadi salah satu corak pembeda partai politik PAN dengan partai-partai poitik lain yang telah berdiri di indonesia.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini