Minggu, 09 Desember 2012

Devi Yuliana_Jurnalistik 1A_Laporan 5 sosiologi_BENTUK KEPEMIMPINAN YANG BERPENGARUH DALAM MASYARAKAT

Nama     : Devi Yuliana
NIM      : 1112051100016

BENTUK KEPEMIMPINAN YANG BERPENGARUH DALAM MASYARAKAT
 
       I.            LATAR BELAKANG
 
            Tokoh masyarakat yang sangat berpengaruh pada ketertiban dan peraturan pada masyarakat bukan lain adalah seorang pemimpin dalam masyarakat. Mengatur masyarakat yang sedemkian banyak dan plural dibutuhkan pemimpin yang bijaksana dalam mengambil keputusan dan selalu bermusyawarah dalam mufakat demi mencapai kepentingan bersama. Pengaruh dalam masyarakat bagi seorang pemimpin sangatlah penting karena kedudukan seorang pemimpin tergantung para masyarakat itu sendiri, selain itu kepercayaan yang di berikan oleh masyarakat amatlah berpengaruh besar dalam mewujudkan berbagai rencana yang akan diprogramkan para pemimpin.
            Kepemimpinan di indonesia jelas umumnya adalah demokrasi, sesuai dengan kepemimpinan sudah di anut sejak jaman sejarah dahulu. Sebab jelaslah sudah pola kepemimpinan ini sangat cocok bagi bangsa timur seperti indonesia ini. Sebagai masyarakat yang majemuk ini, demokrasi adalah bentuk kepemimpinan yang mungkin dapat membawa kedamaian untuk budaya yang beraneka ragam. Setiap pemimpin mempunyai alasan masing-masing yang membentuk struktur kepemimpinan yang ideal.
 
 
    II.            PERTANYAAN POKOK
 
1)      Bagaimana bentuk kepemimpinan dan pengaruhnya dalam masyarakat ?
 
 
 III.            METODE PENELITIAN
 
Metode Penelitian       : Kualitatif
Tempat Penelitian        : Kediaman Nasun Bahrudin selaku ketua RW 007
Waktu Pelaksanaan     : 09.00 – 10.30
Narasumber                 : Ketua RW 007 Nasun Bahrudin
 
 
 IV.            GAMBARAN OBJEK PENELITIAN
 
            Ketua Rukun Warga 007 didaerah bilangan cibubur kecamatan ciracas kelurahan kelapa dua wetan yaitu Bapak Nasun Bahrudin. Beliau sebagai ketua rukun warga dalam masa jabatannya selama kurun waktu 5 tahun sejak tahun 2009 hingga 2014 masih sampai sekarang tetap menjalankan aktivitasnya selaku ketua rukun warga. Ia dipilih oleh warga karna dipercaya sebagai seorang yang amanah, bijaksana, dan ramah dengan warganya, beliau juga sudah sangat lama bertempat tinggal di rw 007 itu sendiri , sebelum berkeluarga pun ia sudah menjadi warga yang selama cacatan hidupnya baik.
            Ia mengemban tugas jabatannya ini dengan sangat telaten agar tidak menimbulkan image yang kurang dari masyarakatnya. Kini usianya sudah 48 tahun mempunyai anak 3 orang anak yang masih sekolah. kesuksesannnya sebagai ketua rw pun tidak luput dari dukungan warganya yang setia mensuport demi terciptanya kesejahteraan masyarakat.
 
 
    V.            HASIL ANALISIS
 
            Bentuk kepemimpinan dari Bapak Nasun Bahrudin selaku ketua rw 007 dibilangan cibubur kelurahan kelapa dua wetan ialah demokrasi sesuai budaya indonesia sebagai negara yang demokratisterbukti insyaallah, dapat mewujudkan ketentraman masyarakat. Sebagai contoh seperti dalam mengambil suatu keputusan budaya negara kita adalah musyawarah mufakat untuk mengambil keputusan dengan shahih dengan keputusan bersama, hasilnya pun adalah kesepakatan yang diambil menciptakan kedamaian bagi warganya.
            Kalau dilihat dari sudut pandang masyarakatnya ialah bahwa masyarakat kita kaya akan budaya, dan pasti mindsetmya pun berbeda-beda yang satu dengan yang lain. Dengan demokrasi kemajemukan ini akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakatnya itu artinya para masyarakatnya pun mendukung bentuk kepemimpinan ini yang demokratis.
            Pengaruh besar pun dapat dirasakan oleh masyarakat, saling mendukung juga, kalau-kalau pun ada yang tidak berkenaan pasti karena perbedaan pendapat maka dari itu pola kepemimpinan demokrasi sangatlah penting bagi masyarakat plural, dan selalu berjalan sesuai aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini