Minggu, 09 Desember 2012

LAP.LAPANGAN 2 M.HIDAYATUL MUNIR KPI 1E

LAPORAN LAPANGAN 2
                                          TOKOH PERUBAH KEHIDUPAN SOSIAL
(BOMBER)
Nama:M.Hidayatul Munir
NIM : 1112051000131
 
I.) Latar Belakang
               Perubahan sosial dapat dibayangkan sebagai perubahan yang terjadi di dalam atau mencakup sistem sosial. Lebih tepatnya, terdapat perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam jangka waktu berlainan. Berbicara tentang perubahan, kita membayangkan sesuatu yang terjadi setelah jangka waktu tertentu; kita berurusan dengan perbedaan keadaan yang diamati antara sebelum dan sesudah jangka waktu tertentu. Perubahan sosial adalah setiap perubahan yang tak terulang dari sistem sosial sebagai satu kesatuan
            Dalam hal ini perubahan social tentang Grafiti,yaitu coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu.Dan definisi Grafiti juga berasal dari bahasa latin yaitu Graphium yang artinya menulis.Pada Grafiti menyebabkan objek yang sering muncul berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami kelompok tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.Bahkan juga graffiti dalam menuangkan objek coret-coretnya selalu di tembok.
             Karena dalam masyarakat adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat kelompok tertentu untuk menuangakan ekspresi seninya. Akibatnya sebagian individu menuangkan ekspresinya di objek dinding sebagai media untuk corat-coret.Meskipun kebanyakan masyarakat menolak hal itu karena merusak suatu pemandangan dan tidak enak dilihat.
         Pada Grafiitipun ada yang namanya gank graffiti yaitu sebagai tanda daerah kekuasaan dalam gank itu,sebagai gank gabungan dan kumpulnya para anggota gank.
        Adapun grafiti sebagai ketenaran seseorang atau kelompok,agar masyarakat tahu dan kenal kelompok tersebut.Dan juga grafiiti ini memerlukan tagging atau tanda tangan pembuat graffiti ayau bombernya sebagai tanggung jawabnya atas yang ia buat.
 
              
II.) Pertanyaan Pokok Penelitian
      1.Bagaimana hubungan anda dengan  masyarakat selaku anda menekuni kegiatan grafiiti?
 
III.) Metode Penelitian
Metode penelitian: Kualitatif
Lokasi penelitian:Tanggerang Selatan
Waktu penelitian:Sabtu,8 Desember 2012
 
IV.) Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
             
               Saudara Muhammad Mujib dia adalah seorang Bomber,yang berkarya menjadikan coretan menjadi gambar dan seni yang indah.
 
 
 
V.) Analisis
               Dalam perubahan social pun kita harus tahu bahwa masyarakat tidak lepas dari yang namanya usur kebudayaan  semisal adat istiadat di dalam masyarakat daerah setempat.Dan juga kestabilan dalam kesepakatn bersama.
                 Seperti saudara Mujib ini yang dulunya seneng coret-coret di tembok karena ingin menjadikan sesuatu yang unik.Dalam berhubungan dengan masyarakat,banyak masyarakat yang melarang untuk coret-coret karena ada tempat sendiri untuk coret-coret karena ha itu biza merusak.Tapi ada sebagian masyarakat yang mengerti bahwa coret-coret di dinding suatu seni meskipun tidak pada tempatnya.saudara Mujib tida lantas berhenti untuk coret-coret sehingga sekarang ia biza berkarya dengan coretan itu yang berlanjut dalam gambar yang sangat bagus dan menjadi seni lukis yang indah.
            Bahkan saudara Mujib ini pernah Juara I Tingkat Tanggerang selatan pada perayaan hari ant narkoba.Saudara Mujib ini telah merubah social yang jelek menjadi karya yang indah dan menjadikan kita sebagai seorang seniman.Jadi kita jangan pernah meremehkan seseorang yang berkarya karena karya seseorang itu adalah bentuk menuangkan ekspresinya.
Dan juga graffiti mempunyai berbagai fungsi yaitu bahasa rahasia suatu kelompok,sebagai ekspresi ketidakpuasan dalam keadaan social.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini