Minggu, 30 November 2014

Tugas 10_Fadel M. Anugrah

Perkembanan teknologi komunikasi merupakan bagian dari perkembangan manusia itu sendiri, terlebihsaatinimanusia berada pada masa teknologi digital yang memungkinkan manusia melakukan komunikasi tanpa batas. Era digital adalah era dimana komunikasi bukanlah hal yang sulit dilakukan apabila manusia terpisahkan oleh ruang dan waktu, namun pada era canggih ini manusia dapt membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin. Perkembangan teknologi itu sendiri telah membawa manusia pada masa komunikas nirmasa yaitu komunikasi yang dilakukan dengan teknologi terkini.Perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa telah memberikan implikasi tersendiri pada perubahan kehidupan sosial msyarakat, meski demikian manusia tak mungkin dapat dilepaskan dari setiap perkembangan teknologi itu sendiri, namun saat ini seberapa besarkah manfaat dan dampak bagi manusia dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih ini.

Dalam fenomena ini kita harus mengetahui sejarah perkembangan dari setiap teknologi komunikasi, serta dampak sosial yang membuat suatu perubahan dan fenomena sosial yang terjadi akibat perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri, selain itu pada mata kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari teknologi-teknologi komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan. seperti yang kita alami saat ini media social menjadi primadona bagi manusia dalam berekspresi, namun terlepas dari segala kecanggihan itu kecanggihan-kecanggihan teknologi akan selalu terdapat implikasi negatif dari teknologi, oleh karena itu mahasiswa harus mampu menganalisis kebijakan atau regulasi telematika guna menangani kejahatan teknologi. Serta pada akhir mata kuliah mahasiswa diharapkan mampu mebuat blog sebagai sarana pendidikan berbasis web.

Etika memperbaiki masyarakat dengan menekankan pada perbaikan diri dan pengambilan keputusan individu, memperbaiki masyarakat dengan mengurangi kepentingan pribadi kepada keinginan masyarakat dan kooperatif membuat keputusan yang dirancang untuk menghilangkan friksi atau mencari jalan tengah dari sebuah permasalahan. Etika berkembang sejalan dengan perkembangan moral. Ada tiga tahap perkembangan moral: Pertama berdasarkan kepada naluri, kedua berdasarkan pada kebiasaan dan ketiga berdasarkan hati hnurani (tentang apa yang baik dan buruk).

Etika media adalah cabang filsafat yang berusaha untuk membantu para jurnalis dan orang-orang media untuk menentukan bagaimana mereka harus bersikap etis dalam menjalani pekerjaan mereka. Bersikap etis adalah berkaitan dengan bagaimana kita tahu apa yang harus dilakukan, dalam sebuah kebebasan untuk memutuskan sikap atau tindakan di antara berbagai alternatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini