Minggu, 30 November 2014

Tugas 10_savinatunnaja

Savinatun Naja
1112051000120
KPI 5D
Tugas 10

FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI

Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia yang baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis  dunia tanpa batas. Beberapa formula dalam pemberitaan media online yang berbeda dengan media konvensional antara lain: pertama, berita cepat tayang dan bahkan real time karena internet mampu memperpendek jarak antara peristiwa dan berita. Kedua, berita ditayangkan kapan saja, dari mana saja, tanpa memperhitungkan luas halaman dan durasi, karena inernet memang tidak memiliki problem ruang dan waktu dalam mempublikasikan informasi. Ketiga, berita diformat dalam bentuk singkat dan padat karena informasi terus mengalir dan berubah sewaktu-waktu. Namun kelengkapan informasi tetap terjaga karena antara berita yang satu dengan berita yang lain bisa dikaitkan hanya dengan satu klik. Keempat, untuk menjaga kepercayaan pembaca, ralat, update, dan koreksi dilakukan secara periodik dan konsisten.
Berdasarkan fenomena ini berpendapat bahwa sudah menimbulkan satu masalah di dalam nilai-nilai fikosofis komunikasi. Dengan hadirnya internet sebagai alat komunikasi di Indonesia yang berkembang begitu cepat, sehingga suka atau tidak suka kita akan menghadapi dilematis keterbukaan informasi yang sesungguhnya belum tentu menguntungkan masyarakat. Cepat atau lambat akan memperlihatkan efek positif dan negative kepada masyarakat.
Fenomena ini menjadi menarik karena jika dirunut dari akar permasalahannya problematika yang dihadapi oleh situs berita pada prinsipnya adalah bagaimana mengelola isi situs bersangkutan, bukan hanya membangun web portal, lalu tinggal mengembangkannya saja. Banyaknya peristiwa yang terjadi dalam waktu bersamaan, pengutamaan kecepatan waktu penyampaian informasi ruang media online yang terbatas, keterbatasan SDM yang dimiliki, serts karakter teknologi medis yang kompleks.
Sejak tahun 2006, masyarakat Indinesia sudah bisa menikmati layanan audi visual yang lebih canggih dengan teknologi generasi ketiga (3G). 
Etika media masa adalah kesadaran moral mengenai kewajiban-kewajiban media massa dan mengenai penilaian media masa yang baik dan yang buruk. Etika adalah sebuah formasi nilai nilai moral atau prinsip prinsip benar dan salah. Dalam kaitannya dengan jurnalistik, etika merupakan perspektif moral yang diacu dalam mengambil kep6tusan meliput dan pemuatan fakta menjadi berita. Etika terbagi menjadi dua yaitu substantif, wilayah moral personal untuk mendahulukan kepentingan umum daripada kepentjnban pribadi. Operasional, wilayah teknis berupa panduan bagaimana meliput dan memuat sebuah peristiwa. Konsep terkini dari etika jurnalisme adalah mendahulukan pelayanan kemanusiaan lebih besar daripada kehendak pribadi. Jurnalis profesional mempercayaj bahwa tujuan jurnalisme adalah untuk menyajikan kebenaran. Untuk itu, sejumlah prinsip etis harus dipakai seperti akurasi, objektif, netral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini