Minggu, 30 November 2014

TUGAS 8/ Lidya Ismawatie/ KPI 5 C/ 1112051000076

Nama              : Lidya Ismawatie
Nim/Kelas       : 112051000076/ KPI 5-C
 
 
Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi: BBM
 
Perkembangan teknologi informasi sekarang ini telah memasuki babak baru yakni
dunia digital. Blackberry messenger merupakan bagian dari perkembangan teknologi saat ini, yang memudahkan penggunanya untuk memperluas pertemanan. Fenomena Blackberry messenger sudah menjadi kebutuhan bagi para penggunanya untuk menjadi media komunikasi paling efektif antar teman, keluarga. Media komunikasi digunakan manusia untuk mempermudah proses komunikasi yang dilakukan. Mengingat hal tersebut, etika dibutuhkan dalam dunia komunikasi. Dalam proses komunikasi manusia terkadang menggunakan media sebagai alat penyaluran pesan. Seperti yang telah disebutkan di atas, blackberry messenger merupakan satu dari sekian banyak media sosial terpopuler lainya disamping Line, KakaoTalk, dan WeChat, whatssap dan masih banyak lagi
Blackberry messenger adalah sebuah instant messeging, yang memudahkan dan mempercepat komunikasi antar pengguna blackberry, dan fasilitas ini, memang sangat memudahkan para penggunanya dalam berkomunikasi ataupun mengirim pesan.
BBM digunakan masyarakat sebagai alat komunikasi  penyampai pesan untuk mempererat hubungan satu sama lain. Namun blackberry messenger ini tidak serta merta mudah digunakan karena sebelum terhubung dengan orang lain kita harus memiliki perangkat pendukung seperti  handphone, atau gadget lain yang dapat mengakses ke jaringan data suatu provider ataupun wifi. Fenomena bbm kala itu menjadi sangat marak, penggunanya pun ber fariasi mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, karena di dalam BBM telah tersedia fitur-fitur menarik  seperti mengirim gambar, video, suara ataupun file lainya sehingga menarik perhatian berbagai kalangan dalam berkomunikasi. Dengan hadirnya BBM sebagai alat komunikasi yang berkembang begitu cepat, sehingga suka atau tidak suka kita akan menghadapi dilematis keterbukaan informasi yang sesungguhnya yang belum tentu menguntungkan  dan tentu dapat menimbulkan efek positif ataupun negative.
  Dalam kajian etika komunikasi,  etika komunikasi diartikan sebagai  seperangkat norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat. Etika komunikasi mencoba menggabungkan standar etis yang digunakan oleh komunikator dan komunikan.. Dalam melakukan komunikasi antar sesame pengguna media sosial, biasanya kita melupakan etika dalam berkomunikasi. Sangat banyak kita temukan unsur negative antar sesamapengguna BBM seperti menggunakan BBM untuk berbisnis obat-obatan terlarang, mengirim konten yang berbau pornografi dan masih banyak lagi , baik itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Sebaiknya dalam melakukan komunikasi kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak melanggar norma dan aturan yang berlaku . Etika komunikasi akan mempelajari filosofi moral, menerangkan bagaimana keteraturan, mengetahui tentang apa yang baik dan salah sesuai dengan yang diberikan oleh konteks kebudayaan. Pada intinya media komunikasi jangan hanya terfokus untuk melakukan suatu pembaruan yang segar dalam menciptakan aneka ragam penyampai pesan instan, namun dalam melakukanya haruslah di selaraskan dengan kode etik komunikasi yang telah diatur. Dengan meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam mengoprasikan media penyampai pesan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini