Senin, 11 Mei 2015

sarah fauziah audina_PMI 4_tugas ke 5_Tipologi Budaya Bisnis Masyarakat

Tipologi Budaya Bisnis Masyarakat
Budaya  adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia[1]

Pengertian Bisnis menurut Musselman adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup.

Sedangkan menurut Hooper, Pengertian Bisnis ialah keseluruhan yang lengkap pada berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara menyeluruh.[2]

Contoh Kasus Saat ini :
Bisnis Online Melalui Internet dan Media Sosial
Perkembangan informasi dan teknologi ini sangat menguntungkan terutama bagi dunia bisnis. Aktivitas-aktivitas bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Banyak perusahaan yang melakukan komputerisasi agar kegiatan bisnisnya menjadi lebih efisien. Tidak hanya pada perusahaan, fenomena gadget saat ini juga melanda masyarakat di berbagai lapisan sosial. Penggunaan komputer, smartphone, dan gadget lainnya saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Masuknya jaringan internet menambah arti penting komputer bagi perusahaan dan masyarakat.
            Di Indonesia sendiri, internet mulai masuk pada awal tahun 1990-an. Hingga saat ini, menurut data Internet World Stats, pengguna internet di Indonesia sampai akhir tahun 2008 adalah sebanyak 10,5% dari populasi penduduk Indonesia, yang berjumlah sekitar 237,512,355 jiwa.[3] Pemanfaatan internet ini, pada masa sekarang khususnya, sangat membantu masyarakat baik dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, maupun dalam melakukan aktivitas bisnis. Dalam kegiatan sehari-hari contohnya, banyak masyarakat yang memanfaatkan surat kabar elektronik yang dapat diakses secara online.
            Internet dapat juga dimanfaatkan sebagai alat untuk mencari penghasilan. Ini merupakan salah satu metode baru dalam berbisnis, dimana kegiatan bisnis yang dilakukan di sini memanfaatkan internet (terutama blog, website, BBM, WA, Lene) dan media sosial sebagai medianya. Ini merupakan satu peluang bisnis yang baru yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Tipe-tipe bisnis online yang ada sekarang pun bermacam-macam. Ada yang memanfaatkan fasilitas pemasangan iklan dalam website, ada yang melakukan kegiatan marketing melalui sebuah website, dan lain-lain.
            Dengan berbisnis online seperti ini mempermudah mereka untuk melakukan bisnis. Sekarang tidak hanya para pekerja kantoran yang berbisnis, tetapi ibu rumah tangga pun saat ini ikut melakukan bisnis online. Para remaja yang berkuliah juga mencari tambahan uang jajan melalui bisnis online saat ini yang menjamur di indonesia.
            Bisnis online seperti ini menggeser tipe bisnis tradisional, dimana tipe bisnis tradisional mempunyai keterbatasan lingkup interaksi antara pembeli dan penjual. Dengan adanya bisnis online seperti ini, keterbatasan dari tipe bisnis internasional tersebut dapat diatasi. Sehingga dengan adanya kemudahan-kemudahan seperti ini, bisnis online semakin diminati dimasyarakat. Peluang bagi para pebisnis juga semakin besar dalam mendapatkan keuntungan karena adanya pemanfaatan internet dalam bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini