Senin, 11 Mei 2015

tugas TOR Nurlaila dan Bungawati

Nurlaila (1112054000027)
Bungawati  ( 112054000032 )
TOR (TERM OF REFERENCES)
KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN MATA KULIAH EKOLOGI MANUSIA
MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Penanggung Jawab Kegiatan          : 1. Dr. Tantan Hermansyah, M.Si
                                                              2. Muhtadi, M.Si
Pemandu                                            : Mang Asep Kabayan
Pembentukan Model Jaringan Irigasi Terhadap Masyarakat Jati Gede

A.    Latar Belakang
Pembangunan pada hakikatnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang dalam pelaksanaannya selalu melibatkan lingkungan baik lingkungan fisik maupun sosial. Artinya bahwa pendekatan terhadap hakikat pembangunan bersifat perpaduan antara segi ekonomi dan segi sosial. Dari segi fisik, pembangunan melibatkan sumber daya lahan yang menuju tumpuan hidup penduduk, dan dari segi sosial, bahwa pembangunan melibatkan penduduk sebagai tenaga kerja maupun objek penerima dampak seperti harus berpindah tempat kerena tergusur.

Pembangunan bendungan tidak terlepas dari permasalahan sosial. Masalah ganti rugi lahan, hilangnya mata pencaharian masyarakat tidak dapat dihindari dalam proses pembangunan waduk. Masyarakat yang terkena dampak pembangunan waduk semakin berani dalam mengekspresikan sikapnya terhadap lingkungan hidupnya, pembangunan dan terhadap kehidupan budaya ekonominya, akibatnya betapa besar kerugian yang harus ditanggung karena proyek megalami hambatan.
Timbulnya permasalahan ini terjadi karena adanya gap atau kesenjangan antara harapan pemerintah dengan harapan berbagai pihak atau masyarakat. berbagai bendungan yang telah diresmikan dan akan dibangun ternyata masih menyisakan berbagai permaslahan yang belum terselesaikan secara tuntas. Hal ini terjadi pada proyek pembangunan Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang.
B.     Lokasi Penelitian
Kabuyutan Cipaku dan Laboratorium Kebumian Jatigede yang berlokasi di Kabupaten   Sumedang, Bendungan Jatigede.
 C.    Tujuan Penelitian
1.      Memperoleh informasi autentik yang akurat mengenai permasalahan eksisting yang dihadapi masyarakat terkena dampak pembangunan waduk Jatigede.
2.      Memperoleh informasi autentik yang akurat mengenai potensi yang dimiliki masyarakat, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia, yang dapat dikembangkan untuk mengantisipasi dan mengatasi permaslahan eksisting yang dihadapi masyarakat terkena dampak pembangunan waduk Jatigede.
3.      Memberi kontribusi pemikiran berbasis riset bagi pemangku kepentingan dalam menentukan kebijakan pendamping bagi masyarakat terkena dampak pembangunan masa transisi pengalihan mata pencaharian.
D.    Metode Penelitian
        Dalam penyusunan tour ini, penyusunan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan keterangan
1.      Metode Pengumpulan Data
2.      Wawancara (interview)
E.     Pertanyaan penelitian
1.      Bagaimana kondisi eksisting masyarakat terkena dampak dilihat dari mata pencahariannya?
2.      Permasalahan ekonomi apa saja yang dihadapi masyarakat khususnya yang terkena dampak dari pembangunan Jatigede?
3.      Potensi sumberdaya apa saja yang terdapat ditempat relokasi penduduk termasuk potensi SDA dan SDM penduduk yang dapat didorong dalam rangka pemenuhan mata pencaharian baru bagi masayarakat?
4.      Kebutuhan apa saja yang benar-benar diperlukan masyarakat di tempat baru setelah proses ganti untung dituntaskan, baik untuk kebutuhan jangka pendek, jangka menengah sampai jangka panjang?
5.      Bagaimana cara mengatasi permaslahan alih matapencaharian agar dapat mengurangi dampak sosial yang ditimbulkan akibat adanya pembangunan waduk?

F. Tahapan Kegiatan.
Tahapan praktikum ekologi manusia
Uraian kompentisi
Tahapan Awal
Mendekati masyarakat jati gede melalui proses berkenalan terlebih dahulu, bersosialisasi dan saling bersolidaritas. Dan harus tau apa saja nilai-nilai yang ada dijati gede dan masalah-masalah yang telah terjadi atau situs-situs di bendungan jati gede tersebut.
Tahapan kedua
Berwawancara dan Mendata Masyarakat bendungan jati gede. Dan mengumpulkan data-data yang sudah kita dapat dari masyarakat setempat.
Tahapan ketiga
Setelah berwawancara dan mendata terselesaikan, lalu kita Mengumpulkan data-data yang sudah kita dapat dari masyarakat setempat.
Tahapan keempat
Melakukan praktikum-praktikum yang selanjutnya seperti praktikum Management PMI.
Tahapan kelima
Membuat Laporan Tertulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini