Minggu, 07 Juni 2015

TOR SOSPED Desa Cibentang_Azhar Fuadi_PMI 2

Nama        :     Azhar Fuadi

NIM          :     11140540000004

Prodi        :     Pengembangan Masyarakat Islam

 

Infrastruktur Jalan Sebagai Jantung Perekonomian

1.      Dasar Pemikiran

 

Infrasturukur umum yang dibangun pemerintah pusat sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Infrastruktur yang baik sangat diharapkan oleh masyarakat dalam mencari kemudahan untuk beraktifitas setiap hari. Infrastruktur seperti Jalan Raya sangat vital bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Cibentang Kecamatan Ciseeng Bogor Jawa Barat. Jalan Raya digunakan setiap hari untuk kelancaran transportasi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jalan Raya yang dibangun oleh pemerintah pusat di daerah Desa Cibentang banyak yang rusak dan jelek. Jalan Raya yang rusak tersebut dapat mempengaruhi kemunduran prekonomian masyarakat Desa Cibentang. Pemerintah sampai saat ini belum ada tindak lanjut untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut. Jalan Raya yang rusak yang paling merugikan adalah dapat menghilangkan nyawa seseorang. Salah satu Jalan Raya di Desa Cibentang itu menghubungkan dengan sektor Pariwisata Gunung Sindur, Gunung Sindur adalah salah satu destinasi Pariwisata Kota Bogor yang alami karena di Gunung Sindur terdapat pemandian air panas.

 

2.      Metodologi Penelitian

 

a.       Paradigma Penelitian

Peneliti menggunakan cara Paradigma Penelitian Kualitatif. Paradigma Penelitian Kualitatif digunakan untuk menjelaskan apa dan mengapa suatu fenomena terjadi, datanya verbal, interpretatif, multirealitas dan multitafsir, bergantung konteks, dan untuk mengembangkan teori.

 

b.      Metode

Peneliti menggunakan Metode Kualitatif karena menjelaskan apa dan mengapa suatu fenomena terjadi, datanya verbal, interpretatif, multirealitas dan multitafsir, bergantung konteks, dan untuk mengembangkan teori. Dalam penelitian kali ini metode yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu :

1.      Pengumpulan Data

2.      Wawancara (interview)

3.       Dokumentasi

 

c.       Waktu dan Lokasi

Waktu        :          Penelitian akan dilakukan 2 Minggu yang akan datang

Lokasi        :          Desa Cibentang Kecamatan Ciseeng Bogor Jawa Barat

 

3.      Pertanyaan Penelitian

 

1.      Apa fungsi Jalan Raya di Desa Cibentang?

2.      Mengapa Jalan Raya di Desa Cibentang Jelek dan Rusak?

3.      Apa yang dilakukan masyarakat dan pemerintah dengan melihat kondisi Jalan Raya yang rusak?

4.      Apa keuntungan jika Jalan Raya menjadi Baik dan Bagus?

5.      Apa Kerugian Jalan Raya yang Jelek dan Rusak?

 

4.      Tinjauan Teoritis

 

Teori Kontruktivis

Konstruktivis sosial merupakan sebuah teori sosiologi kontemporer yang dicetuskan oleh Peter L.Berger dan Thomas Luckman. Dalam menjelaskan paradigma konstruktivis, realitas sosial merupakan konstruksi sosial yang diciptakan oleh individu. Individu adalah manusia yang bebas yang melakukan hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain. Individu menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikonstruksi berdasarkan kehendaknya. Individu bukanlah korban fakta sosial, namun sebagai media produksi sekaligus reproduksi yang kreatif dalam mengkonstruksi dunia sosialnya.

 

5.      Ruang Lingkup Penelitian

 

1.      Tahap pertama yaitu  mendekati dan bersilaturahim ke masyarakat Desa Cibentang melalui proses berkenalan terlebih dahulu dan bersosialisasi

2.      Tahap kedua yaitu pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang ‎dipakai dalam penelitian kasus ini adalah :

a.       Observasi

b.      Wawancara dengan tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar

c.       Dokumentasi

3.      Tahap ketiga  yaitu  setelah obsevasi selesai dan data-data sudah terkumpul selanjutnya adalah membuat laporan tertulis.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini