Kamis, 15 Oktober 2015

Eka Nurbaeti Ardila_Jurnalistik 1B_Keluarga Besar ku_Tugas4

SOSIOLOGI-KELUARGA BESAR KU

Keluarga besar adalah unit sosial yang terdiri dari keluarga inti dan sanak saudara yang sedarah,seringkali mencakup tiga generasi atau lebih.Terkadang kerabat jauh juga bisa dimasukan dalam anggota keluarga besar.

1.      Asal – Usul Keluarga Besar Ku.

Keluarga besar saya dimulai dari kedua  orang tua  Bapak dan Ibu saya atau nenek dan kakek saya.Bapak dan Ibu ku berasal dari kampung yang berbeda meskipun masih satu kabupaten atau daerah yang sama,Bapak berasal dari kota sedang Ibu dari desa.Mereka bertemu pada saat merantau dijakarta,dan pada akhirnya Bapak saya menikahi Ibu saya dan memiliki 3 anak,termasuk saya yang bernama Eka Nurbaeti Ardila adalah anak pertama berumur 19 tahun,adik pertama saya A.Akbar Rizki Maulana 16 tahun kelas 2 SMA,dan adik saya yang terakhir A.Januar Ismaul Azam yang masih duduk dibangku sekolah dasar kelas 6.Bapak saya dilahirkan dari sepasang suami-Istri yang bernama Bapak Karsa dan Ibu Rumanah,memiliki delapan anak  tetapi anak pertama kakak dari bapak saya meninggal sedangkan bapak saya sendiri yang bernama Bapak Rokhidin anak kedua,yang menjadi anak tertua di keluarga bapak saya.Bapak saya menyelesaikan pendidikan nya di SLTA.Kakek dan Nenek saya dari Bapak adalah seorang petani dan pedagang.

Sedangkan Ibu saya berasal dari desa daerah pegunungan,anak dari pasangan suami-istri yang bernama Bapak Alm. Sadum dan Ibu Saidah,memiliki sebelas anak,dari 11 anak hanya 5 anak yang asih hidup sisanya meninggal.Ibu saya bernama Ibu Susmiyati anak ke 3 dari anak yang masih hidup,memiliki 2 kakak perempuan,1 adik perempuan dan terakhir adik laki-laki.Kakek dari Ibu adalah seorang petani dan pedagang dan menjabat sebagai Rt diDesa beliau tinggal sebelum meninggal dunia,sedangkan Nenek dari Ibu adalah seorang petani yang ulet dan rajin.

Secara garis besar Keluarga Besar saya adalah  seorang petani dan pedagang,baik dari keluarga Bapak dan Ibu saya.

2.      Jaringan Sosial dalam keluarga Besar ku.

Jaringan sosial dalam keluarga besar ku melalui menjaganya tali silaturrahmi antar kerabat,tetangga dan lain nya.

Karena pada dasar nya keluarga besar saya adalah seorang pedagang dan petani,maka disinilah jaringan sosial terjadi,karena berkumpulnya para pedagang yang berbeda-beda,mulai dari asal tempat tinggal,dan yang lain nya.

Jaringan sosial melalui kumpulan/komunitas pengajian ibu-ibu atau pengajian bapak-bapak,melalui pengajian inilah komunikasi antar masyarakat terjadi.

3.      Nilai-Nilai dan Sisitem Budaya yang digunakan dalam keluarga.

Dalam keluarga besar saya sangat menghargai nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya lokal.

Nilai-nilai agama sendiri contohnya seperti,aturan dalam agama shalat 5 waktu,mengaji/membaca al-quran dan lain nnya.Dan dalam nilai atau norma-norma agama pun berkaitan dengan norma sopan santu, contohnya:

 

-          Tidak boleh makan sambil berdiri

-          Selalu menghormati yang lebih tua

-          Dan tidak berkata kasar kepada orang tua

-          Dan masih banyak lagi..

Itulah nilai atau norma dalam agama yang dipergunakan dalam keluarga saya.

Sistem sosial budaya yang digunakan dalam keluarga,meliputi sistem ekonomi,sistem norma sosial seperti menunjukan ada nys kerjasama antar keluarga dan sekitarnya dan menyesuaikan diri dengan alam sekitar,dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini