Rabu, 14 Oktober 2015

keluarga besar nama Dio Ihkamuddin JNR 1b tugas

Keluarga besar
Keluargabesar dalam bahasa inggiris Extended family adalah unit sosial yang terdiri dari keluarga inti dansaudara sedarah, seringkali mencakup tiga generasi  atau lebih.Kerabat jauh juga bias dimasukkan dalam anggota keluarga besar.Sistemkeluargabesarsering, tetapi tidak secara khusus, terjadi di daerah yang kondisi ekonominya membuat sulit bagi keluarga inti untuk mencapai swasembada.Pada daerah tersebut kerjasama diperlukan, baik dari kerabat patrilineal atau kerabat matrilineal.Keluarga besar dapat hidup bersama karena berbagai alasan, seperti untuk membantu membesarkan anak-anak, merawat saudara yang sakit dan membantu masalah keuangan.Terkadang anak-anak dibesarkan oleh kakek dan nenek mereka ketika orang tua biologis mereka telah meninggal atau tidak lagi dapat mengurus mereka.Banyak kakek dan nenek mengambil tanggung jawab utama untuk merawat anak, terutama ketika kedua orang tua bekerja.
Tipekeluargabesar
Terdapattigatipedalamkeluargabesar, yaitu:
  • Keluarga yang terdiridarisatugenerasi
  • Keluarga yang terdiridariduagenerasi
  • Keluarga yang terdiridaritigagenerasi
Ada tiga unsur keluarga besar:
·         Asal-usul
·         Jaringan sosial
·         Nilai dan prinsip pada keluarga besar
Dalam berkeluarga besar khususnya saya sendiri, saya belum tahu atau mengetahui dari mana saya atau disebut asal-usul dalam keluarga besar.maka dari itu sangatlah penting untuk megetahui dari mana kita lahir dari mana asal-usul nenek moyang kita sendiri atau bisa disebut rentetan keturunan.
Dan juga dalam berkeluarga besar juga ada yang nanmanya lingkungan sosial atau bisa disebut jaringan sosial dalam berkeluarga besar.
Dalam berkeluarga besar khususnya dalam bidang budaya, dari mana nenek moyang kita berasal dari jawa,maluku,palembang dan lain-lain. Nah maka dari itu tanyakan dari mana budya kita dan lahirnya budaya kita yang sudah dibangun oleh nenek moyang kita.
Ada juga jaringan sosial keluarga besar dari segi ekonomi, nah dalam segi ekonomi banyak terjadinya perubahan dalam jaringan sosial ekonomi kita sendiri.
 
Kenapa bisa berubah?
Karena tidak selamanya kita menjadikan diri kita atau keluarga besra kita menjadikan keluarga besar miskin ataupun sebaliknya
Keluarga besra pasti mempunya yang namanya prinsip-prinsip atau nilai-nilai yang terkandung dalam kelurga besar, menciptakan nilai-nilai atau prinsip-prinsip dalam keluarga besra sangatlah penting sekali bagi anggota keluarga kita sendiri, agar menjadikan kelurga besra kita sakinah mawadah warohna yang akan menjadikan keluarga kita terkontrol dengan baik dan baik itu juga, bila mana keluarga kita tidak ditanamkan yang namanya nilai-nilai keluarga, jangan berharap keluarga kita menjadi skinah mawadah warohmah.
Ini adalah tiga unsur keluarga besar saya:
·         Asal-usul keluarga besar
Ibu
Siti kholifah binti mudemar bin H.ahmad bin dape bin dapet
Ayah
Ngadiyono bin  ngadisuparno
Yang melahirkan saya dio ihkamuddin atas pasangan ngaditono dan siti kholifah pada enam oktober 1997 di Jakarta.
·         Jaringan sosial
Dalam keluarga besar saya khususnya kalau dilihat dari jaman kejaman nenek moyang saya. Jaringan sosial eknomi saya adalah pedagang yang diamana keluarga besar saya dalam menjalani profsi itu sampai sekarang masih dijalankan walaupun beda dalan segi konteks dalam perdaganganya tersebut.dan sampia sekarang mulai berubah sedikit demi sedikit yang dimana anak-anak nenek atau kakek saya sudah merubah profesinya tersebut ada yang menjadikan karyawan,guru, dan lain-lain.
Kalau dari ayah saya, ayah saya dari jaman ke jaman sama halnya pedagan walaupu dalam segi konteks berbeda, kalau dalam keluarga saya berdagang telur asin dan ternak ikan yang lumayan lebih dalam penghasilanya.
Kalau dalam segi budayanya antara ibu saya dan ayah saya itu sangatlah jauh sekali dalam segi jrak tapi tidak menjauhkan fari segi cinta, kalau ayah saya dair yogyakarta dan ibu saya dari jakarta alias betawi.
 
 
·         Nilai dan prinsip pada kelurga saya
·         Dalam nilai dan prinsip kelurga menanamkan beberapa hal:
1.      Tak boleh merokok
2.      Harus bisa mengaji
3.      Harus menjadi yang terbaik
4.      Tidak boleh pacaran bukan pada waktunya
5.      Harus disiplin
6.      Dan lain-lain
Mungkin itu dari keluarga besar saya dari tiga unsur tesebut yang tertanam dalam diri saya dan menjadikan diri saya bangga.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini