Rabu, 14 Oktober 2015

Aldieny Nurunnisa-KPI 1B-Tugas 5 Keluarga Besarku

KELUARGA BESARKU

A.    Asal Usul

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga besar (Extended Family) adalah keluarga inti ditambah dengan sanak saudara, misalnya : nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi, kakak ipar dan sebagainya.bilateral Antar keluarga yang didasarkan pada hubungan kekerabatan dari pihak ayah dan pihak ibu.Unit keluarga ini sering disebut sebagai 'conguine family' (berdasarkan pertalian darah).

Saya Aldieny Nurunnisa lahir di Jakarta pada tanggal 22 Februari 1998. Saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara, adik yang pertama bernama Aldidan Lufthi El Hafiz kelahiran Jakarta, 13 September 2002 dan adik yang kedua bernama Alviani Zenira Azzahra kelahiran Jakarta, 05 September 2011. Saya dilahirkan dari pernikahan ibu dan ayah saya yaitu Irawati Hambali dan Zaenal Ajid, SH. Ayah saya lahir di Kuningan pada tanggal 19 Juni 1968 dan ayah saya berasal dari daerah Kuningan, Jawa Barat sedangkan ibu saya lahir di Jakarta pada tanggal 02 Juni 1971 dan ibu saya berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat. Kakek dan nenek dari pihak ayah saya bernama Alm.Ondi Suwardi, kakek saya anak ketiga dari 3 bersaudara dan Almh. Hj.Ukat Sugiarti, nenek saya anak kedua dari 4 bersaudara. Kakek saya berasal dari daerah Majalengka sedangkan nenek saya berasal dari daerah Kuningan. Ayah saya anak pertama dari 5 bersaudara, adik pertama ayah saya bernama Drs. Maman Budiman, MM, adik kedua Rosdiana, adik ketiga Yayat Hidayat dan adik yang keempat Tanti Rosanti. Saudara dari bapak saya kebanyakan menetap di daerah Jawa barat seperti Banten, Cirebon dan Kuningan. Kakek dan nenek dari pihak ibu saya bernama Alm. Drs. H. Hambali, kakek saya anak keenam dari 7 bersaudara dan Almh. Hj. Tati Garhati, nenek saya anak kedua dari 5 bersaudara. Kakek dan nenek saya dari pihak ibu berasal dari daerah yang sama yaitu Sukabumi, Jawa Barat. Ibu saya anak keempat dari 5 bersaudara, kakak pertama ibu saya bernama Ir. Iwan Makhwan Hambali, kakak kedua Nina Garthina Hambali, kakak ketiga Drs. Imam Guhanda Hambali dan adik ibu saya bernama Alm.Indra Kurnia Hambali. Saudara ibu saya kebanyakan menetap di daerah Jakarta.

 

 

 



B.     JARINGAN SOSIAL
 
            Jaringan sosial dari pihak ayah saya adalah rata-rata saudara ayah saya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak ada usaha khusus untuk keluarga besar ayah saya, sedangkan dari pihak ibu saya adalah memiliki usaha percetakan yang dibangun sendiri oleh kakek dari pihak ibu saya yaitu Alm. Drs. H. Hambali. Usaha tersebut berdiri sejak tahun 1978 dan dikelola oleh kakek saya sendiri beserta kelima anaknya dan para menantunya serta merekrut beberapa karyawan termasuk ayah dan ibu saya. Tetapi semenjak kepergian kakek saya, pada tahun 2000 karyawan percetakan kakek saya mulai berkurang dan semenjak itu usaha percetakan kakek saya dikelola masing-masing oleh anak dan menantunya.

 

C.     NILAI-NILAI SOSIAL DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA

 

Sosial budaya dan nilai sosial dalam keluarga saya adalah seperti kebanyakan keluarga yang lain yaitu setiap Hari Raya besar seperti Hari Raya Idul Fitri dalam keluarga ibu maupun ayah yang pertama ialah mengadakan Open House keluarga besar dirumah keluarga yang paling dituakan setelah itu H+2 setelah Idul Fitri saya sekeluarga pulang ke kampung halaman ke Sukabumi atau Kuningan. Lalu H+3 setelah Idul Fitri adalah berziarah ke makam kakek dan nenek saya dari pihak ibu maupun ayah. Tradisi budaya yang melekat dalam keluarga dari pihak ibu maupun ayah saya adalah dalam acara keluarga besar atau Family Gathering maupun Open House menggunakan bahasa Sunda agar tradisi budaya dalam keluarga saya tidak hilang walaupun kebanyakan keluarga saya lahir di daerah Jakarta. Dalam keluarga besar saya tidak ada larangan atau perintah khusus yang harus dijauhkan maupun dilaksanakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini