Rabu, 14 Oktober 2015

Pengantar Sosiologi; Keluarga Besar; Tugas 5

Nama : Anwar Kamil Hanif

Jurusan : Jurnalistik 1A

NIM : 11150510000036

Mata Kuliah : Pengantar Sosiologi

 

1)      Asal-usul Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari atas kepala keluarga dan beberapa yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat, di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. (1)

Menurut Salvicon dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan pernikahan , atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satusama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertaruhkan suatu kebudayaan.(2)

Saya Anwar Kamil Hanif anak terakhir dari dua bersaudara di keluarga saya, dan cucu ke 8 dari 13 cucu di keluarga besar saya. Bapak saya Mumun Supriatna anak 4 dari 6 bersaudara (empat laki-laki dan dua perempuan), beliau asli klahiran sunda di Desa Cisarua, Kec. Cineam, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Dan ibu saya N Sopiah anak ke tiga dari empat bersaudara (dua laki-laki dan dua perempuan). Ibu saya kelahiran sunda di Desa Cisarua, Kec. Cineam, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Ayahdan ibu saya kebetukan bertempat di daerah yang sama yaitu di Desa Cisarua. Kakek dan nenek (pihak ayah) telah lama meninggal ketika ayah saya sedang duduk dibangku kelas 5 SD. Dan ibu dari ayah saya meninggal ketika ayah saya sudah menikah dan berpindah tempat ke Kab. Tangerang. Sekarang ayah saya adalah bisadiilang penopang kehidupan saudara-saudara yang memang kurang akan biaya dalam kehidupannya. Karna ayah saya terlihat orang yang begitu sederhana, dermawan akan halnya memabantu sesama untuk orang yang memang sedang membutuhkannya terutama saudara-saudara saya yang semangat sekali untuk bersekolah. Ayah (pihak ibu) telah lama meninggal sekitar 1 tahun yang lalu. Dan ibu (pihak ibu) alhamdulillah masih diberikan umur yang panjang walaupun terkadang memeliki penyakit yang berdatangan, mungkin karna usia yang sudah tua, sekarang beliau di jaga oleh kakak dan adik (ibu saya) serta saudara-saudara terdekat.

2)      Jaringan Sosial

Dalam berkomunikasi, saya dan keluarga biasa menggunakan bahasa indonesia. Adanya komunikasi keluarga saya menerapkan sautu silaturhami kepada setipa saudara-sudara sayang yang berada di beberapa daerah dengan cara melakukan komunikasi dengan telfon genggamnya, karna dengan lahirnya telfon genggam ini bermudahkan untuk menyambung silaturahmi tanpa melibatkan biaya yang besar apabila kami ingim bersilaturahmi. Akan tetapi disaat lebaran kami sepertia biasa berkunjung kerumah nenek (pihal ibu) untuk bersilaturhami serta saudara-saudara kami disana dan menggunakan bahasa sunda ataupun campuran.

3)      Nilai-nilai dan Budaya

Sedidkit saya berbincang-bincang denganorang tua saya, untuk mengetahui tentanng bagaimana pandangan mereka terhadap nilai-nilai dan budaya yang di tanamkan kepada kelaurga kami sejak dulu. Pada dasarnya semua keluarga pasti memiliki nilai-nilai dan budaya yang di terapkan di keluarga saya antara lain :

·         Alm. Kakek (pihak ibu) memberikan pesan bahwasannya kita sebagai manusia harus bisa menjaga silaturahmi terhadap sesama. Dan mengajarkan tentang kehidupan dalam kesederhanaan.

·         Hal yang terpenting dalam keluarga saya adalah memabngung serta meningkatkan nilai-nilai ajaran islam.

·         Keluarga besar saya memberikan suatu pembelajaran terhadap saudara-saudaranya agar memiliki suatu karakter dan sifat yang di tanamkan oleh alm. Kakek saya (pihakibu)

·         Sikap mandiri dansaling menghargai serta menghormati satu sama lain

·         Menolong sesama

·         Rahmah dan sopan santun walaupun masih ada sekat-sekata antar satu sama lain.

Adapun referensi yang saya dapat dari berbagai sumber :

(1)   Baron, R. A dan Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta; Erlangga

(2)   Richard R Clayton. 2003. The Family, Mariage and Social Change.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini