Rabu, 14 Oktober 2015

SinarMegaNuraniPutri_KPI1B_Tugas5

NAMA            : Sinar Mega Nurani Putri

NIM                : 11150510000049

KELAS           : KPI 1B

PENGANTAR SOSIOLOGI TUGAS 5

 

KELUARGA BESARKU

 

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

 

Nama saya Sinar Mega Nurani Putri lahir di Tangerang  10 September  1997 saya anak kedua dari empat bersaudara , saya  terlahir dari seorang ibu bernama Eni Hastuti dan seorang ayah bernama Warjoko, orangtua saya bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan beralamat dipondok cabe ilir. Saya mempunyai keturunan Jawa asli. Keluarga ibu dan ayah saya tinggal berdekatan di  daerah Klaten, Jawa Tengah. Ibu saya anak pertama dan mempunyai  dua orang adik yang berprofesi sebagai bidan desa,dan dari keluarga ibu saya, saya mempunyai  4 orang sepupu, saya adalah cucu ketiga dari keluarga ibu saya. Sedangkan dari keluaga ayah saya mempunyai 3 orang kakak dan 1 orang adik. Saya mempunyai  11 orang sepupu dari keluarga ayah saya.

 

JARINGAN SOSIAL

Dalam berkomunikasi, kami biasa menggunakan bahasa Indonesia. Namun para keluarga besar masih sering menggunakan bahasa Jawa. Kami  sering berkumpul dengan lengkap saat hari raya besar, upacara pernikahan maupun upacara kematian. Keluarga kami sebagian besar berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, pada awalnya ayah saya merantau kejakarta seorang diri dan akhirnya bisa menjadi seperti sekarang ini

 

NILAI-NILAI SOSIAL DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA

Nilai sosial budaya adalah warisan adat istiadat dari leluhur yang dipertahankan hingga menjadi catatan sejarah. Tata nilai sosial budaya dapat diartikan sebagai pola cara berpikir atau aturan-aturan yang mempengaruhi tindakan dan tingkah laku sehari-hari.

Dalam keluarga saya, ada beberapa peraturan yang dari dini dibiasakan untuk dipatuhi, seperti:

- Menggunakan bahasa yang halus dan sopan

- Saling membantu

- Ramah-tamah

- Menjaga nama baik keluarga atau satu sama lain

- Menghormati sesama

- Tidak berkata kasar

- Tidak pulang larut malam

- Tidak bercanda atau tertawa berlebihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini