Rabu, 14 Oktober 2015

Adithya Lesmana_Jurnalistik 1A_Keluarga Besarku_Tugas 5

Nama: Adithya Lesmana
NIM: 11150510000127
Kelas: Jurnalistik I/A
Tugas 5
 
Keluarga Besarku
·         Asal Usul Keluarga
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Nama saya Adithya Lesmana lahir di Jakarta 9 Januari 1998, saya anak dari pasangan suami-istri Lukman Ibrahim dan Nurul Witri. Saya anak ke-1 dari 3 bersaudara. Adek saya yang pertama bernama Gamal Muhamad Nasser berumur 14 tahun, dia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) kelas 3 dan adek saya yang terakhir bernama Vadiyah Arillah berumur 13 tahun, dia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) kelas 2. Saya memiliki kedua orang tua yang berbeda asal usul budayanya, papah saya berasal dari Ambon tepatnya didaerah Tual, papah saya anak ke-6 dari 6 bersaudara. Kakek saya bernama Harun Harbelubun dan nenek saya bernama Siti Arillah tetapi nenek saya sudah meninggal dunia sejak ayah berumur 14 tahun. Sedangkan Ibu saya berasal dari Jakarta Selatan tepatnya di Cempaka Putih (Jaktim), Ibu saya anak ke-5 dari 6 bersaudara, Kakek saya bernama bernama Djojosutarjo dan nenek saya bernama Asiyah, tetapi kakek saya sudah meninggal dunia, karena faktor usia yang sudah lanjut dan penyakit yang di deritanya
 
·         Jaringan Sosial
Jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi,ide,teman,keturunan,ll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpulan dan ikatan. simpul adalah aktor individu didalam jaringan,sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut.bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan,mulai dari keluarga hingga negara,dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,menjalankan organisasi,serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya. dalam jaringan sosial biasanya disebut hubungan sosial. Dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, dirumah saya menggunakan bahasa indonesia. Namun ketika berkumpul bersama keluarga besar bapak dan ibu saya keseringan menggunakan bahasa daerah masing masing. Dari keluarga papah saya rata rata bekerja sebagai kontraktor,wiraswasta ada jga yang menjadi pengacara dan polisi. Tetapi ayah saya sendiri seorang wiraswasta. Dan kalau dari keluarga mamah saya rata rata bekerja sebagai wiraswasta,PNS sedangkan ibu saya bekerja sebagai bidan di klinik Amira.
 
·         Nilai nilai Sosial dan sistem budaya yang  dipergunakan dalam keluarga
Nilai-nilai budaya adalah nilai yang telah disepakati dan dipercayai oleh masyarakat sekitar dan tentunya tidak melanggar aturan agama.dalam keluarga besar saya menerapkan beberapa peraturan yang harus ditaati yang tidak berbeda dengan keluarga lainnya seperti:
·         Menghormati Orang Tua
·         Menghargai orang lain
·         Patuh kepada Orang tua
·         Berkata kata dengan sopan
·         Menjaga silaturahmi
·         Menjaga nama baik keluarga
·         Rajin beribadah
Untuk berkomunikasi kami menggunakan bahasa indonesia,tidak ada tuntutan untuk bisa menggunakan bahasa daerah dari keluarga papah atau mamah saya. Dalam berteman dengan pria atau wanita juga saya memiliki kebebasan,keluarga saya tidak terlalu membatasi  saya dalam berteman, maupun teman saya dari budaya yang berbeda dan agama berbeda.
Untuk memilih pasangan keluarga saya memberi kebebasan dari mana asal budaya pasangan kita,dan hanya satu yang tidak diperbolehkan yaitu memilih pasangan yang berbeda agama ,karena keluarga saya  seorang  muslim jadi harus mencari pasangan yang sesama muslim.
Di keluarga ayah maupun keluarga ibu saya juga memiliki tradisi yang sama,yaitu berkumpul disaat hari raya idul fitri,berkunjung kerumah kakak yang lebih tua,saling bergotong royong dan membantu apabila ada sodara yang ingin melaksanakan hajatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini