Rabu, 14 Oktober 2015

Vina Triani-KPI 1B-Tugas 5 Keluarga Besarku

Asal Usul

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga besar (Extended Family) adalah keluarga inti ditambah dengan sanak saudara, misalnya : nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi, kakak ipar dan sebagainya.bilateral Antar keluarga yang didasarkan pada hubungan kekerabatan dari pihak ayah dan pihak ibu.Unit keluarga ini sering disebut sebagai 'conguine family' (berdasarkan pertalian darah).

Saya Vina Triani lahir di Jakarta 07 februari 1997 saya anak ke-3 dari 3 bersaudara yaitu Sapta Angga Wijaya,Kiki Amelia, saya di lahirkan dari keluarga sederhana oleh Ibu saya bernama Winarsih dan Ayah saya bernama Alam, Ibu saya anak ke-1 dari 5 bersaudara di antaranya yaitu, Lena Sari,Supriyatna,Muklis Maulana,Akbar Ibdillah. Dan Ayah saya anak ke-4  dari 5 bersauadara di antaranya yaitu, Enah,Dasman,Yani,Enja. Nenek dari Ibu saya bernama Nemi Anak ke-1 dari 5 bersaudara di antaranya yaitu,Enung,Arwi,Asni,Amin. Kakek dari Ibu saya bernama Endang Winata Anak ke-4 dari 5 bersaudara di antaranya yaitu,Juki,Mari,Ahmad Rosadi,Junaidi. Kakek dari Ayah saya yaitu yang bernama Wikarta Anak ke-1 dari 6 bersaudara di anataranya yaitu, Tyem,Sumarya,Enah,Sasmita,Mamah. Nenek dari Ayah saya yaitu bernama Ci'oh Anak ke-3 dari 3 bersaudara di antaranya yaitu, Suharja,Suhadma. Sebagian besar Keluarga dari Ibu saya berasal dari Bogor dan tetapi sekarang meratap di daerah Jakarta dan sebagian kecil ada yang meratap di daerah Bogor. Dan keluarga besar dari Ayah saya berasal dari Sumedang dan sebagian besar ada yang meratap di Sumedang sedangkan Ayah saya meratap di Jakarta.

 

Jaringan Sosial                        

Jaringan sosial dari pihak Ibu saya ialah dari 5 bersaudara yang berkerja 3Anak dari Ibu saya,ada yang bekerja sebagai satpam di kantor belum lama berkerjanya dan ada pula yang berkerja sebagai satpam juga tetapi di ruko atau toko sudah lama berkerjanya dan ada juga yang berkerja sebagai teknisi panel listrik sudah lama berkerjanya,dan yang kedua Anaknya sebagai Ibu rumah tangga.

Jaringan sosial dari pihak Ayah saya ialah dari 5 bersaudara yang berkerja 4Anak dari Ayah saya,ada 2 Anak yang berkerja sebagai petani berkerjanya sudah puluhan tahun,dan ada juga yang membuka tokoh di rumahnya sudah puluhan tahun juga membuka tokohnya,dan ada yang berdagang mie ayam berdagangannya sudah puluhan tahun,dan yang 1Anak sebagai Ibu rumah tangga.

 

Tradisi Budaya

Ø  Setiap minggu atau hari libur biasanya keluarga dari Ibu saya berkumpul di kediaman Nenek saya.

Ø  Setiap Hari Raya Idul Fitri Keluarga besar dari Ibu saya berjarah ke makan Kakek dari Ibu saya,dan bersilaturahmi ketempat saudara dari Nenek dan Kakek dari Ibu saya,dan juga berkumpul di kediaman Nenek saya.

Ø  Kalau dari Ayah saya setiap Hari Raya Idul Fitri bersilaturahmi ketempat Kakak dari Ayah saya.

Ø  Setiap Hari Raya Idul Fitri keluarga besar dari Nenek saya pulang kampung ketempat Anaknya yang ke-3 dari 5 bersaudara tempatnya di Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini