Rabu, 14 Oktober 2015

Fahmi Darmawan_KPI 1B_Keluarga Besarku_Tugas 5

I.                   ASAL ASUL

 

      Keluarga adalah sekelompok orang yang hidup bersama dalam perkumpulan unit masyarakat terkecil yang mempunyai hubungan darah, ikatan perkawinan atau ikatan lainya yang saling bergantung antara satu dengan yang lainya. Fungsi adanya keluarga adalah untuk meneruskan keturunan, memberikan identitas anggota keluarga,Meneruskan nilai-nilai budaya keluarga, Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan masih banyak lagi jika dijabarkan penjelasan tentang keluarga ini. Intinya keluarga adalah segalanya untuk kita karena dari keluarga kita dapat membentuk karakter kita sesuai dengan ajaran yang diajarkan dalam keluarga.

 

Horton dan Hurt mendefinisikan Keluarga menjadi lima yaitu :

1.      Suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang yang  sama
2.
      Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah dan perkawinan
3.
      Pasanagan perkawinan  dengan atau tanpa anak 
4.
      Pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak
5.
      Para anggota atau komunitas yang biasanya ingin disebut keluarga.

 

      Mengenai keluarga besar, saya akan memperkenalkan asal usul keluarga besar saya. Saya mempunyai keluarga besar yang mayoritasnya dari keturunan suku betawi.dari pihak ibu saya, saya mempunyai engkong (Kakek) yang bernama alm. H. Ambas dan Enyak (nenek) saya bernama Hj.Sapinah beliau mempunyai 9 anak, ibu saya terlahir sebagai anak ke 5. Sedangkan dari pihak bapak saya beliau terlahir sebagai anak ke2 dari 7 bersaudara  dari Mbah kakung (kakek) saya Madhasan dan enyak (nenek) saya Rofiah. Sedangkan saya terlahir sebagai anak pertama dan satu-satunya dari Ayah saya yang bernama Rasikun dan Mamah saya bernama Jamilah.

      Dalam kesehariannya ayah saya menggunakan prinsip Webber yang sangat erat dengan teori individunya karena ayah saya harus banting tulang karena ekonomi yang tidak stabil saat masih remaja.

 

II.                JARINGAN SOSIAL

 

      Jaringan sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jaringan ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

      Jaringan sosial dikeluarga besar saya sangat beragam ada yang menjadi pengajar ada yang menjadi penjahit ada pula yang menjadi anggota dewan. Dengan beragamnya jaringan sosial yang dimiliki oleh keluarga besar saya ini membuat relasi menjadi luas.

 

III.             NILAI-NILAI DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA

 

Nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh setiap masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Keluraga besar saya, baik dari pihak ayah maupun ibu saya adalah keluarga muslim yang taat. Kami menggunakan dua prinsip dasar sosiologi, yakni prinsip Karl Max yang menekankan pada peran kekuasaan dalam mempertahankan ketertiban dalam masyarakat. Kami saling menghormati dan mengasihi satu sama lain, bertutur kata sopan kepada siapapun, saling membantu, harus tunduk dan patuh pada apa yang dikatakan orangtua, pergi dengan izin orangtua, pulang pada jam yang telah ditentukan, tidak diperbolehkan berhubungan dengan yang bukan muhrim selain hanya berteman dan kami harus bisa membatasi diri, sholat tepat waktu, mengaji setiap ada waktu senggang, mendoakan tetua kami yang sudah meninggal, menziarahi makam-makam sanak saudara setiap kamis sore, sungkem dengan sanak saudara urut dari yang paling tua sampai ke yanhg paling muda saat Idul Fitri, dll.

Namun disisi lain, keluarga saya juga menerapkan prinsip Max Weber yang membebaskan keluarga untuk mengeluarkan pendapat sesuai pemikirannya. Setiap ada waktu senggang, kami berkumpul, kalaupun tidak bisa berkumpul, kami berkomunikas melalui media sosial untuk membicarakan dan berdiskusi tentang banyak hal, kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang menguntungkan bagi tiap pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini