Rabu, 14 Oktober 2015

Rezka Dwi Fitriansyah_KPI 1B_Keluarga Besarku_Tugas 5

Rezka Dwi Fitriansyah

KPI 1B

11150510000050

KELUARGA BESARKU

1.     Asal Usul Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Nama saya Rezka Dwi Fitriansyah lahir di Jakarta 10 Februari 1997, saya anak dari pasangan suami-istri Mundofir dan Holilah.Saya anak ke-2 dari 2 bersaudara.Kakak saya bernama Putri Rizki Amelia berumur 23 tahun,dia sudah menikah dan sudah bekerja. Saya memiliki kedua orang tua yang berbeda asal usul budayanya.Bapak saya berasal dari Jawa Tengah tepatnya didaerah Purwareja,Ayah saya anak ke-9 dari 10 bersaudara dan dia seorang yang memiliki keturunan yang dua duanya berdarah jawa.Kakek saya bernama Takwa dan nenek saya bernama Mar'ati tetapi keduanya sudah meninggal dunia. Sedangkan Ibu saya berasal dari Jakarta Selatan tepatnya di Pondok Pinang, Ibu saya anak ke-2 dari 10 bersaudara dan dia seorang yang memiliki keturunan yang dua duanya berdarah Betawi.Kakek saya bernama bernama Mad'amin dan nenek saya bernama Syaripah sudah meninggal dunia. Karna ibu saya kakak perempuan paling tua,jadi dia di tuakan atau dianggap pengganti ibu oleh adik adiknya.

2.     Jaringan Sosial

Jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi,ide,teman,keturunan,dll. Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpulan dan ikatan. simpul adalah aktor individu didalam jaringan,sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut.bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan,mulai dari keluarga hingga negara,dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,menjalankan organisasi,serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya. dalam jaringan sosial biasanya disebut hubungan sosial. Dalam bersosialisasi dan berkomunikasi,dirumah saya menggunakan bahasa indonesia tetapi sedikit sedikit bercampur bahasa betawi. Namun ketika berkumpul bersama keluarga besar bapak dan ibu saya keseringan menggunakan bahasa daerah masing masing. Dari keluarga ayah saya rata rata bekerja sebagai kontraktor,wiraswasta ada jga yang menjadi Arsitek dan dosen. Tetapi ayah saya sendiri seorang wiraswasta. Dan kalau dari keluarga Ibu saya rata rata bekerja sebagai wiraswasta,sedangkan ibu saya ibu rumah tangga tetapi kadang dipanggil untuk mengajar ngaji,marawis,rebana dan kadang dipanggil untuk menjadi Mc diacara pengajian dan membaca rawi atau sholawat dalam pengajian.

3.     Nilai nilai Sosial dan sistem budaya yang  dipergunakan dalam keluarga

Nilai-nilai budaya adalah nilai yang telah disepakati dan dipercayai oleh masyarakat sekitar dan tentunya tidak melanggar aturan agama.dalam keluarga besar saya menerapkan beberapa peraturan yang harus ditaati yang tidak berbeda dengan keluarga lainnya seperti:

·         Menghormati Orang Tua

·         Menghargai orang lain

·         Patuh kepada Orang tua

·         Berkata kata dengan sopan

·         Menjaga silaturahmi

·         Menjaga nama baik keluarga

·         Rajin beribadah

Untuk berkomunikasi kami menggunakan bahasa indonesia,tidak ada tuntutan untuk bisa menggunakan bahasa daerah dari keluarga bapak atau ibu saya. Dalam berteman dengan pria atau wanita juga saya memiliki kebebasan,keluarga saya tidak terlalu membatasi  saya dalam berteman, maupun teman saya dari budaya yang berbeda dan agama berbeda.

Untuk memilih pasangan keluarga saya memberi kebebasan dari mana asal budaya pasangan kita,dan hanya satu yang tidak diperbolehkan yaitu memilih pasangan yang berbeda agama ,karena keluarga saya  seorang  muslim jadi harus mencari pasangan yang sesama muslim.

Di keluarga ayah maupun keluarga ibu saya juga memiliki tradisi yang sama,yaitu berkumpul disaat hari raya idul fitri,berkunjung kerumah kakak yang lebih tua,saling bergotong royong dan membantu apabila ada sodara yang ingin melaksanakan hajatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini