Rabu, 14 Oktober 2015

Dwike Nuraini_Jurnalistik 1 A_Keluarga Besarku_Tugas 5

Keluarga Besarku
 
1. Asal Usul

Keluarga (bahasa Sanskerta: "kulawarga"; "ras" dan "warga" yang berarti "anggota") adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.

Saya Dwike Nuraini, anak kedua dari dua bersaudara yang kini mencari ilmu di UIN Syarif Hidaytullah Jakarta jurusan jurnalistik. Fitria Nurjanah, nama saudara perempuanku yang kini sedang menyusun skripsi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan psikologi. Bapak saya bernama Yana Mulyana, lahir di Jayapura 2 September 1966. Beliau seorang guru musik di salah satu yayasan daerah Jakarta Timur. Beliau menjadi guru musik sejak tahun 1986, saat itu beliau masih mencari ilmu di UNJ dan wisuda pada tahun 1993. Beliau merupakan anak dari pasangan Karlan Sarjono yang berasal dari Cilacap dan Elis Sukaesih yang berasal dari Bandung. Kakek Karlan meninggal dunia sejak tahun 1999, sedangkan Nenek Elis alhamdulillah sampai sekarang masih diberi umur panjang. Kakek Karlan adalah seorang yang bekerja di pelabuhan, yaitu memberi aba aba bahwa kapal siap diberangkatkan. Sedangkan Nenek Elis hanya seorang ibu rumah tangga. Nenek Elis selalu menemani saat Kakek dinas di luar kota. Bapak saya adalah anak ke enam dari tujuh bersaudara. Kakak pertama dan keduanya sudah meninggal dunia karena kecelakaan. Bapak saya mempunya kembaran yaitu Yani Mulyani. Bibi Yani merupakan lulusan UI jurusan antropologi yang kini bekerja di suatu yayasan bidang penyuluhan kesehatan, seperti HIV AIDS. Beliau sudah melakukan penyuluhan tersebut di berbagai kota maupun negara, yang memang warga di daerah tersebut pergaulannya cukup bebas.

Selanjutnya, nama Ibu saya adalah Euis Nurnaningsi. Beliau lahir di Tasikmalaya, 27 Mei 1969. Ibu adalah anak ke tujuh dari sembilan bersaudara yang merupakan anak dari pasangan Endang Sopandi dan Wanah Wartika yang dua duanya berasal dari Tasikmalaya. Kakek Endang meninggal dunia sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, sedangkan Nenek Wanah meninggal dunia sejak Ibu masih TK. Dahulu Kakek dan Nenek merupakan wirausaha di bidang rumah makan dan kerajinan. Kini pekerjaan tersebut dilanjutkan ke anak-anak dan cucu-cucunya. Ibu sudah mulai bekerja sejak tahun 1988 sebagai pendata, dan sejak tahun 1991 ibu bekerja di koperasi Telkom hingga sekarang.

2. Jaringan Sosial

Jaringan sosial adalah sebuah pola koneksi dalam hubungan sosial individu, kelompok dan berbagai bentuk kolektif lain. Hubungan ini bisa berupa hubungan interpersonal atau bisa juga bersifat ekonomi, politik atau hubungan sosial yang lain.
Biasanya, keluarga besar berkumpul saat liburan panjang. Tetapi kalau saudara yang lokasinya tidak terlalu jauh, rutin setiap bulannya berkumpul. Selain silaturahmi, kadang juga membicarakan tentang bisnis berdagang.
 
3. Nilai-Nilai Sosial dan Sistem Sosial Budaya

Nilai sosial adalah sebuah konsep abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk, indah atau tidak indah, dan benar atau salah. Sistem sosial budaya adalah sebagai totalitas nilai, tata sosial, dan tata laku manusia harus mampu mewujudkan pandangan hidup dan falsafah negara Pancasila ke dalam segala segi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sudah sebagai suatu kewajiban keluarga untuk saling membantu jika keluarganya sedang kesulitan, kecuali masalah keluarga pribadi yang memang termasuk aib. Biasanya keluarga saya di bagi waktu untuk memberi uang jajan nenek nenek. Misalnya bulan pertama jadwalnya Bapak, dan bulan selanjutnya om om dan bibi bibi saya.

Berbicara tentang sosial budaya, rata-rata keluarga berasal dari etnik sunda. Tetapi ada pula yang dari Jawa, dan masih menjunjung tinggi adat istiadat. Kita sebagai keluarga, harus saling menghargai. Tetapi ketika ada hal yang memang menyimpang, harus di tegur dan klarifikasi agar tidak menimbulkan permasalahan baik internal maupun eksternal.

Metode penulisan
·         Menanyakan langsung ke orang tua.
·         Untuk pengertian-pengertian, berasal dari wikipedia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini