Kamis, 17 Maret 2016

ade fauzan_PMI 6_tugas 2_(sisi gelap pertumbuhan)

NAMA           : ADE FAUZAN

NIM                : 1113054000036

PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI)

TUGAS_2_ TEMA_SISI GELAP PERTUMBUHAN

MATA KULIAH_ EKOLOGI MANUSIA

            Pertumbuhan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Pertumbuhan dn perkembangan teknologi memang sangat dibutuhkan dan diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa pada kenyatannya teknologi mendatngkan berbagai efek negatif bagi manusia.

            Teknologi dibuat dan berkembang tujuannnya agar kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Akan tetapi dari pertumbuhan teknologi bisa mengakibatkan diantaranya interaksi manusia akan mati, ketergantungan berlebihan pada teknologi, dan berkembangnya teknologi menyebabkan tingginya angka penyakit, bahan organik akan tergantikan oleh mesin. Sebagai konsekuensi kebudayaan kita telah menjadi sangat terpecah-pecah dan telah mengembangkan teknologi, institusi dan gaya hidup yang benar-benar tidak sehat.

Pertumbuhan teknologi yang berlebihan telah menciptakan suatu lingkungan dimana kehidupan menjadi tidak sehat baik secara fisik maupun secara mental. Seperti udara yang tercemar mengakibatkan polusi, suara yang mengganggu, kemacetan lalu lintas, bahkan pencemaran kimia, bahaya radiasi, dan banyak sumber stress fisik dan psikologis telah menjadi bagian kehidupan sebagian besar dari kita sehari-hari. Selain bahaya-bahaya kesehatan yang dapat kita lihat, dengar, dan cium terdapat pula ancaman-ancaman lain terhadap kesejahteraan kita yang mungkin jauh lebih berbahaya karena mempengaruhi kita dalam skala yang jauh lebih besar. Teknologi manusia telah menganggu proses-proses ekologis yang menopang lingkungan alam kita. Salah satu ancaman yang paling serius yang hampir diabaikan sama sekali hingga akhir-akhir ini adalah air dan udara oleh sampah kimia beracun. Jumlah sampah kimia berbahaya yang sangat banyak ini merupakan akibat dari gabungan pengaruh pertumbuhan teknologi dan ekonomi.

Konsumsi kita yang juga berlebihan dan penekanan kita yang sangat kuat pada teknologi tinggi tidak hanya menciptakan jumlah sampah yang sangat banyak, tetapi juga  memerlukan jumlah sampah yang luar biasa. Energi yang tiak dapat diperbarui, yang berasal dari bahan bakar fosil, menggerakkan sebagian besar proses produksi kita dan dengan menurunnya sumber daya alam itu energi sendiri telah menjadi sumber daya yang langka dan mahal.

Penggunaan minyak yang melebihi kebutuhan telah menimbulkan lalu lintas yang padat dengan tabrakan yang sering terjadi, dimana sejumlah besar minyak tumbuh ke laut. Tumpah-tumpahan minyak ini tidak hanya mencemari sebagian besar pantai, tetapi juga mengganggu secara siklus makanan laut dan oleh karena itu menciptakan bahaya ekologis yang belum banyak di pahami.

Setiap pembicaraan tentang krisis energi harus dimulai dari suatu perspektif yang lebih luas yaitu dengan memperhitungkan akar-akar habisnya energi dan kaitannya dengan masalah-masalah kritis yang dihadapi. Yang kita perlukan justru lebih sedikit energi. Semakin banyak energi tidak akan menyelasaikan masalah-masalah melainkan jstru akan membuatnya menjadi lebih buruk.

Obsesi dengan pertumbuhan ekonomi pun ada sistem nilai yang mendasarinya telah menciptakan suatu lingkungan fisik dan mental dimana kehidupan menjadi sangatlah tidak sehat. Aspek yang paling tragis dari dilema sosial ini adalah kenyataan bahwa bahaya-bahaya kesehatan yang diciptakan oleh sistem ekonomi disebabkan tidak haya oleh proses produksi tetapi juga oleh konsumsi berbagai barang yang dihasilkan dan diiklankan untuk menopang ekspansi. Untuk meningkatkan keuntungan mereka dalam suatu pasar yang lemah, para pengusaha harus menghasilkan barang-barang yang lebih murah dan salah satu caranya untuk melakukannnya adalah dengan menurunkan kualitas produksinya. Untuk memuaskan konsumen, kendati produk itu berkualitas rendah, produsen menghabiskan uang dalam jumlah yang besar untuk membentuk opini konsumen melalui periklanan. Ini telah menjadi bagian yang integral dari ekonomi yang menimbulkan bahaya kesehatan yang serius karena bayak yang dihasilkan dan dijual dengan cara semacam itu mempunai pengaruh langsung pada kesehatan tersebut.

Industri makanan merupakan suatu contoh menonjol bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh kepentingan dagang. Meskipun nutrisi merupakan salah satu pengaruh paling penting pada kesehatan kita, hal ini tidak ditekankan di dalam sistem perawatan kesehatan. Untuk meningkatkan bisnis mereka, pengusaha makanan menambahkan bahan pengawet terhadap makanan untuk meningkatkan kehidupan rakyatnya mereka mengganti makanan organik yang sehat dengan produk-produk sintetis dan mencoba mengatasi kekurangan isi gizinya dengan menambahkan bahan-bahan cita rasa iruan dan bahan-bahan pewarna. Makanan tiruan yang diproses secara berlebihan itu diiklankan dengan gencar pada papan-papan iklan dan di televisi, bersama –sama dengan alkohol dan rokok, dan bahaya kesehatan utama lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini