Kamis, 17 Maret 2016

Vikron Fahreza_ PMI 6_ Tugas 2 Sisi Gelap Kehidupan

Nama : Vikron Fahreza

Jurusan : PMI 6

SISI GELAP KEHIDUPAN

Pandangan dunia a La Descartes yang mekanistik sangat berpengaruh pada semua ilmu pengetahuan dan juga pada cara berpikir barat pada umumnya. Metode mereduksi fenomena yang kompleks menjadi balok-balok bangunan dasar dan metode mencari mekanisme yang digunakan untuk berinteraksi dan metode tersebut telah mendarah daging di dalam kebudayaan kita.

            Suatu pandangan dunia yang terpecah-pecah itu juga merupakan sesuatu hal yang tidak sehat bukanlah sesuatu hal yang mengherankan dilihat dari hubungan kata antara ''Health'' (kesehatan dengan whole (keseluruhan)). Pertumbuhan teknologi yang berlebihan telah menciptakan suatu lingkungan dimana kehidupan menjadi tidak sehat baik secara fisik maupun mental. Udara yang tercemar, suara yang mengganggu, kemacetan lalu lintas, bahan pencemar kimia, bahaya radiasi, dan banyak sumber stress fisik maupun psikologis telah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Bahaya kesehatan bukan hanya akibat dari kemajuan teknologi yang berlebihan.

            Alam sebenarnya baik-baik saja ketika manusia tidak ada ditengah-tengah mereka. Alam sudah memiliki sebuah ekosistem yang sudah demikian hebatnya hasil karya sang maha pencipta gusti Allah nu maha agung. Alam adalah sebuah kekayaan yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Manusia harusnya mengetahui dan mengamalkan bahwa semua yang telah tersedia di alam adalah suatu yang tidak boleh di eksploitasi secara berlebihan tanpa memikirkan ekosistem, akan tetapi kenyataannya banyak manusia-manusia serakah memikirkan kepentingannya saja mengesampingkan pandangan diatas, mereka berfikir alam adalah sebuah kekayaan dan sumber penghasilan bagi kantong pribadi mereka.

            Ketika pola pikir itu sudah tertanam maka bencanalah yang akan terjadi, selain alam yang akan hancur manusia juga akan menemui sebuah permasalahan yang lebih besar, permasalahannya itu ialah, hilangnya dunia yang indah yang penuh dengan segala ekosistem di dalamnya, dan anak cucu mereka akan menikmati buah dari keserakahan yang hanya bersifat sementara, dan keduniawian. Selain itu pula, bahaya-bahaya kesehatan yang dapat kita lihat, dengar, rasakan terdapat pula ancaman-ancaman lain terhadap kesejahteraan kita yang mungkin jauh lebih berbahaya karena dalam skala yang lebih besar, baik alam arti ruang maupun waktu. Teknologi manusia telah banyak mengganggu proses-proses ekologis yang menopang lingkungan alam kita, dan merupakan dasar dari eksistensi kita.

            Sebagai sebuah solusi maka manusia harusnya lebih memperhatikan alam sekitarnya dengan tidak mengeksploitasi secara berlebihan dan tanpa batas, pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dewasa ini, seharusnya menjadi sebuah perkembangan juga bagi sebuah sistem ekologis alam, teknologi yang sangat maju janganlah dijadikan sebagai sebuah killing machine atau mesin pembunuh bagi si alam maupun si manusia itu sendiri seperti judul diatas "sisi gelap pertumbuhan" ada hal-hal gelap (negatif ketika pertumbuhan dan perkembangan itu terjadi akan tetapi setiap sisi gelap itu bisa ditahan laju perkembangannya atau bahkan dihilangkan.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini