Kamis, 17 Maret 2016

Penelitian_Tugas 1

M. Gustaf Maulana_Penelitian_Metodologi Penelitian Dakwah_Tugas 1 

NAMA            : M. GUSTAF MAULANA
NIM                : 1112053000003
JURUSAN      : MANAJEMEN DAKWAH
 
A.     Arti Penelitian
Dalam kamus umum bahasa indonesia, kata penelitian diartikan sebagai pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan;. Jadi, Penelitian adalah tiap usaha untuk mencari pengetahuan (ilmiah) baru menurut prosedur yang sistematisdan terkontrol melalui data empiris (pengalaman), yang artinya dapat beberpa kali diuji dengan hasil yang sama.  Kata "baru" di sini bukan hanya berarti sesuatu yang tadinya sama seklai tidak ada lalu menjadi ada (misalnya penemuan listrik), tetapi juga berarti perbaikan atau perkembangan dari suatu pengetahuan atau ilmu pengetahuan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian itu bersifat objektif.
Dalam hal ini, pengertian atau definisi telah banyak diberikan oleh para ahli. Misalnya definisi penelitian yang diberikan oleh David Penny (Koentjaraningrat dan Emmerson, 1983:265): "penelitian" berarti "berpikir secara sistematis mengenai jenis-jenis persoalan yang untuk pemecahannya diperlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta".[1]
B.      Manfaat Penelitian
1.      Manfaat penelitian untuk peneliti:
·        Untuk menjawab pertanyaan praktis, seperti "Akankah metode A akan meningkatkan kemampuan para siswa dalam menulis?
·        Berusaha mencari dasar pengetahuan tentang hal yang dteliti
2.      Manfaat penelitian untuk masyarakat
·        Untuk mengubah masyarakat
·        Untuk mengetahui dasar pengetahuan tentang masyarakat
3.      Manfaat penelitian untuk lembaga yang diteliti
·        Untuk membuat keputusan berdasarkan informasi
C.     Metode-metode penelitian
Pada waktu ini bermacam-macam rancangan atau metode penelitian telah dikembangkan orang, dan untuk mengikhtisarkan berbagai metode tersebut berbagai cara telah pula diusulkan. Salah satu di antara cara-cara penggolongan itu, yaitu penggolongan berdasar atas sifat-sifat masalahnya itu, berbagai macam rancangan penelitian itu dapat digolongkan menjadi sembilan macam kategori, yaitu:
1.      Penelitian historis
2.      Penelitian deskriptif
3.      Penelitian perkembangan
4.      Penelitian kasus dan penelitian lapangan
5.      Penelitian korelasional
6.      Penelitian kausal komparatif
7.      Penelitian eksperimental sungguhan
8.      Penelitian eksperimental semu
9.      Penelitian tindakan.[2]
D.    Metode Analisis Data Penelitian
Dalam penelitian, ketika peneliti sudah selesai dalam  mengumpulkan data maka langkah yang selanjutnya adalah menganalisis data yang telah diperoleh tersebut. Analisis data ini perlu dilakukan karena untuk mereduksi data menjadi perwujudan yang lebih dapat dipahami dan diinterpretasikan dengan cara tertentu sehingga hubungan dari masalah penelitian dapat ditelaah serta diuji (Silalahi, 2006:304).[3]
Secara umum, terdapat dua metode yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan pada penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis ini tidak menggunakan alat statistik, namun dengan membaca tabel-tabel, grafik-grafik, atau angka-angka kemudian melakukan penafsiran. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Analisis ini menggunakan alat statistik.
 


[1] Rianto Adi, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, (Jakarta: Granit 2004), edisi 1, h.2
[2] Drs. Sumadi Suryabrata, B.A., M.A., Ed.S, Ph.D., Metodologi Penelitian, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 72
[3] U. Silalahi, Metode Penelitian Sosial,  (Bandung: Unpar Press,2006), h.304 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini