Kamis, 17 Maret 2016

yusron musthafa_tugas metlit

Nama : Yusron Musthafa Kamal
Kelas : MD 4 B
Definisi pengertian:
Penelitian atau riset berasal dari bahasa inggris 'Research' yang artinya adalah Proses pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan , memodifikasi atau mengembangkan sebuah penyelidikan atau juga kelompok penyelidikan. Pada dasarnya riset atau penelitian adalah setiap proses yang menghasilkan ilmu pengetahuan. Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu usaaha untuk menemukan , mengembangkan , dan menguji kebeneran suatu pengethauan dengan menggunakan metode metode ilmiah.
Manfaat dari penelitian
Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari sebuah penelitian antara lain adalah :
Dapat mengidentifikasi suatu masalah atau fakta secara sistematik
Penelitian yang dilakukan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dalam memecahkan suatu masalah baik, bagi para peneliti maupun orang-orang atau instansi yang menerapkan hasil penelitian tersebut.
Dapat mengetahui sistem kerja object yang diteliti
Manfaat penelitian bagi peneliti yang dilakukan terhadap suatu objek, kita dapat mengetahui dengan jelas bagaimanakah sistem kerja dari object-object yang menjadi sample penelitian. Dengan demikian, akan dapat memudahkan sistem operasional dari object tersebut.
Menambah keyakinan dalam pemecahan suatu masalah
Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan akan sangat membantu dalam menentukkan kebijakan-kebijakan atau keputusan, yang nantinya akan diambil dalam menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi.
Melatih dalam bertanggung jawab
Hasil dari sebuah penelitian nantinya harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, agar hasil tersebut dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Untuk itu para peneliti harus bekerja keras agar hasil dari penelitian mereka sesuai dengan yang mereka harapkan.
Menambah wawasan dan pengalaman
Dengan adanya sebuah penelitian, diharapkan mampu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para peneliti sendiri maupun bagi yang lainnya.

Metode metode Peneltian

Penelitian Historis : merupakan bentuk penelitian yang memiliki tujuan untuk menggambarkan fakta dan menarik kesinpulan atas kejadian masa lalu.

Penelitian  Deskriptif : yang yang bertujuan untuk  membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.

Penelitian Lapangan/Survey : yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungansuatu obyek

Penelitian  Korelasional : yang bertujuan untuk  mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi

Penelitian  Kausal-komparatif : yang bertujuan untuk  menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tapi tidak dengan jalan eksperimen tetapi  dilakukan dengan pengamatan terhadap data dari faktor yang diduga menjadi penyebab, sebagai pembanding.

Penelitian Tindakan : yang bertujuan untuk  mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.

Penelitian korelasi : adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini