Senin, 28 Maret 2016

FATIMAH_DEFINISI PENELITIAN DAKWAH DAN MACAM-MACAMNYA_TUGAS 1_MD 4A

DEFINISI PENELITIAN DAKWAH DAN MACAM-MACAMNYA
Oleh       : Fatimah (11140530000011)
Kelas      : MD 4A
 
Penelitian atau yang juga dikenal dengan sebutan 'riset' berasal dari bahasa Inggris "research", dimana "re" artinya kembali dan "search" artinya mencari. Sehingga "research" diartikan dengan mencari kembali. Mencari kembali apa? Mencari kembali sebuah jawaban atas suatu permasalahan. Dengan demikian, Penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran[1], dimana dalam memecahkan suatu kebenaran tersebut dibutuhkan suatu metode berpikir secara kritis dan juga penyelidikan yang sangat hati-hati guna mendapat suatu jawaban yang konkret dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Penelitian tidak hanya meneliti hal-hal yang bersifat keduniawi-an saja, dalam berdakwah pun diperlukan informasi-informasi yang benar dan akurat karena Dakwah adalah suatu kegiatan yang mendorong manusia untuk berbuat kebajikan dan mengikuti petunjuk, menyeru mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka dari perbuatan munkar agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Jika informasi yang kita berikan kepada mad'u adalah informasi yang akurat dan terpercaya maka mad'u dengan senang hati akan mendekatkan diri mereka untuk berbuat kebaikan dan mencegahnya dari kemungkaran.
Dalam rangka mencari jawaban atau kebenaran atas suatu masalah, diperlukan metode-metode yang tepat agar jawaban yang dihasilkan dari penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara akademis. Untuk itu kita perlu mempelajari metodelogi penelitian, yang secara bahasa berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata metodos dan logos, metodos berarti cara yang tepat untuk melakukan sesuatu dan logos berarti ilmu pengetahuan.[2] Sehingga Metodologi Penelitian adalah ilmu-ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran tergantung dari realitas yang sedang dikaji.[3]
Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu kita perlu mengetahui dan mengerti Jenis-Jenis Penelitian. Secara umum, penelitian dapat dibagi atas dua jenis, yaitu penelitian dasar (basic research) dan penelitian terapan (applied research).[4]
a.       Penelitain Dasar (basic research) atau penelitian murni
Adalah sebuah pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas.
b.      Penelitian Terapan (applied research)
Adalah salah satu jeni penelitian yang bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tertentu secara praktis.
 
Setelah memperoleh data hasil penelitian, tugas selanjutnya adalah melakukan Analisis Data. Analisis data merupakan bagian yang amat penting dalam metode ilmiah, karena dengan analisislah, data tersebut dapat diberi arti dan makna yang berguna dalam memecahkan masalah penelitian.[5] Sebelum melakukan analisis data, maka data yang diperoleh harus dipilah-pilah terlebih dahulu dan dikategorikan sesuai dengan kriteria analisis yang digunakan. Dalam penelitian, ada dua jenis teknik analisis data, di antaranya[6] :
a.       Teknik analisis data secara deskriptif
Merupakan teknik analisis yang dipakai untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data-data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi. Contohnya adalah data dalam bentuk grafik, tabel, diagram lingkaran, pictogram, dsb.
b.      Teknik analisis data secara inferensial
Adalah teknik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dengan cara membuat kesimpulan yang berlaku secara umum dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Teknik inferensial ini cocok digunakan bila sampel diambil dari populasi yang jelas, dan teknik pengambilan sampel dari popoulasi sampel ini dilakukan secara random.


     [1] Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 12
     [2] Hendri Tanjung, Abrista Devi,Metode Penelitian Ekonomi Islam, (Bekasi : Gramata Publishing, 2013), hlm. 5
     [3] Ibid.,
     [4]  Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, Op.cit, hlm. 26
     [5] Ibid., hlm. 358
     [6] Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung : ALFABETA, CV, 2013), hlm. 148-149

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini