Senin, 28 Maret 2016

Tugas Metodologi Penelitian Dakwah (Diagram Venn) Manajemen Dakwah 4

Nama : Gangsar Eko Kusrudianto      1112053000028

             Yusron Musthafa Kamal        1112053000061

             Kaisan Putra                           1112053000004

             Sutrisno                                  1112053000060

             

Kelas :  Manajemen Dakwah 4

 

1.     K.H Hasjim Asy'ari

2.     Pondok Pesantren Tebuireng

3.     Santri

4.     Masyarakat

5.     Organisasi Masyarakat NU (nahdatul Ulama)

 

 

K.H Hasjim Asy'ari lahir pada tanggal 10 April 1875 merupakan seorang tokoh yang berpengaruh dalam dakwah islam di nusantara. Beliau merupakan pendiri pondok pesantren Tebuireng yang menjadi pelopor pendidikan agama islam.

Pesantren tebuireng yang dibangun pada penghujung abad 19 ini merupakan pesantren salafiah. Awal berdirinya pesantren ini tidak selalu berjalan mulus. Tidak banyak santri yang belajar di pesantren tebuireng banyak persoalan-persoalan yang harus dilewati oleh beliau sebelum merasakan manisnya perjuangan. Kehadiran beliau tidak langsung diterima dengan baik, banyak gangguang seperti fitnah dan hujatan yang datang bertubi-tubi serta diperlakukan dengan kekerasan.

Santri-santri bertahap datang untuk belajar di pesantren tebuireng guna menimba ilmu agama. K.H Hasjim Asy'ari mendidik santri dengan sabar dan telaten. Beliau memusatkan perhatiannya pada usaha mendidik santri sampai sempurna menyeleseaikan pelajarannya, untuk kemudian mendirikan pesantren di daerahnya masing-masing. Beliau juga ikut aktif membantu pendirian pesantren-pesantren yang didirikan oleh murid-muridnya.

Adanya K.H Hasjim Asy'ari sangat memberikan pengaruh kepada masyarakat sekitar khususnya dilingkungan pesantren tebuireng. Perjuangan menyebarkan agama islam, perjuangan mencerdaskan kehidupan bangsa, menghidupkan sistem ekonomi islam, penguatan civil society tak luput dari jasa beliau. serta perjuangan pada saat merebut kemerdekaan RI.

 

Pengaruh yang diberikan oleh K.H. Hasyim Asyári tak hanya pada dunia pendidikan saja, tapi juga pada dunia politik, Peran vital dari pengasuh dan santri masih terus berlangsung dengan kehadiran NU, kemudian dengan lahirnya kader-kader politik yang ikut pada percaturan dunia politik.

 

 

LDK Syahid UIN JAKARTA

 

  1. LDK Syahid
  2. Beberapa Fakultas di UIN Jakarta
  3. UIN Jakarta
  4. Mahasiswa

 

Lembaga Dakwah Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan sebuah Unit Kegiatan Kampus (UKM) di tingkat Institut. LDK melihat bahwa UIN merupakan Institusi yang sangat berpotensi untuk memajukan ummat dan bangsa. Karenanya upaya pemberdayaannya juga merupakan sebuah tuntutan. Bagaimanapun rasa tanggung jawab atas masa depan ummat dan bangsa tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena siapa lagi yang bertanggung jawab kalau bukan para mahasiswa UIN yang dimasa datang akan menjadi pemimpin-pemimpin ummat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini