Senin, 11 April 2016

Fellasufah Diniyah_Masjid Jabalurrahma_Tugas 5

Nama   :Fellasufah Diniyah

Nim     :11140530000007

Kelas   :MD 4A

            Masjid jabalurrahman adalah sebuah masjid yang terletak di daerah danau situ gintung Cirendue, ciputat, tangerang Selatan. Masjid jabalurrahma tergolong masjid baru. Dibangun sekitar bulan November 2006, dan diresmikan pada bulan Mei 2007. Pembangunan masjid ini dibiayai oleh sebuah yayasan yayasan Islam yang memang tidak berlokasi disitu gintung. Mereka sengaja mewakafkan Masjid jabalurrahma sebagai sarana pembinaan Islam untuk para pendatang yang mengunjungi wisata situ gintung termasuk para pemancing yang jumlahnya ratusan. Masjid Jabalurrahma ini tergolong masjid besar dan bagus untuk ukuran didaerah situ gintung. Ukuran Masjid 200 m2 dengan bangunan dua lantai. Biasanya lantai dasar digunakan untuk sholat berjamaah.

            Pada hari kamis tanggal 26 maret 2009, bertepatan juga dengan hari libur Nasional terjadi sebuah tragedi jebolnya tanggul situ gintung. Kejadian itu terjadi pada saat Adzan shubuh dikumandangkan. Pada saat itu menjelang shubuh, semua pengurus dan warga sudah bersiap-siap untuk menunaikan sholat shubuh berjamaah, ssetelah sholat masuk muadzin pun mengumandangkan adzan. Suaranya mangalun mengisi rongga-rongga di kawasan situ gintung. Suara adzan pun saling bersahutan dari masjid satu dengan masjid yang lain di sekitar daerah situ gintung. Hingga sampai muadzin melanjutkan "hayya alash sholaah". Tiba-tiba seorang bapak yang memang sejak malam berjaga-jaga di dinding tanggul tanggul berlari menuju masjid Jabalurrahma. Begitu paniknya sang bapak tersebut sambil berlari-lari ia berteriak Air..Air...Air...! cepat lari.. lari!

            Sontak teriakan bapak itu langsung membuyarkan ketenangan di dalam masjid yang sedang adzan dikumandangkan, semua orang yang di dalam masjid jabalurrahma berhamburan keluar menuju tempat yang lebih tinggi mengikuti sang bapak tadi termasuk pengurus masjid. Yang masih di dalam masjid tinggallah sang muadzin yang kebingungan. Soalnya adzan yang dia kumandangkan belum selesai baru "hayya alash sholahh" yang pertama. Akhirnya sang muadzin yang keluar dari masjid paling belakangan. Sekitar dua menit kemudian setelah semua orang yang berada di dalam masjid berlari menuju tempat yang lebih tinggi, air bah yang berasal dari danau situ gintung pun menggulung semua yang berada di cekungan besar itu, termasuk masjid jabalurrahma. Di cekungan itu semuanya tergulung, rumah-rumah warga, lapak-lapak pemancingan.Akibat kejadian tersebut menelan korban jiwa dan harta benda. Setelah kejadian tersebut hanya tersisa satu bangunan yang masih tetap kokoh berdiri yaitu bangunan Masjid jabalurrahma, sebuah Masjid yang letaknya persis di bawah tanggul, dan sampai sekarang Masjid jabalurrahma ini masih tetap berdiri kokoh dan masih aktif dengan program kegitan-kegitan Dewan Kemakmuran Masjid.

            Setelah kejadian jebolnya tanggul situ gintung, walaupun bangunan Masjid jabalurrahma tidak hancur rata dengan tanah dan masih berdiri kokoh tetapi terdapat dua fokos masalah kerusakan sedikit yaitu kerusakan pada kamar mandi laki-laki dan perempuan sehingga orang yang memakai kamar mandi tersebut tidak nyaman dan juga terdapat keretakan pada keramik masjidnya. Maka setelah kejadian tersebut, sekitar bulan April 2009 diadakan renovasi kamar mandi dan renovasi keramik masjid yang retak-retak. Dana renovasi tersebut berasal dari donatur warga. Banyak warga yang mendonasikan uang untuk renovasi masjid ini. Berkat renovasi masjid tersebut akan membantu masyarakat sekitar masjid Jabalurrahma dalam beribadah lebih khusyuk dan lebih nyaman.

            Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid jabalurrahma situ gintung Cirendeu akan menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada 22 Januari 2016. Pengurus Masjid Jabalurrahma peringatan Maulid nabi tersebut di hadiri oleh Prof Said Agil  Husein  Al-Munawwar belaiau adalah mantan Menteri Agama RI. Selain di hadiri penceramah Prof Said Agil, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari jumat malam sabtu yang dimulai pukul 18.00 WIB itu juga dihadiri qori' internasional yaitu Ahmad Muhajir. Acara peringatan  di Masjid Jabalurrahma yang menjadi satu-satunya bangunan yang selamat dari jebolnya tanggul situ gintung itu dipadati jamaah dari berbagai wilayah di kota Tangerang Selatan dan daerah sekitarnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini