Senin, 11 April 2016

LUSRIADI_ALUR SEJARAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM_TUGAS 5

NAMA : LUSRIADI

NIM : 11140530000001

KELAS : MANAJEMEN DAKWAH (4A)

ALUR SEJARAH LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (MADRASAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA)

Madrasah Pembangunan UIN Jakarta adalah lembaga pendidikan yang mengemban visi menjadi lembaga pendidikan islam yang unggul dan terkemuka dalam pembinaan ke-Islaman, keilmuan, dan ke-Indonesiaan dengan mengapresiasi potensi peserta didik serta perkembangan era global.

Bulan Juni 1972, bertepatan dengan Lustrum III IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimulai pembangunan gedung madrasah yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI pada masa itu, yaitu Prof. H.A. Mukti Ali dan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah.

Tahun 1974, pertama kali Madrasah Pembangunan membuka tingkat Ibtidaiyah. Jumlah muridnya baru 58 orang, terdiri dari Kelas I: 43 orang, Kelas II: 8 orang, dan Kelas III: 7 orang. Permulaan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tanggal 7 Januari 1974. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai "Hari Kelahiran" Madrasah Pembangunan.

Pada awal tahun 1977, Madrasah Pembangunan membuka tingkat Tsanawiyah, peserta didik angkatan pertama berjumlah 19 orang. Bulan Juli 1991, dibuka kelas jauh tingkat Ibtidaiyah di Pamulang, bekerja sama dengan Yayasan Al Hidayah sebagai penyedia lahan.

Pada tahun 1978, Madrasah Pembangunan ditetapkan sebagai Madrasah Pilot Proyek Percontohan (yakni madrasah dengan kurikulum yang bermuatan pendidikan umum dan agama sehingga lulusan madrasah dapat melanjutkan ke sekolah umum sederajat) oleh Departemen Agama RI. Kemudian diselenggarakan kegiatan penataran penulisan modul dan uji coba pembelajaran dengan sistem modul. Empat modul bidang studi Al-Qur'an Hadits, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Matematika telah diujicobakan sampai dengan tahun 1985.

Tahun pelajaran 1991/1992 Madrasah Pembangunan membuka tingkat Aliyah. Peserta didik yang diterima pertama kali sebanyak 32 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan.

Seiring dengan perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, sejak tahun 2002 Madrasah Pembangunan IAIN Jakarta mengikuti perubahan nama menjadi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

Tahun 2008 Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta ditetapkan sebagai Madrasah Standar Nasional(MSN) di lingkungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi DKI Jakarta. Setelah tiga tahun berjalan, akhir tahun 2009 Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta telah diakreditasi dengan hasil grade A ketegori Memuaskan, sama dengan perolehan akreditasi MI dan MTs.

Pada tahun pelajaran 2010/2011 telah dimulai rintisan program bilingual ditingkat tsanawiyah yang secara intens dievaluasi dan disempurnakan. Pada aspek manajemen Madrasah Pembangunan UIN Jakarta mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan telah memperoleh sertifikat ISO untuk pelayanan pendidikan pada seluruh satuan pendidikan.

Alur Sejarah (Timeline) Madrasah Pembangunan UIN Jakarta[1]

NO

KEJADIAN

TAHUN

1.

Dimulai Pembangunan Gedung Madrasah

1972

2.

Madrasah Pembangunan Membuka tingkat Ibtidaiyah

1974

3.

Madrasah Pembangunan Membuka tingkat Tsanawiyah

1977

4.

Madrasah Pilot Proyek Percontohan

1978

5.

Madrasah Pembangunan Membuka tingkat Aliyah

1991/1992

6.

Perubahan Nama MP IAIN Jakarta menjadi MP UIN Jakarta

2002

7.

Ditetapkan sebagai Madrasah Standar Nasional

2008

8.

Madrasah Aliyah telah diakreditasi dengan hasil grade A

2009

9.

Dimulai rintisan Program Bilingual ditingkat Tsanawiyah

2010/2011

 

 

 

 

 



[1] Hasil Wawancara dengan Tenaga Kependidikan Madrasah Pembangunan UIN Jakarta : Bpk. Ahmad Fadhlan, S.Pd. dan Bpk. Hanafi Harris, S. S (Kasubag Umum MP UIN Jakarta). (hari Senin, 11 April 2016).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini