Senin, 11 April 2016

Ilmiyati Nufus_Time Line Pondok Pesantren Al-Qur’an Nur Medina_Tugas 5 Pondok Pesantren Al-Qur’an Nur Medina

Ilmiyati Nufus_Time Line Pondok Pesantren Al-Qur'an Nur Medina_Tugas 5

Pondok Pesantren Al-Qur'an Nur Medina

Nama: Ilmiyati Nufus

Nim   : 11140530000017

Kelas :MD IV A

Bismillahirrahmanirrahim sehubungan dengan tugas mata kuliah Metodologi penelitian dakwah dengan ini saya menuliskan beberapa kejadian penting yang telah terjadi di pondok pesantren Al-Qur'an Nur Medina yang berlokasi di Jl. Cabe 3 Rt.004/Rw.004 Pondok Cabe Ilir Kec. Pamulang Tangerang Selatan. Pondok pesantern Nur Medina merupakan yayasan yang dibangun oleh sepasang suami isteri yakni Ust. Hj. Endang Husna Hadiawan S.Ag dan isterinya Hj. Arbiyah Mahfuz SQ S.Th.I. Pesantren ini merupakan pesantren yang mewajibkan tiap santri yang tinggal di asrama untuk menghafal Al-Qur'an, dengan target smester pertama minimal hafal satu juz dan smester 3 minimal dua juz, sedang yang laki-laki lebih diutamakan menghafal surat-surat pilihan dalam Al-Qur'an.

Nur Medina juga menaungi beberapa lembaga lain: diantaranya TPQ Raudatul Hufadz dan Yayasan Yatim Cahaya yang terletak tidak jauh dari pondok pesantren, di pesantren  Nur Medina acara besar rutin yang diadakan setiap tahunnya adalah khitan masal, dan khataman al-qur'an seperti diantaranya khatam al-qur'an 30 juz, surat pilihan, dan juz 30. Acara tersebut diselenggarakan tiap pergantian tahun, maka acara akbar tersebut tepatnya berseling dua tahun sekali, itu semua merupakan acara rutin yang tiap tahunnya terlaksana. Selain acara akbar tahunan pernah terjadi pula kejadian yang paling fenomenal yakni ada dua kejadian di antaranya: kehilangan satu buah laptop dan satu buah motor, tepatnya pada tahun 2014 menjelang persiapan acara akbar tahunan yakni khitan masal,kejadian pencurian laptop sangat tidak disangka dan diduga laptop hilang begitu saja dengan cepat, bersamaan dengan persiapan acara khitan akbar datang salah satu public figure yakni Bem Putuandi datang untuk memenuhi undangan dan memberikan wejangan khas pelawak untuk para peserta sunat masal   tersebut datang yang sengaja datang memen itu semua berawal ketika menjelang agenda besar tahunan yakni khitan masal yang akan dilaksanakan keesokan harinya berawal dari seorang santri yang hendak membuang air ke kamar kecil, maka ditinggalah laptop yang jauhnya hanya dua meter dari tempat laptop santri ini menggunakan laptop di aula pondok pesantren santri tersebut sebut saja Akhi sedang membuat surat-surat yang diperlukan untuk berlangsungnya acara dan banner acara selengkapnya maka setelah Akhi kembali dari kamar kecil laptop telah raib seketika diduga sebelum kejadian hilangnya laptop pencuri sudah mengawasi dari waktu sebelumnya bisa disimpulkan sudah menjadi incaran.

 Acara besar selanjutnya yaitu khataman al-Qur'an pada tahun 2015 yang disambangi oleh wali kota Tangsel yakni Hj. Airin Rachmi Diany yang sengaja datang memenuhi undangan walau hanya sebentar dikarenakan masih ada tempat yang harus di datangi lagi selain Nur Medina, dan hadir dua orang bintang cilik Hafiz Indonesia Indosiar yakni Adi dan Fathia, untuk membakar semangat anak-anak dan santri tentang menghafal al-Qur'an membuktikan bukan hanya orang orang dewasa yang mampu menghafal melainkan mereka yang masih kecil dan sangat dini mampu menghafal dengaan mudah. Kejadian selanjutnya terjadi pada tahun 2015 yakni hilangnya satu buah motor milik salah satu santri yang bernama RJ yang parkir di dekat gerbang halaman pesantren, kebiasaan motor tertata rapi di parkiran dan dihalangi oleh kendaraan mobil milik pimpinan pondok diketahui hilang pada pagi hari yang menyebabkan hilangnya motor adalah kelalayan dari pengurus pesantren yang tidak mengkunci gerbang utama menyebabkan bisa keluar masuknya siapapun, semuanya terjadi begitu saja dari pihak wargapun tidak ada ronda malam yang biasanya dilakukan rutin, usut punya usut ada tiga orang laki-laki tidak dikenal yang nongkrong di dua warung samping kanan kiri pesantren dicurigai tiga orang asing tersebut yang mencuri motor RJ, Wallahua'lam setelah kejadian hilangnya motor keamanan di pondok semakin diperketat dan ditingkatkan,belajar dari pengalaman yang terjadi sekarang di perlakukan tugas piket jaga malam bergilir yang dilakukan santri terutama kepada santri putra untuk bertugas bergantian menjaga keamanan pondok di malam hari. Ada pelajaran-pelajaran baru yang bisa diambil dari kejadian dan pengalaman, yang membekali kita untuk lebih waspada dan hati-hati tentunya.

Sekian laporan saya mengenai time line di pondok pesantren Al-Qur'an Nur Medina yang mempunyai beberapa kegiatan dan beberapa peristiwa yang mencengangkan.

Narasumber : Siti Durrotul G, mahasantri pondok pesantren Al-Qur'an Nur Medina smester VI Fakultas Adab UIN Syarifhidayatullah Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini