Kamis, 11 April 2013

Perspektif Teori Sosiologi untuk Komunikasi Massa_ Semyanka Rizki Kurnia_ Tugas 1

Sosiologi komunikasi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu komunikasi dari sudut sosiologis. Sosiologi komunikasi ini membahas tentang tinjauan sosiologis terhadap komunikasi baik sebagai aktivitas sosial, interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun efek sosial dari komunikasi dalam masyarakat tersebut.
Sosiologi berasal dari kata sofie, yang berarti bercocok tanam atau bertanam, kemudian berkembang menjadi Socius (bhs. Latin) yang berarti teman, kawan. Berkembang lagi menjadi kata sosial yang berarti berteman, bersama, berserikat. Kata sosial secara khusus adalah hal-hal yang mengenai berbagai kejadian dalam masyarakat yaitu persekutuan manusia, yang bermaksud untuk mengerti kejadian-kejadian dalam masyarakat dan selanjutnya berusaha mendatangkan perbaikan dalam kehidupan bersama.

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Hubungan antara masyarakat dan akibat dari hubungan tersebut. Karena sosiologi objeknya adalah masyarakat maka cakupan dari objek sosiologi itu adalah individu, kelompok, dan masyarakat. Proses hubungan inilah yang biasa disebut dengan istilah interaksi sosial.
Dengan kata lain menurut Hassan Shadily, Sosiologi adalah ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari manusia sebagai anggota golongan atau masyarakatnya dengan ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agamanya, tingkah laku serta keseniannya atau yang disebut kebudayaan yang meliputi segala segi kehidupannya.
·         Pitirim Sorokin juga mengemukakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari:
-          Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama; keluarga dengan moral; hukum dengan ekonomi; gerak masyarakat dengan politik dan lain sebaginya);
-          Hubungan dengan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya gejala geografis, biologis dan sebagainya );
-          Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial.
·         Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok.
·         William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.
·         Prof. DR. Selo Soemardjan dalam bukunya Setangkai Bunga Sosiologi mendefinisikan proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
Dengan melihat pengertian sosiologi dan objek sosiologi tersebut maka dapat disimpulkan sosiologi mempunyai fungsi:
-          Berusaha untuk mendapatkan pengetahuan yang sedalam-dalamnya tentang masyarakat.
-          Mendapatkan fakta-fakta masyarakat yang mungkin dapat dipergunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan masyarakat.
-          Sosiologi mempelajari gejala umum yang ada pada interaksi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini