Kamis, 11 April 2013

Teori Strukturalis (Pendekatan Institusional)_ Semyanka Rizki Kurnia_ Tugas 2

Struktur adalah pengembangan hubungan organisasi antara komponen yang membentuk bangunan itu. Strukturpolitik sebagai satu spesies struktur pada umumnya selalu berkenaan dengan alokasi-alokasi nilai yang bersifat otorittatif yaitu yang dipengaruhi oleh distribusi serta penggunaan kekuasaan.  (A.Rachman.2007: 6)
Konsep yang penting dalam perspektif ini adalah struktur dan fungsi, yang menunjuk pada dua atau lebih bagian atau komponen yang berbeda dan terpisah tetapi berhubungan satu sama lain. Struktur social terdiri dari berbagai komponen dari masyarakat. Kunci untuk memahami struktur adalah konsep status (posisi) yang ditentukan secara social yang diperoleh baik karena kelahiran (ascribed status) maupun karena usaha (achieved status) sesorang dalam masyarakat.

Setiap sistem social pada dasarnya memiliki dua fungsi utama yaitu : 1) Apa yang dapat dilakukan oleh system itu dan, 2) Konsekuensi yang berkaitan dengan apa yang dapat dilakukan oleh system itu (fungsi lanjutan). Contohnya mata, befungsi untuk melihat sesuatu dalam lingkungan. Namun fungsi lanjutan dari mata adalah untuk belajar, bekerja dan dapat melihat datangnya bahaya. Dalam masyarakat, lembaga pemerintahan memiliki fungsi utama menegakkan peraturan. Sedangkan fungsi lanjutannya adalah menggerakkan roda perekonomian, menarik pajak, menyediakan berbagai fasilitas social dan sebagainya.
Menurut pandangan Robert Merton salah satu tokoh perspektif ini, suatu system social dapat memiliki dua fungsi. Fungsi yang pertama adalah manifest, fungsi yang diharapkan dan diakui. Yang kedua fungsi laten, fungsi yang tidak diharapkan dan tidak diakui. Dalam pandangannya, Robert Merton menyatakan tidak semua hal dalam system selalu fungsional. Artinya, tidak semua hal selalu memelihara kelangsungan system. Beberapa hal telah menyebabkan terjadinya ketidakstabilan dalam system yang dapat merusak system. Hal ini oleh Merton biasa disebut dengan disfungsi. Dalam pandangan perspektif structural fungsional ini, suatu system social eksis karena system social itu menjalankan fungsinya yang berguna bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini