Selasa, 07 April 2015

Sugimin S.Ars oleh Rosa juni andri

Nama        : Rosa juni andri
NIM           : 1113054000024
prodi          : pengembangan masyarakat islam
semester   :  4

Kali ini saya akan melakukan penelitian life histori  seorang laki-laki yang bernama bapak sugimin S.Ars, selain seorang pengusaha dibidang properti, beliau juga seorang arsitek, yang menurut saya pak sugimin adalah seorang yang bisa dibilang sukses dibidangnya dimulai dari jalan hidupnya yang dimulai dari titik terendah hingga saat ini.

Sugimin S.Ars. lahir di blitar, 16 Juni 1972, dilahirkan di blitar dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya pak setiawan adalah seorang pengusaha juga yang menggeluti jual beli alat bangunan sebelumnya. Pak sugimin ini berada dalam keluarga bersama empat saudara lainnya. Ketika Tiba sekitar tahun 1985, usaha ayahnya dipaksa tutup karena bangkrut . Keadaan tersebut memaksa orangtuanya menjual rumah dan berpindah tinggal dan memberanikan diri berjuang di ibukota Jakarta.
Beliau dan keluarganya memulai hidupnya kembali dikota jakarta tepatnya dikawasan cilandak, karena beliau orang suka sekali menggambar dan mendesain, lalu beliau berfikir untuk mencoba kuliah dibidang itu, pada saat itu memang ayahnya masih menyimpan sejumlah uang untuk beliau meneruskan ke perguruan tinggi dijakarta, setelah beliau masuk ke universitas budi luhur, lalu beliau mulai berfikir untuk melakukan bisnis pada saat beliau masih semester 3 dikampus tersebut, setelah cukup lama beliau memikirkan apa yang cocok untuk bisnis yang ingin digelutinya namun bisnisnya harus dilakukan dengan tidak mengganggu kuliahnya, setelah beliau menanyakan ke orang tua dan beberapa temannya lalu beliau memutuskan untuk menjual pakaian dan sepatu yang biasanya dibutuhkan banyak orang dikampus.
Awalnya memang sulit karena hanya beberapa orang yang tau bisnisnya tersebut, akhirnya beliau memutuskan untuk membuka lapak usaha pertamanya, beliau membuka lapak disekitaran kampus agar pada saat itu usahanya ramai dan dipenuhi pembeli, tapi selang beberapa minggu usaha yang dilakukannya itu tetap tidak begitu banyak pembeli.
            Setelah beberapa minggu usaha yang dilakukan pak sugimin mengalami kegagalan dan malah mengganggu konsentrasi kuliahnya, selain orang tua, temannyapun mulai menegurnya agar lebih fokus kuliah pada waktu itu, maka beliau memutuskan untuk lebih memikirkan kuliahnya dibanding usahanya dan menutup usahanya tersebut.
Beliau telah memulai berbisnis ketika ia kuliah dari Jurusan desain interior dikampus  budi luhur, Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Beliau juga meneruskan kuliahnya hingga lulus pada tahun 1990. Ketika kuliah inilah ia mulai masuk dunia bisnis. Demi memenuhi kebutuhan kuliah, Ia mulai berbisnis dari awal yakni berjualan baju-baju kemeja, kaos, dan lainnya di kampusnya meskipun harus bangkrut ditengah jalan.
 Selepas kuliah, beliau diterima menjadi seorang arsitek di salah satu perusahaan di Jakarta, selain menjadi seorang arsitek, pak sugimin juga kembali berusaha membangun bisnis, namun beliau ingin bisnis yang digelutinya itu harus lebih sulit rintangannya dan bagaimanapun caranya beliau memutuskan untuk berusaha berbisnis properti sedikit demi sedikit, dengan uang yang beliau pinjam dari salah satu bank swasta, lalu mulailah pak sugimin memulai bisnis tersebut. Selain telah mempunyai pengalaman berbisnis, pak sugimin ini adalah orang yang mudah bergaul dan piawai dalam mencari teman dan mencari jaringan untuk mengembangkan bisnisnya.
Dari faktor lingkungan ada orang lain yang bernama bapak hasan yang menjadi salah seorang anak buahnya yang bekerja di salah satu usahanya, menurut pak hasan, pak sugimin adalah orang yang ramah dan tidak sombong, suka ikut membantu kegiatan di wilayah lingkungan sekitarnya seperti kerja bakti dan dalam masalah sosial lainnya, selain itu menurut pak hasan, pak sugimin ini juga orang yang pandai bergaul dan taat beribadah, karena seringnya pak sugimin datang untuk acara-acara keagamaan seperti pengajian mingguan di masjid dan acara lainnya.
Beliau juga seseorang yang dermawan dalam kegiatan keagamaan beliau tak luput menyumbangkan sebagian hartanya untuk acara maulid, isra mi'raj dan lainnya, selain beliau membantu dari sisi keuangan, beliau juga membantu dengan ikut berpartisipasi membantu terselenggaranya acara dengan tenaga dan lainnya.
Selain itu pak hasan menyebutkan beberapa hal yang disukainya dari pak sugimin ini, selain berlaku adil sebagai seorang bos, beliau juga sangat baik dan memaklumi apabila dari beberapa anak buahnya melakukan beberapa kesalahan, dan juga dalam masalah pembayaran gaji juga tidak suka menunda-nunda.
Menurut beberapa orang yang dekat denga beliau ,beliau adalah orang yang tidak seperti bos pada ummnya .karena beliau dapat menyatukan diri dan mencoba sejajar dengan para anak buahnya. Banyak sisi baik yang dapat di pelajari dari beliau agar tidak sombong meskipun sudah tercapainya tujuan dari apapun yang kita tuju . slalu blajar menjadi lebih baik setiap waktunya dan jangan mudah merasa puas .
Kepiawaiannya pak sugimin membangun jaringan dan sebagai pengusaha membuat bisnisnya semakin berkembang. Mengarahkan usahanya ke tingkatan yang lebih baik, pak sugimin ini mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: mengembangkan ilmu arsitek yang dimilikinya dan mengembangkan usaha property yang telah beliau mulai. Kini pak sugimin telah memiliki beberapa kompleks perumahan disekitaran jakarta dan depok.
Beliau menyatakan bahwa dalam membangun bisnis, mengembangkan jaringan  adalah hal yang sangatlah penting. Memiliki rekanan (partner) dengan baik diperlukan. Membangun relasi pun bukan hanya kepada perusahaan yang sudah ternama, tetapi juga pada yang belum terkenal sekalipun. Bagi beliau, pertemanan yang baik akan membantu proses berkembang bisnis yang dikerjakan. Ketika bisnis pada kondisi tidak bagus (baca: sepi pelanggan) maka jejaring bisa diandalkan. bahkan berteman dengan petugas pengantar surat pun adalah penting.
Menurut beliau, modal memang penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Baginya, kemauan dan kerja keras harus dimiliki seseorang yang ingin sukses berbisnis. Namun mendapatkan mitra kerja yang handal adalah segalanya. Baginya, membangun kepercayaan sama halnya dengan membangun integritas. Di sinilah pentingnya berjejaring dalam menjalankan bisni
Kini beliau mempunya sekitar 5 usaha dibidang properti dai daerah depok dan jakarta dan beliau juga usaha bambu bangunan yang di tempatkan dibeberapa tempat didepok, sekarang beliau mempunyai keuntungan dari usahanya sekitar 50 juta setiap bulannya dan beliau juga berharap dapat lebih mengembangkan usahanya agar lebih maju lagi dan bisa bekerja sama dengan orang sukses lainnya.
Dalam berbisnis, beliau mengungkapkan janganlah pantang menyerah dalam melakukan usaha, dan harus juga dibarengi dengan beramal agar apapun yang dilakukan dapat juga diberkahi Allah swt.selain itu hal yang dibutuhkan adalah pengalaman, karena segala hal lebih baik bila mempunyai pengalaman . Selain itu beliau juga mengatakan bahwa generasi muda bisnis sudah seharusnya sabar, dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran, dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika (instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah penting bagi beliau . Adalah manusiawi ketika berusaha,seseorang ingin segera mendapatkan hasilnya. Tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.
Nilai hikmah yang dapat saya ambil dari life histori ini adalah jangan pernah menyerah dalam menjalani hidup, selalu percaya diri dan jangan takut gagal, dalam kehidupan ini apapun harus dibarengi dengan ilmu amal dan kerja keras, suatu hal tidak mungkin didapat apabila tidak dibarengi kerja keras.. Segala sesuatu yang dilakukan akan lebih baik apabila dibarengi dengan pengalaman dan bijak dalam mencari solusi suatu masalah, banyak orang yang gagal karena kurangnya pengalaman dan mudah menyerah. Seseorang yang banyak memiliki teman akan banyak juga mendapat bantuan dari apabila mengalami kesulitan. Tetap semangat meski tujuan tak mudah dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini