Selasa, 07 April 2015

IBU RATIH PENDAUR ULANG SAMPAH oleh BUNGAWATI_ PMI 6

Nama : BUNGAWATI
Nim : 1112054000032
Jurusan : Pengembangan Masyarakat Islam ( VI )

LAPORAN OBSERVASI EKOLOGI MANUSIA
PENDAUR ULANG SAMPAH MELATI KEMUNING PAMULANG BARAT.
IBU RATIH
Nama : Ibu Ratih
Lokasi Observasi : Kemuning Pamulang Barat
Waktu : Senin, 6 April 2015- Pukul 12.00 – 16.00 WIB

Awal sejarahnya.
Ibu Ratih awal ngebangun membuat bank sampah didaerah kemuning. Dia melihat di televisi ada bank sampah di daerah malang. Dan ibu ratih setelah melihat tayangan bank sampah itu ,ibu ratih terinspirasi berniat kuat untuk membangun masyarakat disekitarnya agar bisa memperhatikan sekeliling rumahnya atau lingkungan atas sampah yang selama ini disepelehkan dan dibuang sembarangan ternyata bisa menghasilkan duit. Dan mensehatkan lingkungan.

Dan setelah ibu itu tau ternyata sampah bisa di daur ulang, ibu ratih bingung karena dia tidak tau awal memulanya bagaimana mendaur ulang sampah. dan si ibu ratih pergi mencari info terus tentang bank sampah daur ulang, setelah susah payah dan ibu ratih ga pernah pantang menyerah ibu ratih teru mencari- cari info hingga ketemu, akhirnya ibu ratih menemukan info dari bank sampah yayasan melati bersih. Ibu ratih ini diajarkan dengan anggota bank sampah yayasan melati bersih. Awal membukanya ibu ratih mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang dan selebihnya yang tidak bisa dijadikan menjadi kompos. Setelah terkumpul sampah-sampah yang mau di daur ulang pada tanggal 12 november 2013 ibu ratih telah memulainya. Awalnya dia belajar dan setelah ibu ratih bisa mendaur ulang dan mengelolanya ibu ratih banyak telponan dan banyak pesenan. Ibu ratih langsung mengajak tetangganya untuk membantukan dia mambuat bank sampah, karena tanpa bantuan orang lain.
Ibu ratih tidak bisa menjadi besar seperti sekarang.
Jumlah yang bekerja
Awalnya bu ratih memiliki anggota 3 orang dan bertambah menjadi 10 orang, dan akhirnya lingkungan ibu ratih ini ibu-ibunya memiliki DARLING ( sadar keliling) sampai sekarang mencapai 40 0rang.
Perkembangannya
Ibu ratih ini sering ada panggilan untuk mengajarkan ibu-ibu rumah tangga mengadakan pelatihan, sering mengadakan bazaar, dan sekarang bisa menghasilkan mencapai 800.000. per bln. Yang telah dibuat selama ini dia membuat bungkus kopi menjadi tas, taplak meja, tempat telor. dan dari batang pisang dikeringkan menjadi bunga. dan minggu-minggu ini akan membuat botol AQUA menjadi bunga, buat di meja dan di sudut-sudut pojokan ruang tamu.
Dan ibu ratih ini selain membuat kerajinan tangan atau mendaur ulang sampah, dia 2 minggu sekali mengadakan pengajian buat pengurus-pengurus pengrajin. kata ibu-ibu disanah. Kita selain bisa melaksanakan penghasilan buat didunia, kita juga harus bisa buat diakhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini