Selasa, 07 April 2015

Nurlaila_1112054000027 PMI 6 (EKOLOGI)

Nama : Nurlaila
NIM : 1112054000027
Jurusan : PMI 6
Penyelamat kali pasar kemiri di Jakarta Barat
Sosok sederhana yang biasa disapa bang edi  usia 52 tahun ini memiliki kenangan indah saat mudanya dulu memancing ikan di kali pasar kemiri. Namun, kondisi akhir-akhir ini sangatlah berbeda. Pada dasarnya, kawasan kali pasar kemiri, umumnya merupakan kawasan ruang terbuka hijau. Tetapi saat ini, kondisinya lebih banyak tidak terawat dan bahkan beberapa pinggiran kali pasarkemiri juga digunakan sebagai dumping area bagi kegiatan pembuangan sampah (ujar bang edi)

Bang edi mengatakan " hanya orang yang benar-benar memahami alam yang dapat menyelamatkannya". Pada dasarnya setiap permasalahan untuk setiap kali adalah sama yaitu sampah, yang menjadi masalahnya lagi adalah jika kita tidak bisa menjaga dan merawat kali tersebut. Alangkah bijak jika semua manusia mau melestarikan dan menghijaukan kalipasar kemiri tersebut. Mungkin tidak akan terjadi bencana di bumi ini yang diakibatkan oleh prilaku manusia itu sendiri. permasalahan ini bukan hanya masalah satu atau dua orang saja, tetapi semua orang apalagi yang tinggal didaerah kali pasar kemiri tersebut. Walaupun masalah ini sangat besar dan terlalu rumit tetapi jangan bingung harus memulai dari mana, mulailah dari hal terkecil, dan mulailah saat ini juga. (ujar bang edi). kini kali pasar kemiri pun menjadi hijau kembali berkat adanya bang edi tersebut.

Berawal dari niat
Saya optimis kali pasar kemiri dapat pulih kembali, hanya kesadaran yang dapat diaplikasikan secara konkret yang harus dikuatkan. Tandas pahlawan ekologi itu yang akrab disapa bang edi. Semangatnya menjaga kalipasar kemiri begitu besar. Ia mengatakan banyak hal positif yang diperoleh jika melestarikan lingkungan dan menghindarkannya dari berbagai kerusakan. Diantaranya hidup nyaman, tanpa harus ketakutan akan terkena berbagai bencana seperti banjir. Kegiatan yang dilakukannya setiap hari adalah memunguti sejumlah sampah yang berserakan di kali pasar kemiri. Biasanya, ketika memunguti sejumlah sampah ia ditemani oleh teman-temannya. Dengan meggunakan rakit bambu, setidaknya setiap hari ia bisa mengumpulkan enam kantong sampah yang tertambat dan berserakan di pinggiran kali pasar kemiri.  Jadi, semuanya harus beriorentasi kelingkungan secara menyeluruh dan dinamis. Sehingga diperlukan keterpaduan tersebut nantinya bisa menjadi basis bentuk pengelolaan lingkungan (ujar bang edi).

Visi-misi
Visi misi dari melestarikan kali pasar kemiri tersebut ialah Alam terawat hidup lestari, perlindungan lingkungan dan ekosistem melalui persahabatan dengan ligkungan, setia merawat alam, tebar keindahan dan kesejukan sebening embun, bagi bumi manusia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini