Senin, 07 Oktober 2013

AyuWidiaSetiaMurni KPI1B_Tugas5_Karl Marx

Teori Marxisme

Marxisme adalah sebuah paham yang mengikuti pandangan-pandangan dari Karl Marx. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik. Pengikut teori ini disebut sebagai Marxis. Marxisme mencakup materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya pada kehidupan sosial. Marxisme merupakan dasar teori komunisme modern. Teori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang dibuat oleh Marx dan Friedrich Engels. Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Marxisme memadukan tiga tradisi intelektual yang telah berkembang pesat saat itu, yaitu filsafat Jerman, teori politik Prancis dan ilmu ekonomi Inggris.

 

Teori Kritis

Teori kritis adalah produk sekelompok neo-marxis jerman yang tak puas dengan keadaan teori marxian untuk tinjauan lebih luas terhadap teori kritis terutama kecendrungan nya menuju determinisme ekonomi. Teori kritis telah berkembang melampaui batas aliran Frankfurt. Teori kritis berasal dari dan sebagian berasal berorientasi ke pemikir Eropa,meski pengaruhnya tumbuh dalam sosiologi Amerika.Teori kritis sebagian besar terdiri dari kritik terhadap berbagai aspek kehidupan sosial dan intelektual, namun tujuan utamanya adalah mengungkapkan sifat masyarakat secara lebih akurat.

·         Kritik terhadap teori Marxian

Para teoritisi kritis begitu terusik oleh para determinis ekonomi-para Marxis mekanistis, atau mekanis (Antonio, 1981; Schroyer, 1973; Sewart, 1978). Beberapa orang (misalnya habermas, 1971) mengkritik determinisme yang tersirat dalam sebagian karya asli Marx, namun sebagian besar memusatkannya pada kritik terhadap neo-Marxis, terutama karena mereka menafsirkan karya Marx secara amat mekanistis. Teori kritis tidak mengatakan bahwa para determinis ekonomi salah ketika memusatkannya pada aspek  lain kehidupan sosial.

 

·         Kritik terhadap Positivisme

Kritik terhadap positivisme sekurangnya sebagian berkaitan dengan kritik terhadap determinisme ekonomi karena beberapa pemikir determinisme ekonomi menerima sebagian atau seluruh positivisme tentang pengetahuan.

 

·         Kritik terhadap sosiologi

Aliran kritis berpandangan bahwa sosiologi tak serius mengkritik masyarakat, tak berupaya merombak struktur sosial masa kini. Menurut aliran kritis sosiologi telah melepaskan kewajibannya untuk membantu masyarakat yang ditindas oleh masyarakat masa kini.

 

·         Kritik terhadap Masyarakat Modern

Kebanyakan  karya mazhab kritis ditunjukan untuk mengkritik masyarakat modern dan berbagai komponennya. Kalau di antara teori Marxian awal secara khusus mengarah pada ekonomi, mazhab kritis mengalihkan orientasinya ke level kultural yang dipandangnya sebagai realitas masyarakat kapitalis modern. Jadi, lous dominasi di dunia modern bergeser dari ekonomi menuju ranah kebudayaan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini