Senin, 07 Oktober 2013

delshaamandapohanKPI1B_Tugas5_KARLMARX


KARL MARX

Marxisme, Aliran untuk para penganut ajaran Karl Marx, yang penganutnya disebut Marxis. Marxisme berkaitan dengan sistem ekonomi, sosial, politik.Marxisme lahir karena adanya penolakan marx terhadap system kapitalis, yang pada waktu itu marx melihat kesenjangan sosial pada kaum bangsawan dan bawahan (buruh). ada 3 hal dasar yang menjadi komponen dasar dari marxisme :

1. Ajaran Marx yang disebut dengan Materialisim dialektika dan materialism historis.

2. Sikap terhadap masyarakat kapitalis yang bertumpu pada teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo (1772) dan adam smith (1723-1790)

3. Menyangkut teori negara dan teori revolusi yang dikembangkan atas dasar konsep perjuangan kelas. konsep ini dipandang mampu membawa masyarakat ke arah komunitas kelas


Teori Kritis, pemikiran neo-marxis yang tidak puas adanya teori marx.

1. Kritik atas teori marxian, Dilakukan oleh orang yang tidak puas dengan teori marxian. terutama kecendrungan menuju kecendrungan Determinisme ekonomi.

2. Kritik positivme,Penyebabnya adalah : positivme cenderung melihat kehidupan sosial sebagai proses ilmiah. Positivme terlalu berpuas diri dengan menilai alat untuk tujuan tertentu. Aliran kritis memiliki anggapan bahwa positifmen adalah sebab dari pasifnya aktor dan ilmuwan sosial.
P
3. Kritik terhadap sosiologi, di anggap terlalu ilmiah karena menyajikan metode ilmiah di dalamnya. tak berupaya merubah struktur sosial. di anggap mengabaikan interaksi individu.

4. Kritik terhadap masyarakat modern, kritik di tujukan untuk masyarakat modern.

5. Kritik Terhadap kebudayaan, kritik terhadap struktur yang mengendalikan kultur modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini