Minggu, 06 Oktober 2013

Muhammad Oki Nugroho Kpi IB_tugas5_Teori Karl Marx

KARL MARX

A.    Marxisme

Merupakan sebuah aliran yang memfokuskan pada pemikiran dan ajaran Karl Marx dalam konteks sosial, politik, sistem ekonomi dan juga Negara. Teori ini muncul karena dimana manusia menguasai manusia yang lain, yaitu kaum kapitalis(borjuis) yang merasa sebagai penguasa yang menindas saudaranya yang lemah(proletar). Di sini Marx merasa tergugah untuk membantu kaum proletar dengan melakukan perlawanan terhadap sistem kapitalis borjuis sehingga memungkinkan untuk terjadi revolusi dalam masyarakat yang melahirkan bermasyarakat tanpa adanya perbedaan dan pertentangan. Dan disinilah sosialisme merupakan pengganti dari sistem kapitalisme tersebut. Sosialisme yang di gemborkan Marx terjadi di Negara prancis dan inggris karena di kedua negara tersebut terjadi industrialisasi modern yang memanfaatkan para pekerjanya. Dengan demikian cepat atau lambat memungkinkan revolusi dari kaum buruh. Dengan kata lain marxisme muncul berawal dari tulisan-tulisan dan ajaran karl marx, secara luas berarti paham yang mengikuti pandangan-pandangan dari karl marx. Pandangan tersebut mencakup materi dialektis dan matrialisme.

Ajaran sosialisme yang ditawarkan marx sebenarnya mengarah kepada komunisme. Berikut merupakan langkah marx untuk menuju masyarakat komunis:

1.     Penghapusan semua hak waris. (saat ini terjadi di China)

2.     Pajak pendapatan di kelompokkan menurut kelas.

3.     Sentralisasi kredit di tangan negar melalui bank nasional.

4.     Sentralisasi alat komunikasi dan transportasi di tangan negara.

5.     Kewajiban semua orang untuk membangun sarana industri terutama sektor pertanian.

6.     Pendidikan gratis bagi anak-anak dan penghapusan pekerja anak.

Penerapan teori ini juga oleh negara-negara demokrasi. Sejarah revolusi yang dilakukan oleh kaum proletar terhadap kapitalis tak bisa di manipulasikan bahwa marx merupakan tokoh  atau penggerak reformasi. Karena berkat marx kaum proletar telah menemukan cara untuk menggulingkan kapitalisme dan kemudian diganti dengan kesetaraan kaum. Hal yang harus di ingat lagi bahwa bukan hanya marx yang membanutu tertapi lenin-lah yang mempersiapkan strategi dalam mewujudkan revolusi sosial itu. Berkat lenin pula nama marx dan marxisme terkenal di seluruh dunia baik politik maupun akademis.

Kesimpulan Marxisme

     Pemikiran Marx dalam usahanya mengembalikan kesetaraan kaum buruh(proletar) dikenal dengan Marxisme. Marxisme merupakan sebuah bentuk protes terhadap sistem kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengorbankan kaum proletar, banyak kaum proletar yang hidup serba kekurangan. Untuk menyejahterkan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme harus diganti dengan paham komunisme.

B.     Teori Kritis

Yaitu memahami keberadaaan struktur sosial dan politik sebagai bagian dari pengetahuan terkait dengan kehidupan sosial dan politik. Teori muncul karena ketidakadilan di dalam masyarakat seperti sistem kapitalisme tadi. Karl Marx mengkritik atas teori Marxian, positivisme, kritik terhadap sosiologi, kritik terhadap masyarakat modern, kritik terhadap kebudayaan. Teori kritis mencoba menggambarkan adanya pemaksaan yang ditentukan oleh penguasa yang kemudian menjadi tindakan manusia dan di jadikan norma budaya sosial dan pola tingkah laku. Sehingga dapat di simpulkan yang berkuasa mengatur tindakan suatu kelompok sehingga akan menjadi pola pikir dalam setiap kelompok untuk bertindak.

 

Sumber: Teori Sosiologi Modern oleh Ritzer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini