Minggu, 11 November 2012

agita surya pertiwi_Lap2_Institusi Bisnis

Restoran Khas Sunda
Oleh: Agita Surya Pertiwi (1112051100002)
Jurnalistik 1A
 
1.     Latar Belakang
 
Ekonomi itu tidak pernah lepas dari kehidupan kita, dimanapun kita hidup pasti kita membutuhkan ekonomi. Dan salah satu hal yang terkait dengan perekonomian yaitu dengan bisnis. Dengan berbisnis kita bisa mendapatkan uang untuk kebutuhan hidup ekonomi kita.
      Bisnis itu dapat diartikan sebagai organisasi atau wadah untuk menjual barang dan jasa kepada konsumen dan mendapatkan laba. Contoh bisnis yag menjual barang seperti supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari, dan juga pembisnis makanan seperti membuka rumah makan, dan salah satu bisnis yang bergerak dibidang ini adalah "Restorant Khas Sunda"
      Alasan saya memilih restoran ini sebagai objek penelitian karena menurut saya cukup menarik sebagaimana kita lihat sudah banyak berbagai bisnis makanan dengan berbagai bentuk, namun sangat jarang dan tidak semua tempat ada Restoran khas sunda, dan adanya pihak yang besedia untuk membantu jalannya penelitian saya agar penelitian ini dapat terlaksana dengan baik.
 
2.     Pertanyaan Pokok Penelitian
 
a.      Apa yang melatar belakangi didirikannya Restoran Khas Sunda ini ?
            Restoran ini sudah ada sejak tahun 2009 dan terletak di daerah Jakarta timur, restoran ini terbentuk atas kerja sama anak dan ayahnya. Ayahnya adalah seorang wiraswasta dan beliau mengajarkan anaknya berwiraswasta dengan mendirikan usaha seperti rumah makan ini untuk menyambung hidup.
 
b.     Fasilitas apa saja yang telah diberikan kepada pelanggan ?
            Fasilitas yang telah diberikan itu seperti layaknya setiap restoran, dari segi pelayanannya. Restoran ini dibuat senyaman mungkin dengan tempatnya yang lesehan agar konsumen lebih santai dalam menikmati hidangannya dan ada  Wifinya juga untuk pelanggan yang suka browsing internet. Restoran ini juga memiliki 12 karyawan yang ramah.
 
3.     Pertanyaan Tambahan
 
a.      Bagaimana dengan perkembangan ekonominya?
            Selama ini ekonominya stabil, bahkan meningkat dan tidak pernah menurun. Malah untuk tahun ini sekitar bulan Mei perekonomiannya sangat meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
b.     Apa saja keuntungannya selama menjadi pembisnis Restoran seperti ini ?
            Keuntungannya dengan berbisnis itu bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga, bisa beramal buat orang lain yang kurang mampu, bisa memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.
 
c.      Bagaimana cara menjadi pembisnis yang baik menurut anda ?
            Pembisnis yang baik itu harus niat, berani untuk terjatuh, berani untuk mengambil resiko, harus benar-benar siap dikala pasang surut, karena ngga selamanya manusia itu berada diatas, dan yang terpenting itu ketekunan dan keuletannya. Dengan adanya semua hal ini kita bisa maju dan menjadi pembisnis yang baik.
 
d.     Adakah kendala yang dihadapi selama mendirikan Restoran Khas Sunda ini ?
            Kendalanya adalah pada saat ayah saya sudah meninggal. Pengelolaan restoran menjadi tidak teratur, tapi beberapa bulan kemudian sudah bisa teratasi. Kendalanya juga datang dari tempat, karena tempat restoran itu hanya menyewa jadi selama ini masih harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar sewa tersebut.  Dan kenapa sampai saat ini saya masih menyewa tempat, itu karena pemilik tempat tersebut tidak mau menjualnya.
 
4.     Metode Penelitian
      metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah Kualitatif karena lebih bersifat obyektif, dan lebih banyak mengambil informasi melalui wawancara mendalam. 
                        Waktu : 09 November 2012, Jam 16:00-18:00
                        Tempat : JL. Rawa Bahagia, Pondok Kopi, Jakarta Timur

5.     Gambaran Subjek/Objek yang diteliti
Hairul saleh adalah pemilik utama Restoran Khas Sunda ini. Beliau juga sebagai narasumber yang telah bersedia membantu dalam proses wawancara dan memberikan berbagai informasi lebih lebih lengkap tentang Restoran ini. 

6.     Analisis
 
Selama 3 tahun berdirinya Restoran Khas Sunda ini kemajuannya terbilang sangat cepat, dengan mengandalkan aspek kejujuran dan kepercayaan dalam berbisnis. Berawal dari usaha kecil namun kini telah menjadi sebuah usaha besar yaitu Restoran telah banyak dikenal orang. Dari pernyataan berbagai pernyataan beberapa pelanggan yang datang, mereka sangat puas atas pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut. Dari data yang didapat Restoran ini memiliki 12 karyawan yang telah dipekerjakan. Walaupun tanpa pengawasan dari pemilik Restoran tersebut, Restoran Khas Sunda ini tetap berdiri dengan kemajuan ekonomi yang cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini